Mengemudi di Jalan Berlumpur/ Offroad

Mengemudi mobil di jalanan offroad memang menyenangkan, karena selain untuk hoby juga bisa untuk hiburan. Akan tetapi bagi pemula yang belum pernah ke jalanan berlumpur atau offroad tentunya membutuhkan sedikit pengetahuan atau teknik bagaimana berkendara di jalan berlumpur.
Keseimbangan mobil dan jalan

Biasanya yang paling penting bagi seorang driver adalah bagaimana menjaga keseimbangan mobil (tenaga, bobot mobil dan kondisi jalan), percuma mobil bertenaga besar tapi selip terus (tidak bisa jalan)? di jalan yang licin maka berkendara dengan lebih lembut adalah solusinya.
Teknik melewati lumpur
Ketika mobil kita melewati jalan berlumpur maka handling kita seolah-olah tidak responsif, saat kita membelokkan mobil ke kiri bisa saja mobil malah berbelok ke kanan akibat kontur jalan yang tidak rata dan licin.
Yang utama adalah rasakan arah pergerakan mobil, dan lakukan counter steer secukupnya (membelokkan steer ke arah yang berlawanan), jika terlalu banyak melakukan counter steer maka mobil justru akan menjadi tidak terkendali dan malah kehilangan arah (arahnya tidak terkendali).
Yang kedua adalah berjalan dengan secukupnya (pelan), jangan menginjak pedal gas terlalu dalam karena justru ban akan berputar terlalu cepat (ban selip dan kehilangan traksi), kadang-kadang hal ini membuat mobil kita terjebak pada lumpur dan tidak bisa bergerak
Yang ketiga, jika mobil terjebak (terdiam) tidak bisa bergerak, maka cobalah mainkan stir ke kanan dan kekiri sambil memainkan gas...harapannya mobil bisa lekas keluar dari kubangan lumpur.
ke empat perhatikan kemiringan jalan: disini pecinta otomotif sebisa mungkin bisa memprediksi jalan tersebut miring kemana? jika cenderung miring ke kanan maka arah roda depan harus condong ke kiri agar bisa berjalan maju (tidak terus jatuh)
Tak hanya jalanan lumpur
Medan offroad tidak hanya jalanan berlumpur tetapi jalanan berpasir, jalan tanah, berbatu, tanjakan curam itu termasuk offroad.
Nah bagaimana teknik lain dalam melewati jalan-jalan offroad selain berlumpur?
baca pada artikel sebelumnya yakni: Teknik offroad untuk pemula

Melatih insting berkendara
Mengemudi di jalan offroad ini tidak bisa hanya teori saja, artinya harus mencoba langsung ke jalanan offroad misalnya: bagaimana cara menanjak, berjalan lurus, melewati turunan, jalan miring, berlumpur, dll.
Semakin sering kita berlatih maka insting kita akan semakin baik dalam hal melewati jalanan offroad/ berlumpur, makin banyak tipe jalan yang kita lewati akan membuat kita terlatih melewati berbagai kondisi jalan.

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini