Sering Disepelekan, 2 Fitur ini Penting saat Hujan

Beberapa orang cenderung meremehkan hal-hal kecil/ fitur sepele pada mobil, akan tetapi jika saat dibutuhkan maka hal kecil itu sangat membantu kita dalam perjalanan. Terutama saat musim penghujan dimana hujan sering turun dan tidak bisa diprediksi, maka kita harus siap dengan fitur pendung yang paling penting.
Nah apa saja ke dua fitur atau komponen mobil paling penting saat Hujan?
1. Wiper
Pecinta otomotif harus memastikan karet wiper dalam kondisi yang baik: tidak getas, tidak membaret kaca, mampu menyeka air dengan sempurna, ayunan wiper juga cukup kencang, dll semua tentang wiper.
Pada mobil-mobil jaman sekarang yang mana kaca depannya cenderung lebar dan lebih horisontal jika dibandingkan dengan mobil jaman dulu. Hal ini membuat air hujan yang turun ke kaca sulit turun ke bagian bawah kaca, sehingga dibutuhkan wiper yang bagus (dalam kondisi fit), pernah admin mobilku.org memakai Honda Jazz saat hujan wah sangat merepotkan karena kaca yang lebar...meskipun sapuan wiper sangat cepat tetapi sulit menghilangkan air pada kaca tidak tegak seperti Jazz.
Washer
Berbeda dengan mobil admin sendiri Suzuki Katana yang kacanya relatif tegak, memakai karet wiper kualitas seadanya atau KW (yang penting baru) saja air sudah terseka sempurna. Nah pecinta otomotif harus mempertimbangkan soal tegak atau tidaknya kaca mobil, jika tidak terlalu tegak maka wiper harus diperhitungkan
2. Washer
Washer ini adalah penyemprot air, biasanya digunakan untuk menyemprot kaca mobil sebelum wiper berjalan. Pastikan washer tidak tersumbat, semprotannya kencang dan tepat, airnya juga cukup banyak.
Nah fungsi utama washer sebenarnya adalah untuk mencuci/ mencairkan kotoran yang menempel pada kaca seperti: cipratan air kotor dari mobil lain, debu, lumpur, dll. Saat hujan kondisi jalan tidak bisa diprediksi terlebih jika jalanan kotor atau genangan air cukup tinggi maka kaca mobil akan sering sekali kotor terciprat kendaraan lain. Nah saat ini terjadi maka semproykan air wiper berulang-ulang sampai kaca bersih (kotoran luruh ke bawah kaca), penyemprotan bisa 5 sampai 10 kali (tidak masalah). Namanya saja Washer: pembilas/ pembersih/ pencuci
Kedua komponen ini adalah yang terpenting saat menghadapi hujan.
Komponen tambahan
AC
1. AC
AC juga tidak bisa diremehkan saat hujan, saat hujan otomatis kita harus menutup seluruh kaca mobil agar air tidak masuk ke kabin, jika kita menutup semua ventilasi maka suhu udara dalam mobil akan meningkat akibat suhu tubuh manusia (penumpang). Peningkatan suhu udara dalam mobil ini menyebabkan 2 yal yakni:
- Mobil terasa panas: penumpang menjadi tidak nyaman
- Kaca berembun: perbedaan suhu antara di dalam kabin dan luar kabin bisa menimbulkan embun pada kaca mobil bagian dalam (depan dan belakang) sehingga menutup pandangan pengemudi.
Nah agar tidak terjadi 2 hal diatas, kita membutuhkan AC yang berfungsi menyamankan suhu dalam mobil dan juga membuat suhu di dalam kabin sama dengan di luar kabin, agar tidak terbentuk embun pada kaca mobil yang menghalangi pandangan
2. Lampu kabut
Saat hujan deras dimana lampu utama sudah tidak efektif dan perlu tambahan penerangan, maka lampu kabut yang biasa diletakkan di bagian bawah jadi senjata andalan untuk menerobos hujan lebat sampai tebalnya kabut yang turun.
Lampu kabut/ foglamp atau istilahnya lampu pemecah kabut memang memiliki spesifikasi sinar yang sangat terang, tetapi posisinya yang dibawah menyebabkan tidak mengganggu pengendara yang berlawanan dengan jalan kita. Artinya lampu ini memang dirancang untuk cuaca ekstrim

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini