All New Honda Civic Terbaru

www.mobilku.org - Lama tidak mengulas mobil sedan kali ini mobilku.org melakukan review terhadap mobil sedan terbaru dari Honda, All New Honda Civic dikeluarkan Honda indonesia tahun 2013 yang berbarengan dengan keluarnya All New Honda City dan Honda CR-Z. Civic ini merupakan mobil jenis sedan dengan 4 pintu dengan desain
aerodinamis yang sangat baik, memakai mesin berkapasitas silinder 1800 cc dan 2000 cc. Dijual On the Road dengan harga mulai 353 juta sampai 423 juta rupiah.
Varian All New Honda Civic
Sampai review ini diterbitkan all new honda civic memiliki 4 varian yang mana ke 4 varian Civic tersebut menggunakan mesin yang sama. Varian Civic hanya dibedakan oleh besarnya silinder mesin, sistem transmisi dan fitur-fitur terutama interior mobil. Berikut varian All New Honda Civic:
* Civic 1.8 L MT : menggunakan mesin 1800 cc dengan sistem transmisi manual
* Civic 1.8 L AT : memakai mesin 1800 cc dan memakai sistem transmisi matic atau otomatis
* Civic 2.0 L AT : menggunakan mesin 2000 cc dengan sistem transmisi otomatis (matic)
* Civic 2.0 Limited Edition : memakai mesin 2000 cc, transmisi otomatis dan berbagai tambahan pada fitur interior mobil untuk meningkatkan kenyamanan dan kemewahan mobil. Civic limited edition ini dikeluarkan pertengahan tahun 2013 dan hanya diproduksi sebanyak 90 mobil yang tersebar pada dealer mobil honda (jadi jika pembaca mencari mobil ini beruntung jika masih belum terjual semua). Harga mobil Civic limited edition ini paling mahal yakni 423,5 juta rupiah. Ok, selanjutnya kita akan bahas Honda Civic 2.0 L saja karena varian yang lain hampir sama untuk desain interior eksterior sampai mesin mobil
Eksterior All New Honda Civic
Desain eksterior Civic 2.0 L cukup manis dengan lekuk aerodinamik pada bagian samping mobil membuat mobil ini lebih stabil pada kecepatan tinggi, desain atap mobibl juga dibuat melengkung sehingga angin depan dapat dialirkan dengan sedikit hambatan ke bagian belakang mobil. All New Honda Civic memiliki tinggi 1435 mm dan groud clearance yang cukup tinggi untuk ukuran sedan yakni 15 cm dapat dikatakan mobil ini cukup minim gesekan dengan udara karena desain mobil yang tidak terlalu tinggi dan mobil ini cukup mampu melintasi jalan perkotaan yang tidak rata karena ground clearance setinggi 15 cm (hampir seperti rata-rata MPV).
All New Honda Civic 2.0 L pada bagian depan telah dibenamkan foglamp dengan kesan gagah (pada civic 1.8 tidak ada), dibekali spion elektrik dengan lampu sein pada spion, desain bumper sewarna dengan body seolah-olah menyatu dengan bodi mobil, pada headlamp menggunakan multi reflektor dengan desain cukup sipit yang mengesankan mobil ini bisa dipacu dengan maksimal. Keunggulan lain adalah pada lampu-lampu antara lain auto off headlight, HID headlight, projector headlight, high mount stop lamp.
All New Honda Civic memiliki dimensi panjang 4540 mm, lebar 1755 mm dan tinggi 1435 mm, memiliki jarak sumbu roda 2700 mm dan memiliki radius putar 5400 mm, berat mobil ini cukup ringan yakni 1285 Kg.
Mobil Civic ini memakai velg alloy standart yang cukup besar 17 inch (civic 1.8 memakai velg 16 inch), yang mana kelebihan velg 17 inch adalah sangat stabil pada kecepatan tinggi (tidak mudah bergetar). Yang istimewa dari eksterior mobil ini adalah digunakannya Sunvisor hijau pada kaca jendela (anti panas dan anti radiasi).
