Tentang Ban Serep, Pemilik wajib Tahu

Ban serep atau ban cadangan menjadi hal yang wajib dimiliki oleh sebuah mobil dan wajib dibawa saat perjalanan kemanapun, ban serep ini menjadi penting karena kemungkinan ban mobil rusak ternyata cukup sering terjadi (bocor, meledak, dll) dan membutuhkan ban cadangan untuk menggantikannya sementara.
ban, cadangan, serep, mobil, spesifikasi, kelebihan
Bayangkan jika di tengah perjalanan melewati hutan tiba-tiba ban bocor atau di tempat yang jauh dari bengkel tiba-tiba ban bocor? maka solusinya adalah mengganti ban bocor dengan ban serep atau ban cadangan.
Nah beberapa hal tentang ban serep ternyata tidak diketahui oleh pemilik mobil, misalnya tentang bagaimana menaruh ban serep yang benar, tekanan angin ban serep yang ideal, mengapa ban serep lebih kecil, sampai kecepatan maksimum saat berkendara memakai ban cadangan.
Nah kali ini www.mobilku.org akan mengulas beberapa poin yang wajib diketahui pemilik mobil tentang ban serep ini:
1. Ban serep memiliki ukuran yang lebih kecil dan ban lainnya
Nah pada mobil-mobil lama misalnya keluaran tahun 2000 ke bawah, mobil-mobil memakai ban serep dengan spesifikasi yang sama dengan ban yang digunakan termasuk ukurannya.
Akan tetapi untuk mobil baru keluaran tahun 2000 an sampai sekarang ukuran ban serep memang dibuat lebih kecil. Dengan alasan: menghemat ruangan (tempat ban serep), lebih murah, lebih ringan, dan mudah diganti-ganti
2. Tekanan angin ban serep
Ban serep memiliki tekanan angin yang lebih besar daripada ban yang biasa digunakan, biasanya pada dinding ban terdapat ukuran tekanan angin maksimal... nah saat mengisi tekanan angin ban serep isilah dengan tekanan yang hampir maksimal.
Misalnya pada ban serep tertulis angka max 60 Psi maka isilah dengan 55 Psi, mengapa dibuat hampir maksimal? karena pertama: ban yang lebih tipis dan lebih kecil jika dipompa dengan tekanan angin yang sama dengan ban lain maka saat digunakan akan lebih lembek/ gembos dari ban lain, dan yang kedua ban serep ini jarang dilihat oleh pemiliknya sehingga jika dipompa standart seperti ban lain maka anginnya akan lebih cepat habis.
3. Ban serep tidak sekuat ban yang lain
Saat memakai ban serep untuk berkendara, maka yang wajib diketahui driver adalah kekuatan dan kemampuan ban serep yang terbatas. Dengan ukuran yang lebih kecil dan karet ban yang lebih tipis maka rata-rata ban serep jaman sekarang hanya bisa dipakai untuk menempuh perjalanan dengan jarak maksimum 50 sampai 80 km, jadi jika menemui tambal ban/ bengkel yang cukup baik secepatnya menambal ban yang bocor lalu gantikan ke ban serep.
Ban serep ini juga memiliki batas kecepatan yang lebih rendah dari ban yang bukan ban serep, kecepatan maksimum ban serep ini hanya 60 sampai 80 km/jam, jadi saat memakai ban serep jangan ngebut ya...karena karetnya lebih tipis dan tidak sekuat ban biasanya
ban, serep, mobil, ukuran, lebih, kecil, kelebihan, ringan, murah
4. Tempat menyimpan ban serep
Tempat penyimpanan ban serep di mobil berbeda-beda tiap mobil, ada yang di depan (mobil adventure lawas), ada yang dibelakang (mobil SUV atau Jip), ada yang di samping bawah (biasanya mobil microbus seperti Suzuki Carry), ada yang di belakang bawah (biasanya mobil MPV seperti Kijang atau Avanza).
Beberapa tempat penyimpanan ban serep memiliki kunci khusus, nak pemilik mobil wajib memiliki kunci ini.
ban, serep, cadangan, mobil, tempat, bawah
5. Adakah mobil tanpa ban serep?
Saat ini teknologi ban mobil terus berkembang, setelah era ban radial atau tubeless yang memungkinkan ban masih bisa dipakai saat terkena paku... kini muncul ban jenis RTF atau Run Flat Tire, ban ini adalah ban dengan dinding yang lebih kaku... kelebihannya saat ban kehabisan angin (karena sesuatu hal di jalan) maka ban mobil ini tidak mengalami kempes atau alias tetap keras dan bisa digunakan hampir seperti kondisi berisi angin.
Nah biasanya pada mobil-mobil yang memakai ban seperti ini tidak dibekali ban serep oleh pabrikan, karena ban ini cukup handal bahkan jika ada sedikit robek pada tapak ban, ban RTF ini masih bisa menempuh jarak tertentu. Banyak keluhan tentang Ban RTF yang tidak bisa ditambal, akan tetapi generasi RTF terbaru sudah bisa ditambal saat bocor sehingga cukup aman :-)
baca: Cara mengganti ban utama yang bocor dengan ban serep/ ban cadangan

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini