Mazda Biante I-Stop MPV Futuristik

www.mobilku.org - Mazda Biante merupakan salah satu Green MPV kelas menengah atas yang hadir di Indonesia, sebagai Big MPV kelas menengah atas Mazda Biante memiliki desain yang bisa dibanggakan, mulai dari kemewahan interior, lapangnya kabin sampai desain mewah eksterior membuat mobil ini hadir menantang Alphard pada High Class MPV.

Exterior
Mazda Biante i-Stop memiliki tampilan eksterior yang futuristik dengan model headlamp sipit memanjang, desain bumper yang garang dan besar menjadikan mobil ini terlihat agresif dan tidak terlalu besar. Tampilan futuristik Biante ternyata tidak hanya dapat dapat dilihat pada bagian depan saja melainkan dari semua sisi mobil ini terlihat futuristik, desain body yang seimbang membuat mobil ini tidak jenuh dipandang. Desain fitur-fitur pada eksterior yang dikesankan sipit memanjang horisontal seperti pada bagian gagang pintu, kaca, lampu belakang LED sipit, dan penempatan logo biante pada bagian belakang mobil ini membuat tampilan fituristik biante terlihat dari sisi depan, samping dan belakang mobil. sebagai catatan dimensi mazda biante adalah: panjang 4715 mm, lebar 1770 mm, tinggi 1835 mm, memiliki radius putar 5,4 meter dan kapasitas tangki bahan bakar 60 liter.
Interior
Pada bagian kabin mobil ini memiliki ruang yang sangat lapang mulai dari kepala sampai kaki akan sangat leluasa untuk bergerak, desain dudukan Biante juga istimewa dimana kursi diatur secara mendaki semakin kebelakang semakin tinggi (theatre layout) sehingga penumpang pada bagian belakang mampu melihat kedepan mobil dan tidak terhalang oleh penumpang di kursi depan. Mobil ini memiliki rel pada lantai dibawah kursi baris kedua dan baris ketiga yang mana kenyamanan penumpang akan sangat terasa dengan fleksibilitas pengaturan kursi pada rel, akan tetapi malah pada kursi driver biante fungsi pengaturan jok masih harus dilakukan secara manual. Masih pada bagian kabin Biante yang memanjakan penumpang dibelakang driver dengan pintu yang memakai sistem automatic sliding door electric yang bisa diaktifkan melalui remote.
Interior lain yang tak kalah mewah adalah pada dashboard mobil yang memiliki fitur digital pada AC yang dapat memberikan suhu yang kita inginkan secara akurat, indikator ECO yang otomotis aktif saat meginjak kecepatan 40 km/jam semakin menunjukkan bahwa mobil ini benar-benar green MPV. Kemewahan pada kemudi ditunjukkan lewat pengaturan audio yang disematkan pada gagang kemudi (setir) yang juga ditunjang dengan fitur safety berupa Airbag pada gagang kemudi Biante. Kapasitas penumpang Mazda Biante adalah 8 orang dengan formasi 2 3 3.
Pada salah satu varian biante ada satu fitur yang cukup unik yakni fitur i-stop yakni fitur yang dapat mematikan mesin secara otomatis mobil ini berhenti seperti di jalan macet atau pada lampu merah, teknologi i-stop akan aktif saat tuas persneleng berada pada posisi N dan posisi rem diinjak dimana pada kondisi ini indikator i-stop akan menyala hijau dan mesin mati, akan tetapi begitu persneleng dipindahkan pada posisi D lampu indikator mati dan mesin menyala dengan sangat halus, pihak mazda menyatakan bahwa sistem start/stop pada mazda biante adalah yang terhalus diantara mobil mobil sekelas dengan mazda biante. Mobil biante yang memiliki fitur start/stop ini adalah varian Biante i-Stop.
Spesifikasi dan Performa Mesin
Mazda biante ini memiliki kapasitas silinder mesin 2000 cc atau lebih tepatnya 1998cc, tipe mesin menggunakan 4 silider segaris 16 valve menggunakan teknologi supercharged dan DOHC yang dilengkapi dengan teknologi injeksi DISI atau Direct Injection Spark Ignition. Kinerja mesin Biante cukup tangguh dengan mampu menyuplai tenaga sebesar 150 hp pada putaran mesin 6200 rpm, mobil ini juga memiliki torsi sebesar 190 Nm pada 4500 Rpm cukup besar tenaga yang dimiliki mobil ini.
Mazda Biante ini memakai sistem transmisi otomatis 5 kecepatan, meskipun menggunakan sistem transmisi otomatis akan tetapi mobil ini memiliki akselerasi yang lumayan yakni 12,3 detik untuk melesat mencapai kecepatan 100 km/jam, kecepatan maksimal biante adalah 186 km/jam. Kekurangan Mazda biante adalah pada konsumsi bahan bakar yang tergolong boros yakni untuk rute dalam kota mobil biante mampu menempuh jarak 7,8 kilometer dengan 1 liter pertamax, sedangkan untuk jalan bebas hambatan konsumsi BBM biante bisa mencapai 1:12,4 (1 liter pertamax untuk 12,4 kilometer).
Performa mobil ini saat dijalankan juga cukup bagus, dengan mesin yang halus mobil ini mampu menghilangkan kesan bongsor saat dikendarai berkat kelincahannya, manuver yang bisa dilakukan Mazda Biante juga cukup baik dengan dukungan teknologi DSC pada suspensi belakang sehingga mampu mengikuti bantingan putaran kemudi.
Harga
* Harga Mazda Biante 2.0 AT adalah Rp. 380 juta rupiah
* Harga Mazda Biante i-Stop adalah Rp. 600 juta rupiah
Rival
Beberapa Rival Mazda Biante adalah:
* Nissan Serena (lihat ulasan)
* Honda Odyssey (lihat ulasan)
* Mitsubishi Grandis (lihat ulasan)
* Toyota Alphard (lihat ulasan)

info mobil SUV, City Car, Mobil Niaga dan lain-lain silahkan lihat halaman depan www.mobilku.org

3 komentar: