Mobil Bunyi Tek Tek saat di tanjakan

Pernahkan pecinta otomotif mengalami mobil bunyi tek tek tek saat di tanjakan? nah sebenarnya ini adalah pengalaman pribadi admin mobilku.org dimana saat itu saya rekreasi di wilayah pantai sebelah selatan Kota Malang, jalan naik turun dengan membawa penumpang 4 orang.
Gejala mobil bunyi tik tik/  tek tek saat menanjak ini sebenarnya sudah cukup lama dialami admin (1 bulan terakhir), akan tetapi bunyinya masih pelan dan hanya berbunyi di tanjakan curam, tetapi kemaren saat ke pantai dengan penumpah 4 orang tidak hanya di tanjakan curam tetapi pada tanjakan landai pun mobil bunyi tek tek tek... Hal ini membuat saya frustasi dan sempat mencoba mencari penyebabnya di perjalanan tetapi tidak ketemu dimana yang bermasalah.
Sumber bunyinya ada pada bagian bawah mobil sebelah belakang, admin mobilku.org sempat curiga pada per daun mobil, tetapi saya goyang-goyangkan saat mobil berhenti tidak ada masalah...baru saat mobil berjalan melintas sedikit tanjakan mulai berbunyi tek tek tek terus sampai pulang.
Nah besoknya admin mobilku.org memiliki waktu untuk membawanya ke bengkel terdekat, saya dan mekanik bengkel mencoba membawa mobil berjalan di tanjakan untuk menunjukkan bunyi tersebut.
Mekanik tersebut langsung bilang iya itu "cross jointnya" mas, saya tanya apa bisa dibenahi? bisa mas nanti diganti cross Joint nya. Oh ya wes siapp ucap saya.
Penyebab bunyi tek tek pada mobil saat menanjak
Menurut mekanik bengkel penyebab bunyi tersebut adalah cross joint yang macet sudah aus, bisa berkarat, bisa ada kerusakan, bisa karena kering olinya, dll. Tetapi yang jelas jika sudah berbunyi seperti itu maka harus diganti, sedangkan cross joint lain yang tidak berbunyi harus dibongkar sekalian untuk diberi stemped.
Cross joint ini fungsinya adalah menjaga putaran kopel tersalur ke gardan meskipun sudutnya berubah akibat tanjakan dan jumlah penumpang, dengan adanya cross joint ini gardan tetap bisa diputar oleh joint (kopel). Jika cross joint macet (tidak mau berputar pada sudut tertentu) maka akan menimbulkan bunyi tek tek tek saat dimuati penumpang banyak atau saat mobil menanjak.
Penggantian Cross Joint
Posisi cross joint adalah diantara ujung-ujung joint (kopel) atau bisa dikatakan diantara gardan dan transmisi, lebih jelasnya lihat pada gambar. Nah untuk menggantinya, mekanik harus melepas joint dari sambungan ke gardan dan ke transmisi, kemudian mengecek mana cross joint yang macet. Setelah tahu maka mekanik akan melepas cross joint dari joint lalu melakukan pergantian, bentuk cross joint ada pada gambar (seperti lambang palang merah).
Jika mekanik merasa cross joint mesih belum rusak, maka dia hanya melakukan pelumasan dengan stemped..jika mekanik merasa sudah rusak ya dilakukan pergantian.
Untungnya meskipun tempat itu bengkel kecil tetapi tersedia sparepartnya (cross joint nya), sehingga tidak perlu pergi ke toko onderdil... mekanik segera mengambil dari dalam rumah lalu melakukan pergantian
Biaya perbaikan
Untuk memperbaiki mobil bunyi tek tek tek dengan kerusakan pada cross joint nya, admin mobilku.org hanya membayar 170 ribu rupiah (jasa ongkos perbaikan + sparepart), murah bukan? daripada mobil bunyi terus membuat frustasi lebih baik diperbaiki ke bengkel.
Uang 170 ribu tersebut untuk sparepart (1 cross joint) dan untuk jasa bengkel (bongkar pasang da melumasi yang lain)... kebetulan mobil admin adalah Suzuki Katana yang memang sparepartnya terkenal murah bisa substitusi dengan Suzuki Carry atau angkot atau pick up. tidak harus orisinal Suzuki, asalkan bukan sparepart palsu aja juga sama-sama kuatnya.
Setelah mobil diperbaiki
Setelah dilakukan perbaikan ternyata bunyi tek tek tek saat ditanjakan sudah tidak terdengar lagi, nah berarti hal ini benar bahwa penyebabnya adalah Cross Joint yang macet entah karena berkarat atau sudah aus atau karena pelumas kering atau karena yang lain, yang jelas masalahnya itu dan sudah diatasi dengan tepat.
Bedakan dengan bunyi ngelitik yang asalnya dari ruang mesin, jika ada bunyi ngelitik saat menanjak dan asalnya dari ruang mesin maka itu disebabkan oleh ruang bakar yang kotor sehingga performa tidak maksimal dan klep bertabrakan (menimbulkan bunyi)... segera bersihkan ruang bakar dengan cara ini
Kesimpulan
Jika mobil berbunyi tek tek tek saat menanjak dan sumber bunyi adalah di bagian bawah belakang mobil, maka yang patut di curigai adalah cross joint macet.

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini