Cara Gampang Cek Suspensi Mobil Bekas

www.mobilku.org - Memeriksa suspensi pada mobil bekas bisa dilakukan dengan berbagai cara mulai dari cara yang cukup rumit sampai yang sederhana atau gampang, kali ini mobilku.org akan memberikan sedikit tips atau cara gampang (mudah) cek atau
memeriksa suspensi (shock breaker) mobil bekas, berikut adalah tips nya:
1. Lihat postur mobil/ tinggi mobil saat di perkir atau ditempatkan pada tempat yang datar atau rata, lihat tinggi mobil apakah condong ke salah satu kaki mobil misalnya depan kanan (suspensi yang baik adalah merata pada ke empat roda). Cek satu persatu jarak antara ban dengan body mobil, ukur dan samakan antara ban depan sebelah kanan dengan ban depan sebelah kiri, samakan ban belakang kanan dengan ban belakang kiri (biasanya ban kanan kiri memiliki jarak ke bodi mobil yang sama / simetris).
2. Cek daya membal (mental) Shock atau suspensi mobil, tekan satu persatu sudut-sudut mobil ke bawah, suspensi yang baik saat ditekan memberikan daya mental atau membal yang sama.
3. Cara gampang ketiga adalah cek bagian bawah mobil (suspensi/ kaki-kaki), periksa apakah ada rembesan oli yang menetes atau membasahi suspensi. Jika ada oli terlihat kemungkinan oli suspensi bocor.
4. Cek sistem kemudi terutama yang berhubungan dengan roda, masuk ruang kemudi (mesin mati), putar setir ke kanan dan ke kiri rasakan apakah ada celah atau oblakan (free play) yang besar, semakin sedikit free play maka semakin baik sistem penghubung steering dengan roda.
5. Hidupkan mobil jalankan dan coba lewati polisi tidur, rasakan membal shock (ayunan mobil) saat melewati gundukan polisi tidur, jika ayunan mobil (membal shock) hanya sekali berarti shock masih baik, jika berkali-kali atau banyak berarti shock memerlukan perbaikan
6. Cek juga suara-suara yang ada saat melewati jalan yang berlubang atau gundukan, biasanya pada suspensi yang bermasalah sering terdapat suara-suara (gluduk-gluduk)
Untuk tips lainnya tentang suspensi mobil ini telah banyak kami ulas, silahkan dilihat pada artikel-artikel sebelumnya. Trims

8 komentar:

  1. Om, mo tanya shock roda depan mobilku tidak sama tinggi jaraknya terhadap body. Apa yang harus aku lakukan ya? Thanks pencerahannya. Abu - kudus

    BalasHapus
  2. ya kalau sudah tahu ya dibawa ke bengkel to mas mas :-)
    samping kiri kanan seharusnya sama, waktu service sekalian tanyakan jika dibenahi kira-kira habis berapa.. kalau dibiarkan bisa merembet ke yang lain tuh meskipun kelihatannya sepele (ban bisa cepat habis, power steering bs rusak, dll). hati-hati jika memacu mobil dengan kecepatan tinggi ya :-)

    BalasHapus
  3. cara paling gampang emang yang ke 3

    BalasHapus
  4. artikelnya bagus dan membantu gan,selain pengecekan sana-sini sangat perlu dipahami pengemudi adalah naluri yg peka di setiap melaju pada bagian ke 4 roda..trims gan kunjungan perdana.

    BalasHapus
  5. Pak saya mau nanya,mobil saya saya swift,posisi ban kiri dan kanan berbeda jarak nya pak?
    Kira2 apa kendala nya pak?
    Terimah kasih

    BalasHapus
  6. Pak saya mau nanya?
    Mobil saya swift yg saya mau tanyakan kenapa beda jarak ban kiri dan kanan ke bodi pak,tolong info nya ya pak,makasih

    BalasHapus
  7. Pak saya mau tanya kenapa mbl lebih miring ke kanan

    BalasHapus