Usia berapa Mobil Dijual?

Nah admin www.mobilku.org mendapat pertanyaan melalui surat pembaca yang intinya menanyakan: jika membeli mobil baru maka kapan sebaiknya mobil dijual? dalam batas enak dipakai. Atau istilah kasarnya berapa usia mobil yang masih dalam kategori enak?
Jawab
Sebenarnya yang menjadi patokan adalah jarak tempuh mobil, banyak bengkel atau teknisi otomotif menyarankan untuk menjual mobil sebelum jarak tempuh mobil mencapai 80 ribu km, misalnya di 70 ribu km atau 60 ribu atau yang lain.
Alasan untuk menjual mobil dengan jarak tempuh yang masih sedikit (60 atau 70 ribu km) adalah
1. Harga jualnya tidak terlalu jatuh: orang jika melihat odometer sudah diatas 80 ribu maka dia akan malas beli dan akibatnya harga turun, sebelum itu bisa dijual lebih dulu
2. Hindari biaya service: Service besar itu dilakukan tiap 80 ribu km, nah ada orang yang berpikiran dijual saja karena biaya service besar ini juga mahal
3. Spare part sudah banyak yang aus, misalnya: Shockbreaker, karburator/ injector, kaki-kaki, gardan, dll. Intinya makin banyak dia dipakai maka dia juga makin rusak (karena semua ada umurnya)
4. Biasanya jika mobil sudah diatas 80 ribu km maka dia akan sering banget rusak (sering keluar masuk bengkel pasti akan terbiasa), gak seperti saat pertama-tama.
5. Garansi sudah habis: Biasanya mobil memiliki garansi maksimum adalah 8 tahun, standarnya bahkan hanya 4 tahun saja garansinya.
Nah artinya dari sini bisa disimpulkan bawa waktu yang tepat untuk menjual mobil adalah jika odometer sudah menempuh 80 ribu km. Sebenarnya juga bisa dilihat melalui tahun pembuatan mobil, biasanya orang memakai mobilnya sejauh 15 ribu km dalam satu tahun, jika 5 tahun maka idealnya Odometer masih sekitar 75 ribu km. Jadi yang tidak bisa melihat odometer, lihat saja kapan itu dibuat kalau lebih dari 6 tahun ya sebenarnya sudah waktunya dijual
Bagaimana cara menjual?
Menjual mobil jaman sekarang sudah sangat mudah dengan mengupload di OLX atau yang lain (mis: bukapalak).
* Jual mobil di akhir tahun, karena biasanya pabrikan otomotif menghabiskan stock di pabriknya pada akhir tahun ini (kejar target)
* Saat harga mobil naik bisa dijual, tetapi jika harga moil di OLX masih stabil tidak turun terlalu tajam ya bisa dicoba
* Akhir tahun juga banyak diskon-diskon mobil baru (saingan antar produsen)

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini