Mobil Terguling saat Dicuci, Tanggung Jawab siapa?

Sekarang ini tempat cuci mobil komersial banyak yang memakai "post lift" atau alat untuk mengangkat body mobil secara keseluruhan, tujuannya baik yakni agar bisa membersihkan kolong mobil. Tetapi mengangkat mobil dengan post lift ini memiliki resiko sendiri yakni mobil terguling saat sedang diangkat, hal ini beberapa kali admin menjumpainya di tempat cuci mobil.
Lalu, tanggung jawab siapa saat mobil sudah terguling?
Menurut Service Manager Auto2000, Wayan Werta Yoga bahwa jika menemui kejadian mobil terjatuh saat diangkat, maka ini adalah tanggung jawab dari bengkel atau tempat cuci mobil tersebut. Wayan menambahkan, jika mobil terguling atau terjatuh saat dicuci hendaknya pemilik cucian mobil tersebut bicara baik-baik pada konsumen yang mobilnya menjadi korban. Salah satu hal yang paling penting adalah meminta tenggang waktu untuk perbaikan kerusakan, dan konsumun pun juga harus mengerti bahwa biasanya butuh waktu untuk perbaikan.
Seharusnya hal-hal (kecelakan) semacam itu sudah dicover oleh pihak asuransi, dimana sebelumnya pemilik cucian mobil dengan post lift tersebut sudah harus memakai jasa asuransi untuk berjaga-jaga jika terjadi mobil terguling misalnya, atau mobil tidak sengaja baret, dll.
Di sisi konsumen sebenarnya tidak perlu khawatir, karena sebagian besar bengkel atau tempat cuci mobil dengan post lift sudah memakai asuransi (jadi aman), seperti di Auto2000 cabang tebet yang akan bertanggung jawab jika terjadi apa-apa pada mobil yang diperbaiki atau dicuci.
Wayan mengatakan: Biasanya konsumen yang mobilnya terjatuh/ terguling akan memberikan tenggang waktu perbaikan, sementara kebanyakan mereka meminta mobil ganti untuk tumpangan sementara. Jika di Auto2000 kami akan memberikan fasilitas mobil sementara ini, ucapnya.
Kesimpulan
- Mencuci mobil dengan mengangkat body mobil hasilnya lebih bersih
- Mencuci mobil dengan cara ini resikonya memang lebih besar (resiko terguling)
- Konsumen tidak perlu khawatir, karena sebenarnya sebagian besar tempat cuci mobil juga memakai jasa asuransi
- Jika terjadi kasus mobil terguling atau terjatuh, maka itu adalah tanggungjawab pemilik tempat cuci mobil.
Mencuci Mobil Sendiri Di Rumah
Mencuci mobil sendiri ternyata menyenangkan, selain lebih bersih juga bisa lebih menjaga agar cat mobil tidak lekas buram atau kusam (baca; bahaya mencuci di pencucian mobil), biasanya yang menjadi pertimbangan jika mencuci mobil sendiri dirumah adalah:
1. Lap atau kain: enaknya mencuci mobil sendiri kita bisa memilih lap/ kain yang terbaik untuk mencuci, sehingga tidak merusak atau menggores cat mobil. Biasanya orang memakai lap microfiber untuk membersihkan/ mencuci mobil
2. Shampo mobil: Jika di tempat cucian umum kita tidak bisa memilih detergen yang digunakan, akan tetapi jika mencuci sendiri kita bisa memakai detergen kualitas terbaik sesuai selera kita. Biasanya untuk menjaga cat mobil, pemilik mobil mencucinya dengan shampo mobil yang disertai Wax atau shampo mobil dengan PH Balance. Kedua jenis shampo mobil ini bersifat tidak keras dan melindungi cat, harganyapun tergolong murah untuk 1 liternya sekitar 15-20 ribu rupiah, belinya di bengkel mobil atau alfamaret juga ada
3. Air: kita bisa memakai air yang terbaik misalnya air kran, kalau di tempat cucian mobil kita tidak tahu air dari mana dan kejernihannya seperti apa
4. Cara mencuci: kita bisa mencuci dengan cara yang paling baik misalnya: memakai 2 ember, memakai sikat untuk ban, disemprot tidak terlalu keras, mencuci cat dengan hati-hati, dan lain-lain. Baca: Cara mencuci mobil sendiri di rumah

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini