Perlengkapan yang wajib dipakai saat Ngetrail

Olahraga Motocross atau Motor Trail di Indonesia makin marak terutama dalam 3 tahun terakhir, banyaknya event motocross dan mudahnya memodifikasi motor menjadi trail serta pabrikan yang sengaja menembak segmen motocross ini membuat aktifitas ngetrail makin digandrungi.
Komunitas-komunitas penggemar olahraga offroad ini juga menjamur tidak hanya di kota-kota tapi sampai ke desa-desa, biasanya mereka melakukan aktifitas ngetrail ini tiap hari libur seperti sabtu-minggu atau hari libur nasional lain.
Nah bagi pecinta otomotif yang pemula/ masih mengawali hobby ini tentunya masih kebingungan apa saja sih perlengkapan yang harus dipakai saat ngetrail? tujuannya kebanyakan untuk safety bro, berikut ulasannya:
1. Helm
Helm menjadi hal wajib pertama yang harus dipakai saat ngetrail, helm ini sangat penting untuk safety ringan sampai berat, safety ringan seperti kena ranting pohong/ dedaunan sedangkan safety berat misalnya jatuh atau menabrak benda keras (batu/ pohon).
Helm untuk ngetrail atau motor offroad biasanya didesain khusus (Helm Trail), dia memiliki moncong pada bagian depan untuk melindungi mulut dan dagu. Helm motor trail cukup mahal mulai 700 ribu sampai jutaan rupiah, pentingnya helm ini membuat admin mobilku.org menempatkannya di urutan pertama peralatan motor trail
2. Body Protector
Seorang yang hoby ngetrail pasti selalu memakai body protector ketika berkendara offroad (ngetrail), body protector ini adalah pelindung dada, punggung, tangan, kaki, sikut dan dengkul.
Body protector ini biasanya terbuat dari bahan campuran karet dan plastik yang dibuat mengikuti bentuk dada (pas di dada), fungsinya meredam benturan pada bagian yang dilindungi saat terjadi kecelakaan.
Harga body protector ini bervariasi tergantung bahan, desain, area perlindungan (ada yang hanya dada saja, tetapi ada yang sampai kaki dilindungi). Biasanya paling murah untuk body protector ini sekitar 500 ribuan, selanjutnya yang mahal sampai jutaan rupiah
3. Brace Neck
Brace Neck ini adalah pelindung leher, fungsinya ada dua yakni sebagai pelindung leher saat terjadi kecelakaan, dan yang kedua adalah untuk menyangga kepala saat perjalanan. Medan yang berat serta membawa helm yang cukup berat membuat beban leher untuk menyangga kepala menjadi lebih besar dan menjadikan leher cepat lelah, nah untuk mengatasinya pecinta mobilku.org bisa membeli brace neck ini
Harga Breace Neck ini cukup mahal yakni mencapai 1 jutaan ke atas
4. Sepatu Trail
Sepatu trail juga perlengkapan yang wajib dipakai, kita tahu sendiri bahwa medan trail sangat sulit dan rawan jatuh...dan tak jarang jatuhnya motor menimpa kaki kita. Kalaupun tidak ditimpa motor jatuh terkena bebatuan bisa membuat kaki kita terluka jika tidak memakai sepatu trail ini.
Desain sepatu trail ini biasanya memiliki covering hingga 25 cm di atas mata kaki, tujuannya adalah selain memberikan perlindungan pada kaki bawah juga melindungi mata kaki sampai bagian betis dan tulang kering
Harganya berkisar 500 ribuan
5. Kacamata Trail
Kacamata khusus untuk trail ini biasanya disebut dengan goggles, kacamata ini memiliki pelindung dari gabus sehingga debu tidak bisa masuk ke dalam kacamata (disaring oleh gabus yang berfungsi sebagai filter). meskipun debu tidak bisa masuk tetapi jika dipakai berjalan kacamata ini tidak panas dimata.
Mengapa perlu membawa/ mamakai goggles ini? karena helm trail kebanyakan tidak dilengkapi dengan mika/ kaca sehingga jika tidak memakai kacamata maka mata kita akan terkena debu sepanjang perjalanan.
Harga kacamata khusus trail ini berkisar 250 ribu ke atas
6. Jersey/ pakaian ngetril
Jersey trail ini biasanya memiliki lengan panjang, dari kain yang cukup tipis dan ringan sehingga sangat nyaman dipakai. Tak lupa pecinta www.mobilku.org juga memakai sarung tangan untuk meminimalisir cidera, mmemakai kaus kaki untuk menjaga kaki tidak lecet dan juga memakai celana pendek dan celana panjang tentunya.
Ok sekian tips berkendara dari www.mobilku.org semoga selamat, ingat keluarga menunggu dirumah broo... hoby boleh tetapi tetap safety

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini