Kejuaraan Slalom 2013 dihelat di Surabaya

www.mobilku.org - Kompetisi Slalom terbesar di Indonesia yang dislenggarakan pada 9 kota besar di Indonesia tengah berlangsung, dimulai di kota Bandar Lampung 23 maret 2013 yang lalu, kemudian disusul kota padang lalu Palembang.  Untuk Pulau jawa sediri khususnya Jawa Barat, Kejuaraan Djarum Super MLD City Slalom 2013 (DSM Slalom 2013) telah dislenggarakan di kota bandung 25 Mei 2013 lalu sedangkan bulan Juni ini rencananya kejuaraan DSM Slalom 2013 akan
dihelat di Surabaya pada tanggal 22 Juni 2013 boleh dibilang DSM Slalom di Surabaya Jawa Timur ini merupakan seri ke 5 Kejuaraan DSM Slalom 2013.
Slalom sendiri merupakan salah satu hobi otomotif yang berkembang pesat beberapa tahun terakhir, kalau kita sering mendengar offroad tentunya adalah hobi otomotif dalam melintasi medan selain aspal baik itu berlumpur, berbatu, tanjakan, berair dan lain sebagainya.  Sedangkan Slalom merupakan hobi mengendarai mobil pada lintasan rata dan meliuk untuk menghindari rintangan. Suara mesin, asap knalpot, decit ban maupun bunyi slip ban menjadi hal yang selalu ada saat kompetisi Slalom berlangsung.
Slalom selain sebagai hobi (refresing bagi pengendara) ternyata membutuhkan keahlian khusus yakni teknik berkendara yang sangat baik, selain penguasaan lingkar kemudi yang tidak boleh kehilangan kontrol peslalom juga harus memecah konsentrasi pada penguasaan gas, kopling dan rem dengan seimbang. Kondisi mobil oversteer dan understeer bahkan sering dialami untuk melewati rintangan yang tidak mungkin dilewati tanpa kondisi understeer maupun oversteer.
Beberapa teknik yang banyak digunakan antara lain:
1. Melewati track (rintangan) berbentuk U, yakni berputar balik dengan radius putar yang pendek dengan kecepatan yang cukup tinggi.
2. Zig-Zag, mobil berjalan zig-zag mengikuti rintangan yang dipasang zig-zag dengan jarak rintangan yang relatif pendek sehingga peslalom kadang-kadang memaksa melakukan understeer atau oversteer yang menguntungkan jika tidak bisa dilakukan dengan berbelok biasa
3. Gerakan Reserve Slide, yang merupakan keahlian berbalik arah dari mundur ke kondisi maju dan terus menjalankan mobil tanpa kehilangan keseimbangan.  Penguasaan Gas, Rem, Kemudi mutlak diperlukan dan dipergunakan dalam waktu yang hamper bersamaan
4. Berputar-putar, hal ini biasa dilakukan saat pemanasan atau mencoba kondisi mobil/ jalan atau hanya untuk hiburan penonton lomba.
Bagi Pecinta Otomotif khususnya penggemar Slalom di Jawa Timur dapat melihat langsung acara DSM Slalom 2013 ini pada tanggal 22 Juni 2013 yang di selenggarakan di Kota Surabaya mulai pagi hari sampai selesai (bisa sampai malam).
Kejuaraan Slalom di Surabaya nanti rencananya akan diikuti oleh komunitas-komunitas slalom antara lain:
* Toyota Team Indonesia
* GT Radial SDCI
* HRVRT
* Jangkar Miring
* Dan Komunitas Slalom lain Lokal Surabaya (Jawa Timur)
Sementara Jagoan-jagoan Slalom seperti Dika CH, Demas Agil, HM Rihan Variza, Anggana OHP dipastikan akan mengikuti momen ini. Berikut ini adalah Video Kejuaraan seri 4 yang telah diselenggarakan bulan mei 2013 di Bandung

3 komentar:

  1. hahahha di acara bursa otomotif tumplek blek ada acara slalom daihatsu sirion.

    BalasHapus
  2. Sering 2 adakan acara ini, selain berkompetisi bs menjalin hubungan lbh luas lagi,suksess!!

    BalasHapus