Interior
All New Honda Civic dibuat lebih lapang ukuran kabinnya daripada civic generasi sebelumnya, mobil ini juga memiliki tingkat kenyamanan yang cukup baik dengan pembungkus kursi yang berkualitas sehingga terasa lembut dan tidak panas. AC automatic juga dijejalkan pada Civic 2.0 (untuk 1.8 masih AC manual), pada bagian lingkar setir pengemudi cukup dimanjakan dengan swtich audio.
Untuk meter cluster (menginformasikan kecepatan, bahan bakar, Rpm) menggunakan indikator digital yang ditempatkan pada bagian yang mudah dilihat pengemudi tanpa adanya gangguan sinar dari luar. Pada bagian kanan pengemudi disematkan tombol econ untuk mengaktifkan mode hemat bahan bakar dalam perjalanan.
Mesin
All New Honda Civic 2.0 memakai mesin I-Vitec SOHC+BDW+DICT berkapasitas silinder 2000 cc, memakai 4 silinder segaris 16 valve. mesin civic ini mampu mengeluarkan daya maksimum (tenaga maksimum) sebesar 155 Ps pada putaran mesin 6500 Rpm dan torsi yang dihasilkan mobil ini 190 Nm pada 4300 Rpm, sedangkan All New Civic 1.8 L memiliki tenaga yang lebih kecil yakni 141 Ps di 6500 Rpm. Untuk urusan mesin All New Honda Civic tidak begitu istimewa.
Safety
Safety mobil ini bisa dibilang lumayan karena telah dibenamkan dual airbags pada pengemudi dan penumpang bagian depan (Civic 1.8 tidak terdapat airbags), untuk sabuk keselamatan semua kursi telah memiliki seatbelt ini. Desain rangka body mobil ini menggunakan teknologi G-Con + Ace yakni desain rangka yang dibuat untuk meredam benturan pada salah satu titik untuk dibuang ke bagian mobil yang lain (memeratakan benturan) sehingga desain seperti ini masuk kategori safety All New Honda Civic.
Pada bagian brake mobil ini telah memakai sistem rem ABS, EBD dan BA sedangkan untuk All New Civic 1.8 L hanya ABS dan EBD saja minus Break Assist (BA).
Harga
All New Honda Civic 1.8 L manual : Rp. 353 juta
All New Honda Civic 1.8 L otomatis : Rp. 366 juta
All New Honda Civic 2.0 L matic : 413.5 juta rupiah
All New Honda Civic 2.0 L limited edition : 423.5 juta rupiah
Untuk saat ini All New Civic masih tersedia 4 varian saja akan tetapi menurut kabar yang beredar bahwa varian All New Honda Civic terbaru akan ditambah 2 varian yakni:
* Honda Civic Hybrid 1500 cc
* Honda Civic Facelift 2400 cc
Dua varian diatas sebenarnya telah keluar di luar negri akan tetapi masih belum masuk indonesia, dan menurut kabar yang beredar ke dua varian terbaru tersebut akan dikeluarkan setelah lebaran 2013 (kita tunggu saja).
Keunggulan dan Kelemahan
Keunggulan :
* Desain Eksterior Sporty
* Cluster meter mudah dilihat dan bebas gangguan sinar dari luar
* Velg Alloy 17 Inch
Kelemahan
* Tidak dibenamkannya fitur Entertaiment jaman sekarang, biasanya untuk mobil dengan harga diatas 350 juta telah dibekali fitur internet browser dan telepon
* Mesin bisa dibilang standart, untuk mobil sekelas banyak mobil yang memiliki tenaga lebih dari 155 Ps sampai 175 Ps
* Harga terlalu mahal
Rival
Pesaing mobil ini adalah: (baca review)
* All New Toyota Vios
* Mitsubishi Lancer EX 2.0 GT
* Toyota Camry
* All New Altis

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini