Cara Menggunakan Rem Tangan dan Perawatannya

www.mobilku.org - Rem tangan merupakan salah satu rem mobil yang berfungsi untuk menjaga mobil agar tidak tergelincir saat diparkir, sebutan yang lebih tepat pada rem jenis ini sebenarnya adalah rem parkir yakni rem yang digunakan saat kita memarkir mobil atau memberhentikan mobil untuk waktu yang cukup lama berdurasi antara 5 menit sampai beberapa jam. Rem parkir ini umumnya terletak di tengah-tengah antara dua
kursi depan, biasa dioperasikan dengan tangan ditarik untuk mengaktifkan rem ini yang mana rem parkir ini sering disebut sebagai rem tangan (untuk penyebutan rem ini kita akan menggunakan istilah rem tangan).
Rem tangan sebenarnya memiliki fungsi selain sebagai rem pada saat mobil berhenti, antara lain juga berfungsi sebagai rem darurat yakni rem yang difungsikan pada saat keadaan-keadaan tertentu (darurat) seperti saat rem mobil blong, pada saat jalanan macet total rem tangan ini akan sangat terasa manfaatnya daripada menginjak rem kaki terus-menerus apa lagi jika kemacetan terjadi pada jalan yang menanjak, rem ini juga berfungsi saat mesin mobil mati di jalan dan kita akan melakukan pembenahan pada mesin tersebut.
Kapan rem tangan harus digunakan
Meskipun rem tangan digunakan pada saat mobil berhenti, akan tetapi durasi penggunaan rem ini juga harus kita perhatikan. Pada mobil yang diparkir cukup lama (beberapa hari) penggunaan rem tangan ini tidak direkomendasikan karena dapat merusak disc brake terutama untuk daerah yang memiliki kelembaban tinggi atau mobil habis melewati genangan air yang dapat menimbulkan kerak pada cakram maupun tromol mobil. Menggunakan rem tangan direkomendasikan pada durasi antara 5 menit sampai 1 hari, lebih dari satu hari lebih baik mobil diganjal dengan kayu misalnya saat ditinggal pergi ke luar kota. Jika penggemar otomotif sedang berpergian ke pasar atau ke rumah teman yang berhenti hanya beberapa jam saja rasanya menggunakan rem tangan sudah sangat tepat.
Bagaimana menggunakan rem tangan
Rem tangan ini memiliki gerigi/ gear pada pangkal rem yang berfungsi untuk mengatur kedalaman rem dan mengunci rem pada kedalaman tersebut, rem tangan juga memiliki tombol release pada ujung tuas yang berfungsi untuk melepas kunci kedalaman rem pada gear/ gerigi.
Dalam mengaktifkan/ menggunakan rem tangan ini usahakan selalu menekan tombol realase untuk meminimalkan gerekan gear/ gerigi, hal ini bisa menjaga gear dalam keadaan baik untuk waktu yang cukup lama (lebih awet). Jangan terlalu keras dalam menarik rem tangan apa lagi dengan tarikan penuh, tarikan perlahan/ sedang untuk menjaga gerigi bekerja secara tepat dalam mengunci serta untuk memelihara kabel rem, rasakan klik pada gear rem dan gunakan patokan 4 klik saja untuk parkir.
Merawat rem tangan
Perawatan rem tangan tidak jauh berbeda dengan merawat rem mobil, selain beberapa kebiasaan di atas, yang perlu dilakukan adalah selalu membersihkan kotoran (debu/ kerak) pada cakram setiap 1000-2000 km untuk penggunaan mobil normal, cara pembersihan rem ini seperti pada ulasan cara merawat rem mobil yang telah kami ulas sebelum ini.
Rem parkir pada kaki
Khusus untuk rem parkir yang terletak di kaki, harap berhati-hati saat menggunakan rem jenis ini terutama menggunakannya saat mobil berjalan, penggunaan rem ini sangat sensitif jika diinjak mobil akan terkunci dan seketika pengemudi akan kehilangan kendali, jadi untuk rem parkir yang ditempatkan pada kaki gunakan rem ini saat berhenti saja.

Tips otomotif lain silahkan lihat di halaman depan www.mobilku.org

2 komentar:

  1. saya baru sekali punya mobil jadi gak tau apa2 tentang mobil (he..he...he... jadi malu). mobil saya mazda lantis 96. kalau mesin mati rem kaki tidak berfungsi sama sekali terutama pada tanjakan. mobil pasti mundur tanpa kendali. tapi kalau pas mesin hidup, rem bisa berfungsi baik.
    rem tangan juga kurang berfungsi saat untuk parkir pada jalan miring. mobil tetap mundur.
    gimana ini om.... tolong bantuannya ....
    terimakasih

    BalasHapus
  2. thanks gan infonya sangat bermanfaat sekali
    berkunjung ya
    salam semangat

    BalasHapus