Mobil Geely LC Cross Citycar Review

www.mobilku.org - Mobil Geely LC Cross adalah perpaduan mobil City Car dengan SUV atau dikenal dengan Crossover, banyak penggemar otomotif memasukkan mobil ini dalam golongan mobil SUV dan banyak pula yang menyebut City Car. Tidak salah juga jika mobil ini disebut sebagai SUV
maupun City Car karena body mobil ini adalah khas city car seperti jumlah penumpang, bentuk mobil dan lain-lain. Tapi jika menilik Ground Clearance mobil yang cukup tinggi membuat mobil dengan body City Car ini dapat menjangkau medan yang tidak bisa dijangkau dengan mobil city car kebanyakan, desain interior mobil geely juga terasa memberikan nuansa mobil SUV, hal inilah yang lantas banyak juga yang menggolongkan mobil ini sebagai mobil petualang atau SUV.
MobiLku.org lebih suka menyebut mobil ini sebagai Crossover dengan 2 alasan yang pertama karena nama mobil ini (LC Cross) dan yang kedua adalah konsep mobil yang menggabungkan 2 jenis karakteristik mobil yakni SUV dan City Car, penggabungan dua karakteristik mobil jenis ini digolongkan sebagai Crossover.
Sebagai mobil crossover tentunya banyak keunggulan yang bisa diambil dari Geely LC Cross ini misalnya kemampuan menerobos padatnya perkotaan yang tidak dimiliki mobil-mobil jenis SUV murni seperti Pajero maupun Fortuner, ataupun kemampuan melintasi jalan-jalan yang kurang bagus/ tidak biasa dilalui oleh sebuah city car seperti jalan tidak rata di pegunungan atau pedesaan. Geely LC Cross ini merupakan mobil yang dikeluarkan oleh pabrikan otomotif asal china.
Eksterior
Desain eksterior Geely LC Cross memang gagah namun kompak, dimensi ala city car dengan panjang mobil 3815 mm, lebar 1648 mm dan tinggi 1530 membuat mobil ini cukup lincah menaklukkan macetnya jalan perkotaan. Desain ala mobil gagah SUV juga sangat terasa yang mana pada bagian depan pandangan kita langsung disuguhkan pada bumper mobil yang tebal dan gagah, grill atau lubang udara pada bagian depan mobil juga didesain cukup besar sehingga benar-benar mampu memasukkan udara yang cukup banyak pada mesin untuk membantu kinerja mesin saat dipacu.
Pada bagian pencahayaan Geely LC Cross dilengkapi dengan headlamp dan lampu kabut yang mana kedua jenis lampu ini dapat diatur ketinggian pencahayaannya dengan cara elektris dari panel kemudi, pada bagian belakang mobil ini juga disematkan 1 ban cadangan yang membuat perjalanan menjadi lebih nyaman karena meminimalkan resiko penambalan ban saat terjadi kebocoran di perjalanan berkat adanya ban serep pada mobil ini. pada bagian atas mobil juga terdapat tempat untuk roof box yang dapat dimanfaatkan untuk penempatan barang.
Body mobil ini memiliki ketebalan 0,9 mm yang mana cukup tebal jika dibandingkan dengan kebanyakan city car yang hanya memiliki ketebalan body 0,6 - 0,7 mm, berbagai perlindungan pada body mobil juga cukup maksimal misalnya penggunaan bumper depan belakang dengan material yang cukup keras dan tebal, belum lagi adanya karet pelindung yang disematkan pada sisi mobil (pintu) secara horizontal yang selain melindungi body juga menampilkan kesan mobil jelajah. Dibekali dengan kaki-kaki yang mumpuni seperti velg alloy 5 spoke dan suspensi independen Mc Pherson (depan) dan torsion beam (belakang) membuat mobil ini stabil pada kecepatan tinggi.
Interior
Begitu memasuki bagian kabin Geely LC Cross akan terasa bahwa mobil ini cukup luas juga, dengan sangat nyaman 4 penumpang masuk dalam kabin yang mana kapasitas penumpang maksimum mobil ini adalah 5 orang. Pada bagian dashboard mobil ini menggunakan desain ornamen-ornamen yang membulat seperti panel AC, lubang angin AC maupun desain sistem audio. Pada bagian sistem kemudi telah dibekali dengan tilt steering yang akan membuat pengemudi nyaman terutama saat menyetir untuk perjalanan jauh.
Performa dan Mesin
Geely LC Cross memakai mesin dengan kode MR479Q, mesin mobil ini memiliki kapasitas silinder 1342 cc yang mampu mengeluarkan tenaga sampai 84 Bhp yah lumayan lah masih lebih besar dari tenaga mobil baru dari toyota yakni Etios Valco (baca disini etios valco). Geely LC Cross memakai bahan bakar pertamax dengan konsumsi BBM mencapai 1:14 (rute kombinasi), konsumsi bahan bakar 1:14 ini menurut mobilku.org termasuk boros untuk ukuran city car yang mana konsumsi BBM Geely LC Cross sama dengan honda Jazz padahal untuk tenaga Honda Jazz (120 hp) jauh lebih besar dari Geely LC Cross. Mungin ini ya kelemahan Geely LC Cross di konsumsi BBM yang tidak sebanding dengan tenaga yang dihasilkan mobil, bukan berarti tenaganya terlalu kecil akan tetapi lebih pada borosnya baha bakar mobil. Sebagai perbandingan tenaga 84 hp ini setara dengan avanza 1.3 atau kijang extra, lumayankan tidak kecil-kecil amat. Meskipun tidak memiliki tenaga yang cukup besar akan tetapi mampu melaju dengan kecepatan yang cukup tinggi yakni 165 km/jam (klaim dari pabrikan), beberapa customer mmobil ini juga menyatakan mesin mobil geely cukup stabil dipacu pada kecepatan 140 km/ jam.
Sistem transmisi Geely LC Cross memakai manual transmision, sebagai catatan bahwa mobil ini memiliki 2 varian yakni Geely LC Cross GL dan Geely LC Cross GS, kedua varian geely ini dibedakan dari beberapa fiturnya (nanti disebutkan perbedaannya). Kedua varian (GL dan GS) hanya memakai sistem transmisi manual saja (manual 5 kecepatan), hal ini mungkin disebabkan mobil ini jika menggunakan transmisi matic pasti akan jauh lebih boros dan tenaganya juga berkurang.
Safety
Sistem keamanan mobil ini merupakan yang terbaik dikelasnya, pendahulu mobil ini yakni Geely panda telah memperoleh sertifikasi keamanan C-Ncap dengan predikat bintang 5 (terbaik pada kelasnya) sedangkan untuk Geely LC Cross tingkat keamanan juga ditingkatkan dari pedahulunya yakni geely panda, berikut safety mobil Geely LC Cross:
* dilengkapi dual arbags pada penumpang bagian depan (tipe GL)
* sistem break memakai ABS dan EBD
* Central Door lock pada semua pintu
* Side absorbing Door
* Bumper keras yang didesain sewarna dengan body
* Sabuk pengaman pada tiap seat
Harga
Harga Geely LC Cross OTR ini cukup murah yakni:
Harga Geely LC Cross GL = 120 juta rupiah
Harga Geely LC Cross GS = 112 juta rupiah
wah murah banget ya mobil ini :-)

4 komentar:

  1. saya baru memiliki LC Cross 2012 bulan mei, Apa benar plat keseluruhan LC Cross 0,9mm, karena saya coba ketok body khususnya depan samping kiri dan kanan atas roda sepertinya lebih tipis dari bagian yang lain.

    Kemudian finishing sparkboard plastik penutup tertalu tipis diatas roda belakang dan tidak maksimal menutup. apabila hujan kotoran akan mudah masuk dan merusak secara perlahan.

    posisi pipa penyambung tangki bahan bakar terlihat dari samping roda kiri belakang. tidak didesain tertutup rapi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apakah mobil ini sparepart'nya mudah didapat?

      Hapus
  2. Menurut saya, banyak mobil-mobil mahal dengan cc 1300-1500. Padahal dengan cc 1000 aja udah cukup, sama halnya dengan xenia 1000 cc. Geely di cc 1000, itu sebabnya harganya terjangkau.

    BalasHapus