Penyebab Suhu Mesin Mobil cepat Panas

Nah saat iseng-iseng buka email, eh ada satu email masuk yang menarik yakni menanyakan tentang masalah pada sistem pendingin mesin atau radiatornya. Dia bernama Ferry dan menanyakan mengapa mobil Suzuki Carry Pick Up suhu mesinnya cepat panas, padahal radiator sudah diganti baru?
Istilahnya ini adalah Overheating (kepanasan) pada mesin mobil
Jawab
Penyebab suhu cepat tinggi pada mesin mobil sebenarnya bermacam-macam, bisa dari radiatornya yang bocor lalu kehabisan air, bisa karena pompa airnya sudah lemah sehingga kurang mampu memompa air dengan kecepatan standar, dll.
Berikut penyebab suhu tinggi pada mesin:
1. Radiator rusak atau bocor
Nah biasanya jika radiator bocor memang akan cepat panas, karena kehabisan air di jalan sehingga waktu berjalan suhunya tiba-tiba naik drastis...admin mobilku.org sering dulu kasus seperti ini, solusinya dengan membawa ke tukan service radiator dan membayar 200 ribu rupiah (itu sudah mahal di kota malang, ada yang 100 ribu). Jika berniat membeli juga bisa hrganya sekitar 800 ribu ke atas, lebih baik diservice
2. Pompa radiator mati
Nah ini yang sangat penting, jika pompa air atau waterpump mati maka tidak ada yang mengalirkan air dingin dari radiator ke dalam mesin...akibatnya panas dalam mesin tidak bisa dibuang ke radiator dan indikator suhu mesin meningkat tajam.
Cara mengecek air masih dipompa adalah: dinginkan mobil, lalu buka tutup radiator, lalu hidupkan mobil dan gas di 2000 sampai 3000 RPM sekitar 4 menit, lalu lihat pada dalam radiator air berputar atau tidak! Jika iar bisa mengalir itu tandanya pompa air masih bekerja (baik)
3. Thermostat rusak
Thermostat ini adalah yang mengendalikan kapan air mengalir dan kapan air harus berhenti. Jika thermostat rusak dalam kondisi selalu menutup, dia tidak mau mengalirkan air radiator ke mesin dan sebaliknya mesin sangat cepat panas.
4. Kipas radiator sudah lemah
Nah yang perlu dilihat lainnya adalah putaran kipas radiator apakah masih kencang atau sudah pelan bahkan mati? jika kipas lemah maka radiator tidak akan mampu mendinginkan suhu mesin. Lihat dan gantilah dinamonya/ bisa satu set beserta kipasnya
5. Oli yang buruk
Ternyata oli juga bisa menyebabkan mesin kepanasan, hal ini karena salah satu fungsi oli adalah pendinginan, jika kualitas oli mesin buruk maka proses pendinginan tidak berjalan dengan baik.
Catatan:
Suhu ideal mesin mobil berkisar di 80 derajat celsius, jika mesin terlalu dingin maka tidak efektif pembakarannya (brebet), sedangkan jika suhu lebih tinggi dari ideal maka juga berdampak buruk yakni overheat.
Nah catatan ini sekaligus menunjukkan bahwa mesin mobil memiliki suhu yang ideal untuk bekerja, terlalu dingin juga tidak baik...nah inilah salah satu alasan mengapa beberapa mobil membutuhkan pemanasan mesin sebelum berangkat (agar tidak brebet dan batuk-batuk)

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini