Masalah pada Spion Mobil yang sering terjadi

Fungsi spion sangat penting pada kendaraan, selain digunakan untuk melihat kendaraan di belakang/ samping mobil kita saat berjalan, spion bisa digunakan untuk melihat haluan sebelah kiri mobil, selain itu spion sangat terasa manfaatnya ketika kita memutar mobil atau juga saat parkir.
Saat ini banyak mobil yang sudah menggunakan spion elektrik (mobil lama masih manual). Nah ternyata untuk spion elektrik lebih sering mengalami kerusakan daripada spion manual, hal ini wajar karena lebih banyak komponen yang terlibat.
Beberapa kerusakan yang sering terjadi pada spion antara lain:
1. Kerusakan dinamo pelipat otomatis
Spion elektrik dilengkapi dinamo untuk melipat otomatis, kebanyakan kerusakan dinamo pelipat otomatis disebabkan oleh adanya air yang masuk melalui celah-celah spion. Air yang masuk menyebabkan karat sehingga aliran listrik tidak tersalurkan dengan baik dan dinamo kehilangan fungsinya.
Jika dinamo sudah tidak dapat diperbaiki maka dilakukan penggantian dimana biaya penggantian dinamo berkisar antara 300 sampai 350 ribu rupiah (sudah sparepart dan ongkos jasanya), jika masih bisa diperbaiki ya ongkosnya bisa lebih murah.
Solusi:
- menutup sela-sela spion jika dirasa berpotensi menjadi jalan masuknya air
- segera membersihkan dinamo pelipat jika dirasa kemasukan air (gunakan bensin juga bisa)
- Jika sudah parah bisa dilakukan perbaikan sampai penggantian dinamo pelipat otomatis
2. Jamur pada kaca spion
Adanya jamur pada kaca spion ini disebabkan oleh air hujan yang tidak dibersihkan, lama-lama dia akan menjadi jamur. Cara mencegahnya yakni dengan selalu menjaga spion tetap kering dan bersih, jika terkena air hujan segera bersihkan dengan kanebo atau lap chamois
Cara membersihkan jamur: cukup mudah yakni gunakan pembersih jamur yang tersedia di toko aksesoris mobil/ bengkel, cara membersihkannya simak disini
3. Spion tertabrak mobil/ kendaraan lain
Nah ini juga sering terjadi, yakni kerusakan tertabrak kendaraan lain hingga pecah atau bahkan lepas. Jika masih bisa diperbaiki/ digunakan bisa dilakukan perbaikan... tetapi untuk spion yang tertabrak sampai motornya rusak dan kacanya pecah maka harus mengganti kedua komponen tersebut (kaca dan motor spion). Jika yang pecah hanya kacanya saja maka pecinta otomotif bisa membeli kacanya saja di toko sparepart, harganya sekitar 50 ribu rupiah untuk 1 kaca spion mobil.
Cara mencegah kerusakan akibat tabrakan ini: lipat spion jika parkir/ berhenti
Kadang-kadang tertabrak sampai hancur, nah kalo ini bisa dilakukan dibelikan spion yang baru (1 set: rumah spion, kaca dan motornya)
4. Baret akibat gesekan dengan benda lain
Spion termasuk bagian mobil yang sering baret karena dia posisinya paling luar (paling lebar), kasus admin mobilku.org sering spion terbentur pohon saat parkir, sering saat berjalan di pasar/ pemukiman bersenggolan dengan spion mobil lain, dll.
Nah jika terjadi baret pada spion yang tidak terlalu parah maka bisa dihilangkan dengan stratch remover, berikut adalah cara membersihkannya
5. Kerusakan elektric mirror
Ini adalah sistem kelistrikan pada spion, biasanya pada mobil baru terdapat gigi (drat) halus yang terbuat dari plastik, nah gigi ini bisa aus karena bergesekan dengan logam. Jika sistem elektik rusak yang disebabkan oleh ausnya drat ini maka perbaikannya berkisar di 250 ribu rupiah.
Mobil baru dengan spion elektrik memang lebih nyaman, tetapi perawatannya juga lebih sulit. Berbeda dengan mobil jadul yang masih manual yang hampir tanpa perawatan, hanya dibersihkan jika perlu (kaca kotor)

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini