BMW X5 Diesel Bensin

www.mobilku.org - BMW X5 adalah mobil yang masuk dalam kategori SUV sementara pihak BMW mengatakan mobil ini adalah SAV (Sport Activity Vehicle), jika kita mengenal SUV adalah mobil petualang dengan kemampuan medan offroad maka SAV merupakan mobil jelajah yang lebih diutamakan pada jalanan onroad. BMW X5 sendiri terbagi menjadi 2 berdasarkan jenis bahan bakar
atau mesin mobil yakni berbahan bakar solar (mesin diesel) dan berbahan bakar bensin (mesin bensin), keduanya memiliki kapasitas silinder yang bisa dikatakan sama yakni 3000 cc.
Sebelum membahas mobil ini lebih lanjut mobilku.org ingin menggarisbawahi tentang konsep mobil yang diperkenalkan BMW ini, konsep mobil petualang X5 pada jalanan onroad merupakan konsep orisinal BMW sejak tahun 2000 yang tanpa diduga mobil ini begitu laris, konsep mobil SAV ini kemudian diikuti banyak pabrikan otomotif dunia seperti VW, Volvo, Porsche, Mazda dan lain-lain. Mobil SAV terutama X5 ini memang bisa untuk offroad akan tetapi kemampuan terbaiknya adalah pada jalanan onroad dengan perbandingan 60% kemampuan onroad dan 40% kemampuan offroad, praktis pembeli dari BMW X5 tidak merencanakan mobil ini untuk menaklukkan jalanan berat. Kelebihan mobil ini adalah sangat tangguh pada medan aspal, dengan akselerasi yang sangat baik, lincah bermanuver serta mampu merayap pada aspal dengan sangat stabil misalnya pada tanjakan atau turunan, memiliki teknologi keselamatan yang sangat baik, dan berbagai kelebihan lain.
Eksterior
Desain mobil BMW X5 memadukan antara kemewahan dan kekuatan, pada bagian depan kita masih dapat ciri khas grill BMW seperti sayap kupu-kupu, desain headlamp multireflektor mobil ini juga layaknya mata kucing yang tajam (terlihat tangguh dan sporty), yang mencolok adalah desain bumper depan lekukan-lekukan modern yang menyatu dengan lampu kabut dan lubang udara. Mobil ini tampak tangguh dan mewah pada bagian depan, tingginya kap mesin membuat siapapun yang memandang mobil ini memastikan bahwa ini adalah mobil SUV, sedangkan pada bagian atap mobil disematkan Roof Rail yang menambah kesan gagah mobil petualang satu ini.
Pada bagian samping terlihat lekukan-lekukan kaku horizontal dari depan ke belakang, yang tak kalah menarik adalah ditanamkannya pelindung body mobil pada bagian pintu dan sepanjang body mobil bagian bawah. Pelindung ini selain memberikan perlindungan pada kemungkinan gesekan mobil dengan benda keras juga mempercantik tampilan mobil BMW X5 ini sebagai mobil SUV.
Pada bagian belakang masih terlihat lekukan horizontal yang menyambung lekukan pada ke dua sisi (samping) mobil, dibekali 1 wiper pada kaca mobil bagian belakang (pintu belakang), mobil ini juga dibekali spoiler dan LED pada bagian belakang mobil. Yang unik dari mobil ini adalah desain dua knalpot yang disematkan pada bumper belakang, sedangkan bumper belakang mobil juga didesain menyatu dengan bodi mobil sehingga terlihat sangat sporty.
Interior
Kabin BMW X5 cukup luas yang mampu memuat hingga 7 orang penumpang, panoramic glass roof juga menambah kenyamanan penumpang saat berada dalam mobil. Panel pada bagian dashboard X5 termasuk fitur iDrive diletakkan dengan ergonomis sehingga pengemudi dapat dengan mudah menjangkau. Pada interior mobil ini memadukan 3 material berkualitas yakni kayu, kulit dan logam yang mana untuk material kayu benar-benar memberikan sensasi berkendara mobil mewah.
Pengemudi juga dapat memonitor kondisi lingkungan sekitar melalui 6 kamera yang disematkan pada bagian depan sampai belakang mobil. BMW X5 ini juga dibekali sistem kemudi adaptif, aktif steering, cruise control aktif, xDrive dan DSC.
Pada bagian audio mobil BMW X5 juga dibekali sistem audio berkualitas, sedangkan fitur entertaiment mobil ini dibekali dengan rearseat yang dapat dinikmati oleh penumpang bagian belakang sedangkan penumpang bagian depan dapat melakukan koneksi internet yang tersedia pada dashboard mobil ini.
Mesin
BMW X5 Bensin
Untuk BMW X5 bensin ada 2 varian yakni xDrive50i (8 silinder) dan xDrive35i (6 silinder)
BMW X5 xDrive50i dengan mesin V8 yang memakai delapan silinder dengan dua turbocharger paralel memiliki torsi maksimum 600 Nm pada 1.750 sampai 4.500 rpm dan memiliki daya maksimum 407 hp (wah cukup besar ya) BMW X5 xdrive 50i ini memiliki akselerasi yang sangat mumpuni yakni untuk mencapai 100 km/ jam hanya dibutuhkan waktu 5,5 detik (waow).
Sedangkan BMW X5 xDrive35i mampu menghasilkan daya maksimum 306 hp dan torsi 400 Nm, akselerasi mobil ini juga cukup besar yakni 6,8 detik untuk mencapai kecepatan 100 km/jam.
BMW X5 Diesel
BMW X5 Diesel juga memiliki 2 varian yakni xDrive40d dan xDrive30d
BMW X5 xDrive40d mampu memberikan daya maksimum 225 kW (306 hp), torsi maksimum mobil ini adalah 600 Nm. Akselerasi BMW X5 xDrive40d juga sangat cepat yakni 6,6 detik sedangkan kecepatan maksimum mobil ini adalah 236 km/ jam.
BMW x5 xDrive30d mampu memberikan tenaga maksimum sampai 180 kW, memiliki akselerasi 7,6 detik. xDrive30d ini memiliki torsi 540 Nm, Konsumsi bahan bakar BMW x5 xDrive30d sangat irit yakni 7,4 liter solar untuk jarak tempuh 100 Km (hitung sendiri deh perbandingannya).
Safety
Sistem safety BMW X5 sangat baik misalnya telah dibekali dengan Emergency Call, Head Up Display (tampilan pada kaca depan), active cruise control, dynamic stability control (HDC & Adaptive Drive), pasive safety dan fitur-fitur standar mobil seperti central door lock, alarm, seatbelt, airbags
Harga
Harga BMW X5 ini cukup mahal yakni di atas 1 milyar rupiah, berikut ini harga mobil BMW Indonesia

2 komentar: