Buka sedikit kaca mobil saat parkir agar kaca tidak mudah retak/ pecah

Memarkir mobil kalau bisa memang di tempat yang sejuk agar tidak merusak cat mobil dan juga interior mobil, akan tetapi jika terpaksa parkir di tempat yang panas maka sebaiknya kita tidak menutup rapat-rapat kaca mobil kita, paling tidak sisakan di salah satu pintu kacanya tidak tertutup rapat.
Beberapa orang ternyata menutup kacanya dan menyisakan sekitar 1 cm pada bagian atas kaca tidak tertutup, fungsinya agar udara panas akibat terik matahari tidak terjebak di dalam mobil yang akan membuat suhu di dalam mobil jauh lebih panas daripada suhu di luar mobil. Suhu dalam kabin yang sangat panas ini akan menyebabkan kaca mobil lebih mudah pecah.
Kaca mobil retak
Pernah teman admin mobilku.org kaca depannya tiba-tiba retak karena setelah melintasi daerah hujan lalu memarkir di tempat yang panas dan menutup rapat kaca mobilnya. Dari suhu yang dingin tiba-tiba parkir di tempat panas bisa membuat kaca retak.
Menjaga dashboard dan kabin
Dengan membuka sedikit kaca mobil (1 cm), maka angin masih bisa keluar masuk ke dalam kabin, dan suhu dalam kabin tidak terlalu panas...
bagaimanapun suhu yang panas akan memperpendek usia pakai interior mobil misalnya warna plastik dashbor akan cepat kusam, warna jok cepat kusam, dll.
Antisipasi Kejahatan saat Parkir
Baru-baru ini yang netrend adalah kejahatan memecahkan kaca mobil saat parkir, jika udara dalam mobil panas dengan kaca pintu mobil tertutup rapat maka justru ini akan mudah bagi pelaku kejahatan memecahkan kaca mobil.
Solusi untuk kejahatan dengan modus memecahkan kaca mobil menggunakan pukulan benda tajam/ logam, yakni dengan membuka sedikit kaca mobil saat parkir kira-kira 1 cm atau 1/2 cm. Dilansir dari kompas(dot)com bahwa ibarat kertas yang dipegang di semua sisinya jika ditusuk akan mudah sobek, tetapi jika pada salah satu sisi/ dua sisi tidak dipegang maka akan lebih sulit sobek.
Memang dengan membuka sedikit kaca mobil bukan berarti tidak bisa dipecahkan, akan tetapi lebih sulit dipecahkan.
Hanya mobil yang memiliki talang air
Menyisakan 1 cm kaca terbuka saat parkir tentunya memiliki resiko terutama pada mobil yang tidak dilengkapi dengan talang air pada pintunya, untuk itu admin www.mobilku.org tidak menyarankan pada mobil-mobil yang tidak memiliki talang air untuk menyisakan ruang kaca terbuka 1 cm karena akan mudah terlihat dari luar.
Jika mobil memiliki talang air pada pintunya maka menyisakan 1 cm atau 1/2 cm kaca terbuka tidak akan diketahui oleh orang, alasannya lubang tersebut tertutup oleh talang air (tidak terlihat).
Gunakan kaca film
Memasang kaca film ternyata cukup banyak manfaatnya selain untuk menghalangi pencuri melihat barang dalam mobil kaca film juga bermanfaat untuk mengurangi panas yang masuk ke dalam kabin, selain itu kaca film juga memperkuat struktur kaca sehingga lebih kuat atau tidak mudah pecah baik karena panas ataupun kejahatan.
Nah alangkah baiknya bagi pecinta otomotif yang belum memasang kaca film segera mempertimbangkan untuk memasangnya, pilihlah kaca film yang berkualitas dari merk yang punya reputasi baik
Baca juga: Posisi roda yang benar saat parkir

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini