Ada Zebra Cross 3D, Berkendara jadi Pelan

Zebra Cross 3D baru-baru lagi viral di Internet lantaran ternyata cukup efektif mengurangi pengendara yang mengebut, hal ini terjadi di Depok. Perkampungan dengan jalan sempit tersebut kerap dipakai ngebut oleh pengendara karena jalannya yang mulus dan lurus, padahal seharusnya jalan pemukiman batas kecepatannya adalah 20 km/jam.
Adalah inisiatif dari karang taruna Abadijaya Depok yang berinisiatif membuat zebra cross tiga dimensi, dimana dari kejauhan akan tampak beberapa balok kayu/ beton yang jadi penghalang jalan... otomatis penguna jalan akan memelankan laju kendaraannya, padahal jika dilihat dari jarak sangat dekat ternyata itu hanya gambar 3 dimensi yang dilukis pada aspal jalan :-)
Menurut Muhammad Nur Alam sebagai pelukis gambar 3D sekaligus ketua karang taruna Abadijaya: Lumayan yang tadinya motor di jalan sempit ini kencang-kencang sekarang sudah pelan-pelan. Menurutnya Jam paling efektif untuk Zebra Cross ini adalah antara siang sampai sore hari dimana jalan cenderung sepi... pengguna jalan menjadi sangat hati-hati karena tidak bisa berpatokan pada kendaraan di depannya.
Muhammad Nur Alam juga mengatakan bahwa Zebra Cross ini cukup efektif sama efektifnya dengan polisi tidur, Nur alam sendiri memang sedang belajar menggambar 3D dengan melihat gambar-gambar di Internet tentang Zebra Cross 3D dan bagaimana gambar tersebut nantinya akan menambah tingkat keselamatan jalan.... kan lebih bermanfaat, ujarnya.
Zebra Cross ini pada dasarnya adalah rambu lalu lintas pada marka jalan berbentuk garis-garis putih yang mana fungsinya untuk menyeberang jalan (pejalan kaki)
Zebra Cross 3D di Luar Negeri
Zebra Cross 3 dimensi ini di luar negeri sebenarnya sudah sejak lama ada seperti yang ada di Islandia, Afrika Selatan, China, India dll. Di negara-negara luar memang sengaja dibuat 3D oleh pemerintah setempat (resmi).
Di Indonesia di beberapa daerah pernah memakai cara ini, akan tetapi secara nasional memang belum ada aturan resmi yang mengaturnya, akan tetapi menurut admin www.mobilku.org Zebra Cross 3D ini memang kadang-kadang pelu ditempatkan pada titik-titik rawan kecelakaan, misalnya di perempatan jalan atau pemukiman padat.

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini