Penyebab Mobil lebih Boros BBM

Semakin mahalnya harga bahan bakar minyak membuat produsen mobil terus mengembangkan mobil yang lebih irit dan ramah lingkungan, akan tetapi seiring pemakaian yang terus menerus selama bertahun-tahun maka beberapa komponen mobil juga akan mengalami keausan yang mengakibatkan konsumsi BBM menjadi lebih boros dan performa mobil juga turun.
Nah jika mobil sudah berusia 2 tahun, biasanya mulai harus ada pergantian komponen kecil misalnya kampas rem/ filter udara/ filter BBM dan lain sebagainya. Jika beberapa komponen ini tidak diperiksa/ dilakukan pergantian maka akan menyebabkan konsumsi BBM menjadi lebih boros!
Lalu faktor apa sajakah yang bisa membuat mobil menjadi lebih boros BBM? berikut detailnya
1. Filter udara kotor
Filter udara mobil idealnya diganti tiap 20 ribu kilometer dan dibersihkan tiap 5 ribu km, nah jika usia mobil sudah lebih dari 2 tahun atau lebih dari 20 ribu km maka cek kondisi filter udara dan lakukan penggantian.
Pada mobil bekas, bisa memakai pedoman 20 ribu km dari penggantian filter udara terakhir.
Filter udara ini jika kotor akan mangurangi pasokan udara ke dalam ruang bakar yang menyebabkan pembakaran kurang sempurna dan mobil menjadi lebih boros selain tarikannya menjadi lemah.
2. Sumbatan pada lubang Nozel Injector
Hal ini bisa terjadi akibat pemakaian dan juga dipercepat dengan penggunaan BBM yang tidak memenuhi spesifikasi yang diminta mesin, misalnya mesin meminta pertamax dikasih pertalite/ premium, yang menyebabkan adanya kerak yang menyumbat Nozel injector.
Sama dengan mobil dengan karburator, buntunya beberapa lubang di karburator akan membuat pasokan bahan bakar ke ruang bakar menjadi tersendat dan pembakaran tidak sempyrna... ujung-ujungnya mobil jadi boros BBM
3. Kerak di ruang bakar
Hal ini sering terjadi akibat beberapa hal, antara lain:
- Pemakain BBM yag kurang tepat (nilai oktan BBM dibawah rekomendasi pabrikan)
- Pembakaran di ruang bakar kurang sempurna (menimbulkan kerak)
- Adanya aus pada dinding silinder atau ring piston
- Setelan timing pengapian kurang tepat (terlalu maju atau terlalu mundur, saran distandakan saja)
Adanya kerak pada ruang bakar sangat menurunkan performa mobil, tanda-tandanya saat menanjak mobil menjadi lebih lemah (tidak kuat menanjak) dan ada bunyi ngelitik pada mesin.
Solusinya bersihkan ruang bakar, biayanya tidak banyak kok, pengalaman admin mobilku.org membersihkan ruang bakar di bengkel resmi hanya 285 ribu. Sebisa mungkin bersihkan di bengkel resmi karena alatnya lebih lengkap dan cairan yang digunakan untuk membersihkan juga tidak merusak mesin.
4. Ring piston dan piston aus
Ring piston dan piston juga memiliki umur pakai tertentu, seperti lampu mobil juga memiliki umur pakai tertentu misalnya 5000 jam atau 1000 jam atau yang lain.
Biasanya ring piston dan piston aus jika usia mobil sudah diatas 10 tahun, misalnya 12 tahun atau 15 tahun, meskipun ada mobil-mobil masih usia 7 tahun ring pistonnya sudah kena. Hal ini sebenarnya tergantung pada perawatan juga misalnya seberapa rutin dia ganti oli dan pemilihan oli serta bagaimana karakter berkendaranya.
Nah jika ring piston atau piston aus maka ciri paling bisa dilihat adalah mobil keluar asap putih, busi menjadi basah oleh oli, kadang-kadang oli sampai menetes melalui knalpot jika sudah parah. Solusi untuk perbaikan piston dan ring piston ini hampir semua mobil harus turun mesin.
Biayanya turun mesin ini cukup menguras kantong lah, beberapa bulan yang lalu saya bertanya ke bengkel resmi biaya turun mesin Suzuki Katana sekitar 3,6 juta (jasanya saja), jika ada part yang perlu diganti ya nambah lagi biayanya.

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini