Tips Mudik Lebaran Aman

www.mobilku.org - Pecinta otomotif mungkin merencanakan mudik lebaran mengendarai mobil? jika penggemar otomotif sudah sering melakukan mudik atau perjalanan jauh antar kota mungkin tidak banyak mengalami kesulitan dalam hal persiapan, pengenalan medan, memilih waktu perjalanan, dan bekal dalam perjalanan. Akan tetapi bagi yang belum pernah tentunya harus mengetahui hal-hal yang diperlukan saat mudik lebaran atau melakukan
perjalanan jauh (baca:tips perjalanan jauh). Apa lagi jika pecinta otomotif melakukan perjalanan jauh waktu malam hari maka persiapan akan begitu berbeda (baca:tips perjalanan malam)
Di bawah ini adalah persiapan yang harus dilakukan saat akan mudik lebaran:
Persiapan Mobil
Cek atau periksa kesiapan mobil yang akan digunakan mulai dari Mesin (baca:cek busi), Sistem Kelistrikan (baca:tips kelistrikan), Lampu-lampu baik lampu utama maupun lampu sein bahkan lampu kabut, AC, hiburan/entertaiment (audio video mobil), sistem GPS, Aki, Tekanan Udara Ban (baca:tekanan udara ban), Kaki-kaki mobil (baca:cek kondisi ban), wiper (baca:perawatan wiper), sistem pasokan bahan bakar (cek lancar atau tidak), ganti oli mobil (baca:ganti oli yang baik), jangan lupa pecinta otomotif membawa peralatan service seperti kunci-kunci mobil
Persiapan Pengemudi
Persiapan pengemudi meliputi kondisi pengemudi baik kondisi tubuh, pikiran, kesehatan dan lain sebagainya. Untuk kondisi tubuh pastikan pengemudi memiliki stamina yang cukup, perjalanan jauh membutuhkan konsentrasi yang tinggi kondisi mengantuk atau kelelahan membuat konsentrasi mengemudi terpecah dan menimbulkan hal-hal seperti (baca:penyebab kecelakan). Selain mengantuk dan lelah ternyata faktor psikologis pengemudi juga mempengaruhi keselamatan dalam berkendara jauh dalam hal ini sebisa mungkin pengemudi menghindari keadaan psikis terlalu sedih, terlalu khawatir, terlalu takut, gelisah, marah, tertekan, dan lain-lain yang menyebabkan pengemudi bisa kehilangan kendali atas emosinya. Istirahat yang cukup dapat meminimalkan kemungkinan buruknya kondisi tubuh dan psikis pengemudi istirahat disini diartikan tidur yang cukup.
Beban Mobil
Perhitungkan kemampuan maksimal membawa beban dalam batas aman, beban yang melebihi kapasitas mobil dapat membuat pengendalian mobil menjadi lebih sulit terutama saat melewati tikungan atau mobil berada pada kecepatan tinggi, resiko kecelakaan menjadi berlipat-lipat karena rem dan ban mobil bekerja dengan tidak wajar. Banyak kasus kecelakaan dipicu oleh kelebihan muatan (tidak perlu saya sebutkan disini), jangan anggap remeh hal ini. Tempatkan pula beban secara merata, jangan taruh beban pada satu sisi mobil saja atau bahkan pada satu sudut saja karena ban mobil memiliki batas maksimal dalam membawa beban, yang mana kemungkinan terburuk ban meledak jika diberi beban tidak merata.
Cara Mengemudi
Mengemudilah dengan sopan, artinya tidak terlalu arogan atau agresif. gunakan kecepatan yang sama dengan mobil lain, hormatilah pengendara lain (jangan merasa paling benar di jalan), jaga jarak dengan mobil di depan, mengemudi dengan tidak terburu-buru (baca:cuaca buruk). Selain sopan mengemudi bermanfaat untuk ketenangan psikis, hal ini juga dapat menghemat tenaga kita (pengemudi), berkendara tidak terlalu agresif bisa menghemat tenaga (dari lelah dan mengantuk) dan bisa melakukan perjalanan lebih lama dengan nyaman, sebagai catatan jika pecinta otomotif merasa mengantuk ada baiknya berhenti sebentar dan tidur setengah sampai satu jam, jika merasa lelah bisa berhenti sebentar dan meregangkan otot-otot (baca:istirahat perjalanan).
Tips Ringan Mudik Aman
* Persiapkan Mobil (AC, Musik, dll)
* Persiapkan Kondisi Tubuh (fit dan segar)
* Bawa Peralatan Service (kunci-kunci)
* Bawa kotak P3k (obat-obat standar)
* Bawa Obat-obatan yang penting (spesifik bila memiliki)
* Makanan ringan dan makanan untuk keluarga
* Air minum
* Air mentah untuk cadangan radiator (secukupnya)
* Packing barang dengan baik (perhatikan beban dan jangan mudah goyah packingnya)
* Bawa HP dan charger, koneksi internet, GPS jika ada, radio atau koneksi internet
Baca artikel lain terkait tips mudik lebaran 2013 di tips otomotif mobilku.org

3 komentar:

  1. ayo pembaca, share dong pengalaman mudiknya............
    pergi ke mana, mobilnya apa, berapa lama di jalan, dll.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bos,,,,sungkan aq review kia sportage belum selesai bos,,,, waduh.... bentar ya bos,,,

      nih lebaran belum mulai tp dibuat dulu biar gak lupa bos,,, trims ya bos

      Hapus
  2. Kemacetan di pantura dimana-mana bro.... Mending naik pesawat ato kereta...

    BalasHapus