Plat Nomor Cantik, Harga dan Masa Berlakunya

Memiliki plat nomor cantik seperti angka kembar atau nomor pilihan atau jumlah angka lebih sedikit bahkan sampai menghilangkan huruf di belakang angka.... Hal ini semua bisa dilakukan dengan cara memesannya di kantor Samsat.
Biaya memesan plat nomor cantik ini paling murah 5 juta rupiah dan paling mahal 20 juta, biaya ini belum termasuk pajak kendaraan dan lain-lain seperti administrasi.
Masa berlaku plat nomor cantik juga sama dengan plat nomor pada umumnya yakni 5 tahun, dan pemilik mobil bisa memperpanjangnya (dengan nomor yang sama) dengan cara membayar biaya sebesar saat pertama memesan plat nomor itu misalnya 5 juta atau 10 juta atau yang lain.
Pembuatan dan perpanjangan plat nomor kendaraan atau dikenal dengan NRKB (Nomor Registrasi Kendaraan Bermotor) cantik ini diatur dalam aturan PP No 60/2016 yang nantinya masuk pada Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP).
Aturan mengenai besaran biaya ini sudah berlaku mulai 6 Januari 2016 lalu, dimana dalam aturan ini disebutkan bahwa untuk membuat/ memesan plat nomor cantik dikenakan biaya tertentu yang besarannya antara 5 sampai 20 juta Rupiah (tergantung kecantikan angkanya).
Berikut biaya membuat plat nomor cantik
* NRKB pilihan 1 (satu) angka
- Tidak ada huruf belakang angka : Rp. 20 juta
- Ada huruf di belakang angka : Rp. 15 juta
* NRKB pilihan 2 (dua) angka
- Tidak ada huruf di belakang angka : Rp. 15 juta
- Ada huruf di belakang angka : Rp. 10 juta
* NRKB pilihan 3 (tiga) angka
- Tidak ada huruf di belakang angka : Rp. 10 juta
- Ada huruf di belakang angka : Rp. 7,5 juta
* NRKB pilihan 4 (empat) angka
- Tidak ada huruf di belakang angka : Rp. 7,5 juta
- Ada huruf di belakang angka : Rp. 5 juta
Nah bagi pecinta otomotif yang menginginkan plat nomor cantik atau nomor pilihan sesuai hati kita, maka tak ada salahnya menanyakan ke samsat tentang detailnya. Yang jelas pecinta otomotif akan diberi formulir tambahan untuk mengisikan tentang nomor pilihan anda

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini