Akibat Ganjil Genap, Mobil Bekas ini Laris Manis

Pemberlakuan ganjil genap di Jakarta ternyata berdampak pada pemilik kendaraan (mobil) di Jakarta, mereka yang awalnya memiliki 1 mobil untuk aktifitas sehari-hari kini mulai melirik mobil bekas yang sudah memiliki plat nomor yang berbeda (ganjil genapnya) agar bisa dipakai bergantian dengan mobil terdahulu.
Uniknya mobil yang dilirik bukanlah mobil baru, karena mobil baru jelas nantinya belum tentu nomor kendaraan seperti yang diinginkan (ganjil genapnya), yang diburu adalah mobil bekas dengan rentang harga dibawah 100 juta, ada juga yang diatas 100 juta tetapi tidak lebih dari  150 juta rupiah. Hal ini diungkapkan oleh salah satu pemilik dealer mobil bekas di WTC Mangga Dua, Herjanto.
Sejak pemberlakuan aturan ganjil genap diperluas yang dimulai saat Asian Games, penjualan kendaraan bekas meningkat antara 10 sampai 15 %.
Uniknya juga mobil-mobil yang diincar selain dari segi harga, konsumen juga melihat jenis mobilnya, beberapa mobil yang paling laris untuk menyiasati aturan ganjil genap ini adalah model:
- Toyota Agya
- Brio Satya
Sedangkan untuk kelas antara 100 hingga 150 juta, mobil yang banyak diminati adalah Honda Jazz dan Toyota Yaris, sedangkan tahun-tahun yang banyak dibeli adalah Jazz dan Yaris keluaran 2010 sampai 2013. Nah dari keempat mobil paling banyak dicari ini semuanya berjenis City Car atau Hatchback yang memang habitatnya di perkotaan.
Konsumen yang membeli mobil kedua ini juga bukan dari kalangan bawah, artinya mereka memiliki cukup uang sehingga bisa memiliki 2 mobil atau lebih, dan tujuannya adalah untuk mencari mobil berplat nomor berbeda dengan plat nomor mobil yang dipunya sekarang.
Berapa lama aturan ganjil genap berlaku
Sejak Asian games, aturan ganjil genap diberlakukan di beberapa wilayah antara lain:
- Jl. Merdeka Barat
- Jl. MH Thamrin
- Jl. Jendral Soedirman
- Sebagian jalan S Parman
- Jl. Gatot Subroto
- Jl. HR Rasuna Said
- Jl. MT Haryono
- Jl. Ahmad Yani
- Jl. DI Panjaitan
Dan aturan ini tidak berlaku pada exit Tol dan persimpangan terdekat.
Jika kita melihat banyaknya ruas jalan yang diberlakukan aturan ganjil genap ternyata cukup lumayan banyak ya, padahal 10 ruas jalan ini hanya tambahan dari aturan ganjil genap yang sudah berlaku di Jakarta.
Wah jika ditotal jalan yang memakai aturan ganjil genap ini tambah banyak saja, jadi wajar jika pemilik mobil bela-belain beli mobil yang plat nomornya berbeda. berikut ini adalah rute ganjil genap sebelumnya

Bagi pecinta otomotif yang belum paham tentang apa itu aturan ganjil ganjil genap, ganjil genap ini adalah pemberlakuan aturan batasan kendaraan yang lewat di jalan tertentu dengan plat nomor ganjil atau genap sesuai dengan tanggal pada hari ini. Tetapi tidak pada semua hari, melainkan untuk hari libur aturan ini tidak berlaku, dan juga aturan ganjil genap ini berlaku pada jam-jam sibuk saja misalnya pagi hari atau sore hari. Nah berikut ini ulasan lebih detail tentang aturan ganjil genap tersebut

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini