Mobil Jip dan SUV di Indonesia

www.mobilku.org - Siapa yang tidak suka dengan mobil jip hampir semua orang menyukai mobil ini terutama laki-laki, mobil yang identik dengan jalan offroad ini begitu digemari di Indonesia baik digunakan untuk keperluan transportasi medan berat dan juga untuk kegemaran/ koleksi. Mobil Jip sebenarnya bukan termasuk tipe mobil akan tetapi merupakan nama perusahaan amerika (jeep) yang banyak memproduksi
mobil-mobil SUV yang dulu banyak digunakan untuk melintasi medan berat atau medan perang. Mobil SUV dikenal di Indonesia sejak tahun 40-50 an, kala itu merk mobil yang terkenal adalah jeep willys dengan berbagai variannya yakni Jeep Willys MA, jeep willys MB, jeep willys CD-2A, willys CJ-5 (th 54) dan jeep willys CJ-7 tahun 79. Mobil Jeep ini sangat populer hingga orang menyebut mobil SUV jaman dahulu adalah jenis Jip hal ini mirip jaman dahulu orang menyebut sepeda motor adalah Honda. Mobil jip atau mobil tipe SUV di Indonesia mulai dikenal tahun 50 an dengan Jeep willys sebagai pelopor mobil SUV ini, kemudian setelah masuk pabrikan otomotif dari jepang mobil jip produksi jepang pun membanjiri pasar indonesia.
Beberapa produsen mobil asal jepang yang memproduksi mobil jip antara lain Toyota, Daihatsu dan Suzuki yang masing-masing memiliki ciri khas mobil dan penggemar yang sama-sama fanatik. Di bawah ini adalah beberapa mobil jip produksi pabrikan jepang yang diminati dan mempunyai banyak penggemar:
* Toyota : dengan Toyota Land cruiser atau dikenal dengan Hardtop dan berbagai serinya, mobil-mobil hardtop ini memiliki mesin yang sangat kuat dengan penggerak 4x4 kapasitas silinder rata-rata diatas 2500 cc dan menggunakan mesin diesel maupun bensin menjadikan mobil ini mobil jelajah paling unggul. Mobil ini sampai sekarang sering digunakan untuk offroad.
* Suzuki : dengan Suzuki Jimny atau dikenal dengan jimny jangkrik tahun 80 an, kemudian keluar jimny katana tahun 87 sampai awal tahun 90 an. Mobil ini sampai sekarang banyak sekali bertebaran di kota-kota, meskipun mobil lawas akan tetapi mobil ini sangat terawat karena sangat disukai oleh pemiliknya, mobil ini menggunakan penggerak 4x4 dan 4x2 bermesin bensin dengan kapasitas silinder 1000 cc
* Daihatsu : dengan daihatsu Taft sebagai pelopor jip daihatsu tahun 70 dan 80 an sampai tahun 90 an dikenal dengan Taft GT, tahun 90 an Daihatsu juga mengeluarkan kembaran Taft yakni Feroza mobil jip dengan mesin bansin. Daihatsu Taft menggunakan penggerak 4x4 dan 4x2 bermesin diesel dengan kapasitas silinder rata-rata 2500 cc, mobil ini juga masih sangat banyak kita temui untuk aktifitas sehari-hari, penggemar mobil ini juga sangat banyak dan tidak jarang mobil taft dipakai untuk offroad.
Kebanyakan pemilik mobil jenis jip ini adalah penggemar otomotif dan digunakan untuk koleksi, baik jimny taft maupun hardtop mempunyai penggemar masing-masing yang banyak mendirikan komunitas-komunitas mobil, komunitas mobil jip ini hampir tiap kota ada dan mereka pun sering mengadakan acara komunitas seperti touring atau hanya kopi darat saja bahkan tidak jarang komunitas-komunitas ini mengadakan event/ lomba yang tujuannya adalah saling mengakrabkan antar penggemar mobil jip, jika anda penggemar mobil jip kiranya perlu bergabung dalam komunitas karena mobil ini termasuk mobil lama yang sparepart nya jarang didapatkan.
Tahun 90 an adalah semakin sadarnya masyarakat bahwa mobil jip bukanlah termasuk jenis mobil yang mana sebenarnya mobil jip masuk dalam kategori mobil SUV (sport utility vehicle) yakni mobil yang diprioritaskan pada kehandalan mesin dan kemampuan melintasi medan berat. Tahun 90 an juga awal mula bermunculannya mobil-mobil tipe SUV seperti Escudo, Terrano, Trooper dan lain-lain. Tahun 2000 an ke atas banyak sekali mobil SUV bermunculan dengan berbagai tipe seperti double cabin ataupun single cabin, mesin bensin dan diesel, tipe crossover, dll. Mobil-mobil SUV tahun 2000 ke atas antara lain seperti Mitsubishi Pajero, Mitsubishi Strada, Toyota Land cruiser, Toyota Hillux, Ford Ranger, Honda CRV, Toyota Fortuner, Suzuki SX4, dan banyak lagi yang lain.
Memilih Ban mobil Jip atau SUV
Jika mobil SUV atau jeep ini anda gunakan untuk keperluan medan-medan offroad maka tidak ada salahnya anda memberikan ban yang cocok untuk mobil anda, ada 3 macam tipe ban untuk mobil-mobil SUV ini antara lain:
1. Tipe Ban M/T (Mud Terrain): jenis ini merupakan jenis ban yang dikhususkan untuk off-road, memiliki corak kembang yang sangat kentara (biasa disebut ban pacul), ban ini cocok untuk membajak sawah (hehehe bercanda) karena ban ini memang tidak nyaman dikendarai untuk medan aspal karena tidak cukup embuk dang mengeluarkan bunyi saat melintasi aspal. Ban tipe ini sangat baik digunakan untuk medan berlumpur, berair, berpasir, bahkan berbatu. Hati-hati dengan ban ini saat melintasi jalan aspal yang licin karena ban ini kurang bagus mencengkeram aspal.
2. Tipe Ban A/T (All Terrain): jenis ini merupakan jenis ban yang bisa digunakan untuk jalan offroad akan tetapi juga nyaman digunakan pada jalan onroad, ban tipe ini akan melibas medan tanah, berair dan berkerikil. Ban jenis ini tidak mampu digunakan untuk medan yang terlalu berat seperti berlumpur dan berbatu, akan tetapi saat melintasi medan aspal bunyi yang ditimbulkan juga tidak sekeras ban M/T.
3. Ban Tipe H/T (High Terrain): merupakan tipe ban yang corak/ kembangnya halus, hanya bisa digunakan untuk jalan beraspal saja, ban jenis ini banyak dipakai untuk mobil MPV dan semi SUV seperti Avanza, Innova, Rush, Terios, Escudo, dll

info mobil lain-lain silahkan kunjungi situs otomotif www.mobilku.org

5 komentar:

  1. kunjungan perdana ke situs mobilku, punya review suv fortuner ? saya kurang referensi gan, salam

    BalasHapus
  2. ini bro fortuner yang VNT (yg baru bro)

    BalasHapus
  3. Mobil2 SUV tahun 70-80an pasti punya kode tersendiri seperti

    suzuki jimny jangkrik= lj80
    daihatsu taft kebo= f50
    toyota hardtop= fj40

    BalasHapus
  4. koreksi ya om, jip itu tidak sama dengan suv, yang dimaksud JIP untuk versi indonesia adalah kendaraan GPV (General Purpose Vehicle) macam willys jimny taft fj dll, untuk suv sendiri setahu saya keluar pertama kali pada saat vitara/escudo dibuat ( suv ini dirancang suzuki amerika), setahu saya perkawinan jip + mpv ini yang masuk katagori SUV, terakhir perkawinan SUV+ sedan menjadi crossover contohnya honda CRV

    BalasHapus