Spesifikasi Panther Matic baru Transmisi Otomatis

Isuzu Panther adalah salah satu kendaraan buatan isuzu yang sukses merebut pasar mobil SUV di Indonesia, diperkenalkan pada tahun 1990 an, penjualan isuzu panther meledak sampai melebihi pasar mobil kijang generasi yang sama.
panther grand touring
Dengan mesin diesel berbahan bakar solar menjadi keunggulan mobil ini mengingat tahun 1990 an harga solar memang jauh di bawah harga bensin. Maka secara total uang yang dikeluarkan untuk perjalanan jauh dapat ditekan, dengan performa diesel yang bandel menghasilkan tenaga yang melebihi mesin berbahan bakar bensin.
Seiring kebijakan pemerintah yang menyamakan harga bensin dan solar, maka praktis efisien pada isuzu panther tidak lagi menjadi keunggulan untuk bersaing. Akan tetapi ketangguhan mesin tetap menjadi primadona mobil ini, terbukti pada saat itu banyak pabrikan meniru konsep mesin diesel yang berusaha merebut pasar mobil diesel dari isuzu panther. Seiring berjalannya waktu karena isuzu tidak melakukan inovasi kepada panther maka penjualannya juga semakin menurun.
Pada tahun 2009 isuzu baru merubah produknya menjadi mobil yang mengikuti perkembangan otomotif di Indonesia, dengan produk barunya yakni  dimana Panther Facelift telah membuktikan keraguan pasar tentang kehandalan mesinnya. Panther Facelift baru mampu bekerja 6 hari 6 malam tanpa berhenti tanpa masalah, dan pemakaian bahan bakar yang relatif hemat yakni mencapai 33 km dengan 1 liter solar,,hehehe hemat bukan :)
Spesifikasi Mesin Isuzu Panther
Isuzu Panther Facelift dan Panther Grand Touring memakai mesin yang sama yakni 4JA1-L, mesin ini berjenis diesel berbahan bakar solar dan mampu mengeluarkan tenaga maksimum sampai 80 Hp, tenaganya cukup lah meskipun tentunya untuk akselerasinya di jalanan aspal tak seperti Honda Mobilio yang memiliki tenaga 120 Hp.
Karakter mesin diesel memang akselerasinya tidak secepat mobil mesin bensin, tetap masalah kekuatan menarik barang atau kekuatan menanjak atau kekuatan membawa beban mesin diesel jauh lebih handal daripada mesin bensin. Ini sebabnya kenapa mobil-mobil besar seperti truck, bus dan fuso semuanya memakai mesin diesel yang di tanjakan sangat handal.
Torsi Isuzu Panther terbilang sangat luar biasa yakni 191 Nm pada putaran mesin 1800 Rpm, dengan torsi sebesar ini dia mampu menanjak pada jalan tanjakan ekstrim sekalipun. Jadi tidak perlu takut membawa mobil panther saat melewati medan-medan ekstrim karena dijamin mobil ini sangat tangguh di tanjakan.
Kelebihan Isuzu Panther
Selain mesinnya sangat kuat serta tangguh di tanjakan, kelebihan lain yakni dia bisa memakai solar kelas paling buruk di SPBU (solar subsidi), saat ini tak banyak mobil diesel baru yang bisa meminum BBM jenis solar subsidi ini, ada banyak mobil baru seperti MU-X, Triton, Fortuner, Pajero, dll tetapi BBMnya tidak bisa diisi dengan solar subsidi, karena mobil diesel baru membutuhkan solar berkualitas tinggi yang harganya bisa 10 ribu ke atas.
Jadi selain mobil ini irit, untuk jalan datar dengan cara mengemudi standar konsumsi BBMnya bisa 1:17, dengan harga solar subsidi yang hanya 5000/ liter maka urusan bahan bakar Isuzu Panther bisa menghemat dompet kita.
Spare part melimpah
Urusan perawatan Isuzu Panther juga sangat mudah karena mobil ini bisa dikatakan mobil sejuta umatnya diesel, sehingga banyak teknisi menguasai problem Isuzu Panther ini. Karena unitnya terbilang sangat banyak, maka ketersediaan spare partnya juga melimpah di pasaran, tidak seperti mobil-mobil MPV diesel lainnya yang sulit spare partnya.
Harga jual kembali Isuzu Panther juga sangat tinggi
Karena segudang kelebihannya mobil ini memiliki purna jual atau harga jual kembali yang sangat stabil dan relatif tinggi, artinya penurunannya sangat lambat. Bahkan untuk Panther tahun 95 an harganya masih kuat di 50 Jutaan, wahhh hebat bukan?
Varian Panther Facelift
Mesin Panther Facelift merupakan mesin mobil diesel otomatis pertama di Indonesia, dengan tambahan turbo direct injection (untuk transmisi manual) membuat mobil Panther diesel matic ini memiliki 2 varian yang berbeda dan kita bisa memilih yang manual ataupun yang transmisi matic automatic.
Secara umum Isuzu Panther dibagi menjadi 2 yakni tipe minibus dan pick up, pick up panther ada 2 jenis low deck dan flat deck, sedangkan untuk tipe minibus panther memiliki jenis: varian standard LM varian lengkap LV,LS,Touring dimana pembeli Isuzu panther dapat memilih harga dan kebutuhan perjalanannya. Selain itu panther juga menyediakan mesin transmisi matic yang mencoba mengikuti trend mobil matic,,,cukup berani :)
Berikut ini adalah beberapa artikel tentang panther baru dan kijang sebagai bahan pertimbangan:
1. All New Avanza Veloz, Varian Avanza paling bagus
2. Kijang Super dan Grand Extra, lihat DI SINI
3. Kijang Kapsul LX LSX LGX dan Kijang Krista, lihat DI SINI
4. Kijang Innova, lihat DI SINI
5. baca juga Review Isuzu Panther All New Grand Touring (mobil bandel dan sangt irit) di SINI

4 komentar:

  1. kok ada gambar isuzu dmax dipaling atas? beda gan panther ama dmax

    BalasHapus
  2. oh iya salah.. omong2 kenapa dimasukin?

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduh kalo bos farhan yang baca pasti ada aj kesalahannya ya :) maap bos,,,,postingan lama,,,ane hapusnya ntar gambar Dmax dbwah itu,,, thank you boss,,,kalo ada yg bisa ane bantu jng sungkan bilang bos,,,

      Hapus