Konsumsi BBM dan Akselerasi Baleno Hatchback

Suzuki baru saja mengeluarkan mobil hatchback terbaru di Indonesia, mengambil nama mobil legenda mereka yakni Suzuki Baleno yang kini diubah dan tampil baru sebagai jenis mobil Hatchback (bukan sedan seperti Baleno generasi 90 an).
Suzuki Baleno Hatchback menggunakan mesin yang sama dengan ertiga bensin yakni berkapasitas 1300 cc, menghasilkan tenaga 92,4 Hp dan torsi sebesar 136 Nm. Sistem penggerak Baleno hatchback sama seperti ertiga yakni penggerak depan, sedangkan harga yang ditawarkan juga cukup terjangkau yakni di angka 195 juta untuk varian manual dan 207,5 juta untuk versi matic (harga yang murah di kelasnya).
Rival Baleno hatchback ini adalah Honda Jazz dan Toyota Yaris dimana rival-rivalnya memiliki kelebihan pada mesin yang lebih responsif, akan tetapi Suzuki Baleno Hatchback unggul dari segi harga yang lebih murah. Misalnya Honda Jazz dijual dengan harga 232 sampai 272 Juta Rupiah, Toyota Yaris juga dijual mulai 232,4 juta rupiah... sedangkan Baleno hanya 195 Juta saja
Nah bagi pecinta otomotif yang ingin meminang mobil ini tentunya penasaran bagaimana tenaga mobil ini? akselerasinya, kecepatannya dan konsumsi bahan bakarnya.
Kebetulan beberapa hari lalu Suzuki Indonesia melakukan uji coba untuk akselerasi (percepatan) dan konsumsi bahan bakarnya.
Konsumsi BBM Suzuki Baleno Hatchback
Dari uji yang dilakukan di Jalan dalam kota, Suzuki Baleno Hatchback mencatatkan angka 1:15 yang artinya 1 liter BBM untuk 15 km.
Sedangkan untuk jalan bebas hambatan atau jalan TOL, konsumsi BBM baleno tercatat 1:20 atau 1 liter BBM untuk 20 km.
Jadi konsumsi BBMnya cukup irit dan tidak berat di kantong
Akselerasi Suzuki Baleno Hatchback
Mobil ini mampu melesat dari kecepatan 0 Km/ jam ke kecepatan 100 Km/ jam dalam waktu 12 detik.
Jika dibandingkan dengan Honda Jazz yang mampu mencapai kecepatan 100 km/jam dalam waktu 10,1 detik maka baleno terasa cukup lambat ya, akan tetapi Toyota Yaris pun ternyata hanya memiliki akselerasi 11,5 detik dari kecepatan 0 KPJ sampai 100 KPJ.
Ini berarti jika dibandingkan dengan Toyota Yaris, Suzuki Baleno Hatchback tidak terlalu ketinggalan, hanya selisih 1/2 detik saja akselerasi (0-100 kpj) atau hampir sama.
Kenapa dengan Honda Jazz terasa jauh selisihnya? hal ini bukan disebabkan Baleno yang buruk akan tetapi mesin Honda Jazz memang sangat baik dan sulit diungguli mobil-mobil dikelasnya.
Nah jika pecinta mobilku.org ingin melihat lebih detail tentang mobil baleno hatchback ini bisa membaca pada artikel sebelumnya: Spesifikasi Suzuki Baleno Hatchback

1 komentar:

  1. Mobil" keluaran suzuki memang biasanya mempunyai mesin yang paling lemah apabila dibandingkan dengan kompetitor"nya, tetapi mempunyai fitur" yang lebih "wah" apabila dibandingkan dengan kompetitor" di segmen yang sama.
    Setiap merk mempunyai + & -nya masing"

    BalasHapus

--------------------------------------------------------------------------------------------------
Silahkan bertanya jika memiliki kesulitan... Pendapat pembaca sangat dibutuhkan bagi pembaca lain untuk menjawab solusi :)
--------------------------------------------------------------------------------------------------
Sebagai tempat diskusi .......(no link / no spam)

-------------------------------------------------------------------------------------------
Kami berusaha memberikan data seakurat mungkin, kami juga sadar bahwa situs ini jauh dari sempurna, kami juga manusia yang bisa salah. Dukungan kritik dan saran untuk membantu sangat kami butuhkan :) terima kasih...
-------------------------------------------------------------------------------------------

kunjungi kembali situs ini jika waktu anda senggang... :-)