Volkswagen lahirkan VW Kombi Listrik Baru 2020

Produsen otomotif asal Jerman VolksWagen berencana mengeluarkan mobil legendaris mereka VW Kombi baru, mobil yang masuk kategori minibus ini bakal kembali keluar dan dipasarkan tahun 2020. VW Kombi sendiri pernah sangat laris di Jamannya yakni tahun 50an sedangkan di Indonesia sendiri VW kombi lawas bahkan sampai saat ini masih digemari oleh kalangan muda dengan dimodifikasi menjadi mobil retro.
Lantas bagaimana nanti VW Kombi terbaru yang bakal keluar tahun 2020 nanti? bagaimana spesifikasinya?
Menurut kabar yang beredar, nantinya VW Kombi akan memakai tenaga listrik (tidak lagi seperti pendahulunya yang memakai tenaga mesin bensin). VW kombi terbaru juga jauh dari kesan mobil kuno, karena fitur-fiturnya aka sangat futuristik, selain fitur-fiturnya yang canggih desainnya juga menjadi jaul lebih segar baik tampilan dalam maupun bagian dalamnya.
Tetapi yang uniknya sekali kita melihat mobil ini kita bisa teringat dengan mobil VW kombi lawas, hal ini karena selain sama-sama berjenis minibus juga kombinasi warna yang dipakai sangat mirip dan logo VW yang disematkan pada bagian depan juga dipertahankan. Sehingga wajah mobil ini ada kemiripan dengan VW Kombi lawas, hal ini mirip dengan Suzuki Jimny yang memiliki karakter dan wajah mirip dengan Jimny-jimny era terdahulu.
Kepala Marketing Volkswagen Herbert Diess mengungkapkan bahwa Volkswagen untuk mobil barunya kali ini akan memadukan kendaraan legendaris dan konsep mobil baru, "ini seperti menyatukan sejarah dengan masa depan" ungkapnya. VW siap memberikan pengalaman mengemudi Campervan di masa depan dan kami siap memproduksinya!.
VW sendiri memang mulai berkonsentrasi pada produksi mobil listrik dengan mulai ditinggalkannya mesin dengan bahan bakar minyak yag menjadi masalah emisi gas buang dan harga BBM yang terus naik, karena mobil masa depan adalah mobil listrik yang tenaganya bisa diperbaharui.
Rendananya VW Kombi listrik ini bakal dibuat oleh Volkswagen Commercial Vehicles yang akan diproduksi secara massal di tahun 2020, sedangkan dimensi mobil ini rencananya tak sebesar mobil VW Kombi jadul tetapi dibuat lebih kecil dan ringan, hal ini sangat masuk akal karena VW kombi baru memakai tenaga listrik yang sensitif terhadap berat mobil.
Desain VW Kombi listrik
Penampilannya mirip VW kombi jadul tetapi jauh lebih futuristik, dengan mempertahankan ciri khasnya yakni mobil Van dengan dual tone colour hijau muda dan putih, sementara lampu-lampunya jelas memakai LED.
Pada bagian muka mobil listrik ini jelas tidak memiliki grill memang karena tidak butuh pasokan udara untuk bahan bakar, sebagai gantinya disematkan logo VW yang terbuat dari lampu LED, mobil ini juga memiliki Sunroof, pintu geser pada bagian samping dan pintu belakang yang super lebar.
Mobil ini memiliki konfigurasi 3 baris kursi penumpang, dimana pada bagian tengah kursi bisa dilipat untuk menyalakan laptop atau untuk keperluan lainnya.
Kapasitas penumpang VW Kombi baru juga cukup banyak brooo bisa 8 orang, dengan total berat yang bisa dia bawa adalah 800 Kg (penumpang + barang)... wahhh lebih hebat dari Avanza ya broo, avanza aja hanya bisa memuat gak sampai 600 Kg, kapasitas angkut mobil admin (Suzuki Katana) bahkan hanya 400 Kg. Jadi meskipun ini mobil listrik tetapi tak perlu khawatir dengan kemampuan mesinnya, karena semua sudah diperhitungkan agar layak dipakai dan lebih enak dikendarai bersama.
Daya jelajah dan Baterai
Mobil VW Kombi modern ini akan dibuat lebih ringan agar memiliki daya jelajah yang lebih tinggi, menurut pihak VW mobil ini rencananya akan memakai baterai Lithium-Ion 48 kWh sebagai standarnya dengan optional memakai 111 kWh untuk daya yang lebih tinggi.
Pihak VW mengklaim pengisian baterai mobil masa depan ini bisa dilakukan kurang dari 1 Jam (sudah terisi 80%), sedangkan pabrikan otomotif ini juga akan menyiapkan pengisian baterai menggunakan perangkat nirkabel dengan covering area pada radius 310 mil atau bisa mengisi 500 km (wahhh gimana ya, admin mobilku.org tidak bisa bayangin).
Wahhhh untuk pengisian 1 jam saja tergolong sangat cepat sobat, karena saat ini rata-rata mobil litrik batre diisi penuh membutuhkan waktu sekitar 8 jam (biasanya diisi semalam saat pemilik mobil tidur, sebelum dipakai berangkat pada pagi harinya).
Teknologi mencharger dengan tanpa kabel (memakai wifi) termasuk teknologi yang baru yang menggunakan material baru "super material" yang bisa menangkap sinyal energi dan menampungnya (karena teknologi baru sehingga admin mobilku.org masih belum bisa berkomentar banyak). Tetapi memang gembar gembornya produsen otomotif berlomba-lomba menguasai teknologi ini untuk pengisian mobil listriknya di masa depan.
Negara pasar
Untuk tujuan pasar mobil VW Combi listrik ini adalah negara-negara di Amerika Utara (USA dan Kanada) dan juga Eropa serta China, sementara untuk Indonesia kemungkinan menunggu tahap selanjutnya, karena di Indonesia Dealer mobil VW pun belum ada...tetapi bagi pecinta mobil VW tak ada salahnya nanti membeli mobil ini melalui importir umum. hahaha sedikit ngayal, karena infrastruktur litrik tahun 2020 di Indonesia mungkin sudah mulai ada.

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini