Toyota Hilux di Tanjakan

Toyota Hilux mempunyai kelebihan dalam menaklukkan tanjakan cukup dengan posisi gigi 3 atau 4, hal ini karena mesin toyota hilux dirancang sebagai mobin double cabin untuk kebutuhan jelajah menaklukkan medan-medan berat. Hilux digunakan sebagai mobil tumpangan pada area pertambangan atau sawit, mobil ini menjadi primadona dalam menaklukkan medan pertanian maupun
pertambangan disamping rival utamanya mobil Mitsubishi Strada sebagai musuh utama Toyota Hilux.
Toyota Hilux punya dua tipe, yakni single cabin dan double cabin D-Cab dimana keduanya dibedakan oleh kapasitas mesin, tipe penggerak dan jenis cabinnya, tipe mesin yang digunakan oleh toyota hilux jenis single cabin adalah 16 Valve DOHC 2.0 VVT-i ber bahan bakar bensin / pertamax/ pertamax plus sedangkan jenis Double Cabin (D-Cab) memiliki mesin 2.982 CC dengan penggerak ganda 4WD atau 4x4 dengan tipe mesin 16 Valve DOHC D-4D yang mempunyai daya putar maksimal mencapai 163 PS pada 3.400 rpm ber mesin diesel konsumsi bahan bakar Solar. Kelebihan Toyota Hilux Double Cabin (D-Cab) juga menyediakan transfercase khusus yang bisa merayap atau berjalan pelan pada medan yang sangat berat dngan menggunakan tuas transfercase pada posisi 4L. Pada posisi ini Toyota Hilux mampu berjalan dengan kecepatan mencapai 80 Km/jam pada track, berair, berpasir, berlumpur, dan berbatu pada medan tanjakan dan mampu merayap pada medan yang sulit dilalui mobil lain seperti di sungai.
Toyota Hilux memiliki efisiensi bahan bakar yang cukup baik, dengan teknologi VVT-i dan teknologi VNT pada mesin terbaru yang dipakai, Toyota hilux juga memiliki sistem stabilizer dan suspensi double wishbone menunjang untuk track pada jalan aspal maupun medan berbatu. Harga Toyota Hilux cukup murah untuk tipe pick up chasis bensin yang berkisar pada 140 jutaan sampai 150 jutaan untuk Hilux pick up 4x2 STD M/T Bensin New, sedangkan untuk tipe yang lebih baik yakni Hilux double cabin diesel harga berada pada kisaran 300 juta an, berikut ini rincian harga Toyota Hilux On the Road (Jakarta) :
Harga Hilux Pick Up Chasis Bensin New = Rp. 143,5 Juta
Harga Hilux Pick Up 4 x 2 STD M/T Bensin New = Rp. 150,5 juta
Harga Hilux Pick Up. STD DIESEL New 4 x 2 M/T = Rp. 159,7 juta
Harga Hilux Double Cabin E DIESEL New = Rp. 312,5 Juta
Harga Hilux Double Cabin G DIESEL New = Rp. 331,7 juta
Interior Hilux mengadopsi kenyamanan kijang innova terutama pada bagian depan kemudi misalnya dashboard dan setir hilux didesain seperti innova dengan kenyamanan mengemudi MPV pada medan on road, sedangkan bagian kabin Hilux juga terkesan lebar sehingga membuat penumpang tidak merasa sempit saat berada di dalam ruang kabin Hilux.
Suspensi Hilux tidak seempuk innova dimana hilux didesain lebih mengutamakan kemampuan mesin dan melewati trek cukup berat sehingga suspensi tidak bisa dibuat sehalus innova, Ground Clearance yang cukup tinggi membuat Hilux tangguh menaklukkan medan berat bahkan bisa melalui sungai yang berketinggian air 50 cm. Hilux menjadi disukai karena telah menjelma menjadi mobil yang stylish juga sporti yang cocok untuk medan-medan yang lebih halus on road.
Beberapa Rival sekelas hilux dalam mobil SUV kelas menengah double cabin adalah:
1. Mitsubishi Strada Triton
2. Isuzu D-max
Sementara untuk saingan mobil hilux single cabin adalah:
1. Mitsubishi Pajero Sport Dakar
2. Toyota Fortuner VN Turbo
3. Isuzu Panther GTR
Informasi mobil lain-lain City Car, MPV, Mobil Niaga dan lain-lain silahkan berkunjung ke www.mobilku.org
Spesifikasi Toyota Hilux :
Tipe Mesin : 4 IL, 16 Valves VVT-i, DOHC
Isi Silinder : 1.998 cc
Torsi Maximal : 18.6 Nm pada 4000 rpm
Sistem Bahan Bakar : Electronic Fuel Injection
Jenis Bahan Bakar : Bensin non Timbal/ pertamax
Kapasitas Tangki Bahan Bakar : 65 Liter
Daya Maksimum :136 Ps pada 5.600 rpm
Lebar Dek Kargo : 1.520 mm
Panjang (DK) : 1.980 mm
Tinggi (DK) : 450 mm
Panjang Mobil: 4.795 mm
Lebar : 1.760 mm
Tinggi : 1.680 mm
Transmisi Hilux : Manual 5 Kecepatan
Sistem Kemudi : Power Steering, Rack dan Pinion
Suspensi Depan : Double Wishbone with Coil Spring plus Stabilizer
Suspensi Belakang : Rigid Axle dan Leaf Spring
Rem Depan : Cakram Ventilasi
Rem Belakang : Leading-Trailing Drum

info mobil dan tips otomotif silahkan berkunjung ke www.mobilku.org

16 komentar:

  1. apakah mesin yang digunakan hilux double cab sama dengan mesin innova? atau pakai mesin landcruiser?
    Dan kalau iya kenapa si fortuner gk pake mesin hilux double cabin... malah pk mesin inova?

    sorry merepotkan..

    BalasHapus
  2. Hi-Lux 3000ccD4D memiliki mesin yang lebih "halus" dari pesaingnya, tenaga juga "lebih" dimana pesaingnya rata2 2500cc, konsumsi BBM-nya relatiflah, bisa melaju 80kpj/1500rpm pada asapal. Masalah pada pengisian BBM yang kurang baik shg harus sering ganti fuel filter. Kelemahan lain pada bearing depan dan belakang yang "kurang kuat" mengangkut beban berat, apalagi memakai ban besar, pasti cepat rusak.

    BalasHapus
  3. yap... tapi bukannya kalo sekarang udh 2500 cc ya gan?? (gw yg diatas)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas bro,,,sekarang bermesin diesel 2500 cc. mesinnya berubah juga ukurannya sekarang lebih besar...trims berkunjung ya

      Hapus
  4. Hallo admint,mau Tanya nich,napa cabin ke 2 ngebanting?brp ukuran std angin tuk ban belakang tanpa membawa beban?Hi-Lux 3.0......trims

    BalasHapus
  5. Hilux adalah dasar pembuatan Fortuner & innova, Melalui IMV project toyota.
    jadi pasti, semua 3 unit tersebut punya banyak kemeripan, baik interior, exterior, dimensi & mesin, untuk mesin, Hilux sampai tahun 2011 masih 3000 cc, tapi utk fortuner versi indonesia pake mesin innova diesel, cuma 102 hp, di luar negeri fortuner dari awal lahir langsung pake mesin hilux 3.0 d4d, contoh http://manila.olx.com.ph/toyota-fortuner-v-2005-a-t-diesel-1-088m-iid-14676900.
    mesin ini juga di pake di Land cruiser prado diesel, Bukan LC 200. tq

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tolong di ralat mas aslinya itu Hilux- Fortuner- baru innova jadi gara" fortuner telat pasarin di indonesia jangan berpikir fortuner pake mesin innova, cuman saya saranin lain kali anda tau supaya orang lain mendapat informasi yang benar trims.

      Hapus
  6. kalau mau beli yg 3000 cc seken ada versi matik nya gak? Kan yang 2500 sekarang ada tuh.

    BalasHapus
  7. Dear Admin,
    Jika kita ingin mengganti ukuran ban bawaan Hilux double cabin untuk pemakaian medan berat sebaiknya ukuran yang disarankan berapa ya,...

    BalasHapus
  8. Apakah hilux pickup single cabin diesel itu bukan 4x4WD? Kalo mau beli Hilux pickup 4x4WD, yang lebih disarankan apa? Utk medan tanah kalimantan, tetapi tidak perlu double cabin. Tks :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo itu mendingan tritonn hd-x single cabin aja, 200 jutaan lebih dikit.

      Hilux single cab itu mah cuma buat bawa air galon :D, gak 4x4.

      Hapus
  9. mas.hilux dcab saya solarnya habis ,mobilnya tdk mau hidup solar sdh di isi..mohon bantuanya mas,..

    BalasHapus
  10. kalau hilux dcab kehabisan solar ,sdh di isi solarnya tapi tdk bisa hidup mohon bantuanya mas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya sarankan kalau solar jangan di bawah setengah kesringan itu akan membuat masuk angin dan kedua isi solar jangan sampe penuh bangat nanti ga bisa nafas, solusinya bawa ke bengkel toyota mas hehhehehe

      Hapus
  11. saya juga kejadian yg sama Mas.....tolong solusinya dong....

    BalasHapus
  12. Dimana ya jual ovenfender hilux double cabin

    BalasHapus