Beda Penggerak AWD, 4WD, RWD dan FWD

Penggerak mobil adalah sistem yang meneruskan tenaga dari transmisi ke roda, sementara roda berfungsi menggerakkan mobil. Alur penyaluran tenaga mobil dari mesin ke roda adalah sebagai berikut:
1. Tenaga dihasilkan oleh mesin
2. Dari mesin disalurkan ke sistem transmisi
3. Dari sistem transmisi disalurkan ke transfer case (pada mobil 4x4)
4. Dari transfer case disalurkan sistem penggerak
5. Dari sistem penggerak disalurkan ke roda
Nah pentingnya sistem penggerak adalah penerus tenaga dari transmisi untuk disalurkan ke roda (bisa roda depan, roda belakang atau depan belakang).
Banyak pecinta otomotif yang masih belum paham tentang sistem penggerak dan macamnya, berikut kami ulas definisi masing-masing tipe penggerak mobil beserta kelebihan dan kekurangannya:
Sistem Penggerak 2WD (2 roda)
Sistem penggerak 2 roda bini terbagi menjadi dua yakni: penggerak roda belakang saja (RWD atau Rear Wheel Drive) dan penggerak roda depan saja (FWD atau Front Wheel Drive).
RWD
RWD atau penggerak roda belakang ini misalnya Toyota Avanza, Isuzu Panther, Kijang Innova, Suzuki Carry, Truck, Bus, dll.
Kelebihan mobil dengan penggerak roda belakang adalah memiliki kemampuan menanjak yang lebih baik daripada mobil penggerak roda depan (FWD), sementara kekurangannya akselerasi di jalan mulus tidak secepat mobil penggerak roda depan.
FWD
Mobil berpenggerak roda depan ini biasanya banyak dipakai di daerah perkotaan yang memiliki banyak jalanan aspal mulus, kelebihannya adalah pada tarikan/ akselerasi yang lebih responsif dan lebih hemat bahan bakar... biasanya harga mobil FWD lebih murah daripada mobil RWD karena produsen tidak perlu membuat gardan untuk menyalurkan tenaga ke belakang 9jika mesin ditempatkan di depan).
Mobil-mobil yang memakai sistem penggerak roda depan antara lain: Jazz, CR-V, HR-V, BR-V, Suzuki Ertiga, Honda Brio, Toyota Yaris, Calya, Sigra, Ayla, Karimun, Splash, Ignis, Datsun Go, Nissan Livina, dll
Saat ini banyak sekali mobil yang memakai penggerak roda depan karena efisiensi dan performanya di jalan aspal, sehingga pertumbuhan mobil penggerak roda depan ini sangat pesat
Baca: RWD vs FWD kelebihan dan kekurangannya
Penggerak 4 roda 4WD dan AWD
Penggerak 4 roda ini adalah menggunakan ke 4 rodanya sebagai penggerak (bisa meneruskan tenaga dari mesin), sementara penggerak 4 roda terbagi menjadi:
1. Part Time 4WD
2. Full Time 4WD
3. AWD atau All Wheel Drive
Part time 4WD artinya mobil tersebut bisa memakai mode 4WD, tetapi juga bisa memakai mode 2WD yang mana biasanya tersedia tombol atau tuas untuk mengganti mode dari 4WD ke 2WD dan sebaliknya.
Full Time 4WD adalah mobil yang selalu memakai penggerak 4WD (4 roda) dalam segala aktifitasnya, tidak tersedia mode 2WD, modenya hanya Differential Lock, 4L dan 4 H. Sementara distribusi tenaganya adalah 50% untuk depan dan 50% untuk belakang.
AWD adalah mobil yang berpenggerak 4 roda atau hampir sama dengan 4WD tetapi sistem 4 rodanya sudah lebih canggih yakni dengan distribusi tenaga yang diatur oleh komputer tergantung dari medan yang dilalui. Bisa saja pada roda kiri depan 20 % roda kanan depan 30 % roda belakang 50%, tergantung medan yang dilalui misalnya menanjak/ menurun/ berbatu/ yang lain.
Pada mobil AWD ini kita tidak bisa mengatur pada mode 4L atau 4H atau 2WD karena itu semua dilakukan oleh komputer dan Center Differential

Baca: pengalaman memakai mobil penggerak roda depan di perbukitan

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini