Posisi Duduk Saat Mengemudi

posisi duduk
www.mobilku.org - Posisi mengemudi atau dikenal dengan istilah Driving Position adalah mengatur posisi mengemudi seideal mungkin saat mengemudi. Posisi duduk mengemudi paling tidak terkait dengan 4 hal yakni: keamanan, kenyamanan, pengendalian,
komunikasi.
Keamanan Mengemudi
* Jarak tubuh dengan sistem kemudi harus ideal yakni tidak terlalu jauh dan tidak terlalu dekat, jarak yang terlalu jauh rawan kehilangan kendali atas lingkar kemudi, sedangkan jarak yang terlalu dekat akan menyulitkan pengemudi saat bermanuver terutama untuk menjangkau jarak terdekat lingkar kemudi dengan tubuh. Untuk mobil dengan ruang kemudi yang sempit akan sangat terasa bahkan siku juga kurang dapat ruang.
keamanan
* Jarak ideal rata-rata adalah 25 cm, sedangkan cara mengetahui jarak ideal kita adalah dengan mengukur jarak terjauh lingkar kemudi dan pastikan kita dapat menjangkaunya, untuk memastikan kita menjangkau gunakan patokan pergelangan tangan untuk mengukur jarak terjauh tubuh dengan lingkar kemudi, biasanya lingkar kemudi terjauh ada pada bagian atas stir (arah jam 12). atur posisi sandaran kursi pengemudi agar meskipun sabuk pengaman dipasang kita masih dapat menjangkau posisi lingkar kemudi terjauh.
* Sebisa mungkin menempatkan tangan pada posisi jam 3 dan 9, hal ini terkait dengan kemudahan dalam bermanuver saat posisi tangan pada jam 3 dan jam 9
* Dalam memegang stir usahakan ibu jari berada diluar lingkar stir, posisi ibu jari di dalam stir cukup menyulitkan saat dibutuhkan reaksi reflek, dan rawan cidera saat kondisi jalan kurang baik.
Kenyamanan Mengemudi
Kenyamanan mengemudi yang cukup baik bisa mempertahankan kondisi pengemudi dalam keadaan prima untuk waktu yang cukup lama, hal ini terasa saat melakukan perjalanan jauh dengan waktu yang cukup lama. Beberapa hal yang menjadi poin antara lain:
* Posisi tangan, aturlah posisi tangan agar bisa menjangkau semua possisi lingkar kemudi (caranya seperti pada mengatur jarak lingkar kemudi dengan tubuh di atas).
* Posisi kaki, usahakan kaki tidak terlalu menekuk karena lebih cepat lelah dan sirkulasi darah kurang bagus. Jarak yang terlalu jauh juga kurang bagus karena bisa kesulitan saat menjangkau pedal kopling, untuk mengukur jarak, saat pedal kopling posisi tumit masih bisa menjangkau lantai kabin (jarak yang pas)
Pengendalian
Pengendalian disini mencakup pengendalian atas lingkungan luar seperti jarak pandang yang luas, dan pengendalian terhadap instrumen interior mobil.
Usahakan pengemudi memiliki jarak pandang yang paling baik, yakni dengan mengatur kursi (posisi duduk), kaca mobil, posisi spion, dan lain-lain
Pengendalian lingkungan dalam mobil adalah kemampuan menjangkau instrumen dalam mobil seperti speedometer, tchnometer, tuas lampu sein, persneling, dan lain-lain.
cara duduk mengemudi
cara mengatur posisi duduk saat mengemudi
Komunikasi
Komunikasi disini diartikan bisa berkomunikasi dengan pengendara lain, komunikasi biasanya menggunakan sorot lampu, klakson, lampu sein. Pastikan kita mengetahui posisi mengaktifkan alat-alat komunikasi tersebut dan pastikan pula kita dapat menjangkaunya.

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini