Fork Yamaha Vixion mudah patah, Berbahaya bagi Biker

Kasus yang kini sedang ramai diperbincangkan di dunia maya adalah mudahnya shockbreker depan motor jaman now patah karena kecelakaan, kebetulan admin mobilku.org aktif di grup fb asli malang dan menjumpai kasus kecelakaan dengan fork (shockbreaker depan) patah.
Lalu apakah wajar shockbreaker patah?
Jawab admin mobilku.org adalah tidak wajar, melihat beberapa kecelakaan Yamaha Vixion yang terjadi, yangmana saat kita melihat bagian velgnya bisa dibilang kecelakaan yang terjadi tidak terlalu parah (hanya bengkok sedikit velgnya)...akan tetapi shockbreaker sampai patah.
Nah bahaya sekali bukan jika sampai shockbreaker patah? pengemudi bisa langsung jatuh dengan cidera yang parah.
Motor baru Vs Motor lama
Admin juga sering melihat motor kecelakaan saat admin masih sekolah dulu, bahkan ada yang velgnya sampai membentuk angka 8 tetapi shockbreaker tidak sampai patah, hanya bengkok saja.
Dari sana terlihat bahwa jutru motor jaman sekarang sparepartnya tidak sebagus motor jaman dulu (bahannya sampai standar keselamatannya).
Patah karena tabrakan ringan
Admin mobilku.org juga mencari-cari informasi kecelakaan motor vixion yang forknya patah ini, ternyata tidak hanya karena kecelakaan frontal saja tetapi tabrakan yang tidak terlalu parah juga menyebabkan patahnya fork depan Yamaha Vixin ini, beberapa kasus yang ditulis blogger otomotif :
1. Dari pertamax 7 salah satu artikelnya yang membahas shockbreaker Yamaha Vixion patah akibat ngerem mendadak..... nah ini sangat parah kan brooo
2. Dari 5sosial mengatakan yahama vixion patah fork saat bertbrakan dengan honda vario
3. Kobayogas juga mengatakan akibat menghantam lubang, shock depan Yamaha vixion patah
4. dari berbagai keluhan di media sosial juga banyak
Safety
Salah satu keselamatan berkendara untuk roda dua adalah kekuatan shockbreaker depan dan belakang, salah satunya patah maka akan menimbulkan kecelakaan yang sangat fatal. Pada kasus shock depan ini banyak yang mengatakan dibuat dari material yang kurang bagus (mudah patah).
Bayangkan hanya karena menghantam lubang shock bisa patah, atau karena ngerem mendadak.... pengalaman admin mobilku.org naik motor Supra lawas menghantam lobang besar shock gak apa-apa hanya T nya saja yang bengkok, di stel karetnya udah lurus lagi.
Hati-hati
Nah mulai sekarang, ada baiknya pecinta otomotif lebih hati-hati saat mengendarai motor atau lebih halus lagi dalam berkendara...menghindari lobang dan mengerem mendadak, bisa jadi ini bukan hanya pada vixion tetapi juga pada motor lain yang keluaran baru.
Solusi
Jika masih ragu atau takut patah pada bagian forknya (shock depan), bagi yang memiliki Yamaha Vixion bisa mengganti shock depannya dengan aftermarket, tentunya yang berkualitas ya... agar lebih tenang berkendara

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini