Velg Suzuki Ignis bisa diperbesar sampai Berapa?

Suzuki Ignis baru saja keluar, akan tetapi mobil ini terbilang sangat laris dan langsung menjadi penguasa di kelas low hatchback, mobil ini tak luput dari komentar penggunanya yang mengatakan tampilan Ignis standar kurang pada bagian Velg dimana velg atau bagian kaki-kaki Ignis terkesan ramping.
Akan lebih mantap bila velg dukurannya dirubah menjadi lebih besar dan lebih lebar dari standarnya, lalu sampai berapa velg pada Suzuki Ignis bisa diperbesar?
Ukuran standar diameter velg Ignis adalah 15 Inch, nah untuk plus size (memperbesar) velg maka bisa dilakukan maksimal sampai 17 Inch. Sedangkan pada ukuran velg 17 Inch lebar velg maksimal adalah 7 Inch pada bagian depan dan 7,5 Inch pada bagian belakang.
Yang perlu diperhatikan saat mengubah velg menjadi lebih besar adalah ukuran ban yang dipakai otomatis juga harus diganti dengan ukuran yang sama, misalnya velg memiliki ring 17 Inch maka ban juga harus 17 inch. Ban yang cocok untuk velg 17 Inch dengan lebar 1 Inch adalah ban dengan kode 205/50/R17, artinya memiliki diameter 17 inch dengan lebar 205 mm dan ukuran dinding ban 50% dari 205 mm.
Kelebihan memakai velg yang besar adalah akselerasi makin baik, handling makin stabil, sementara kekurangannya adalah sistem suspensi pada ban berkurang.
Ban sebenarnya memiliki sistem suspensi berkaitan dengan tinggi dinding ban, makin tinggi dinding ban maka suspensi makin empuk. Jika velg diperbesar konsekwensinya adalah mengecilkan ukuran dinding ban agar tidak menyentuh spakbor mobil, makin kecil/ pendek dinding ban maka suspensi juga makin buruk sehingga akan terasa lebih keras saat dinaiki.
Ukuran velg 17 Inch dengan lebar 7 Inch diklaim pengguna sudah cukup untuk bergaya, akan tetapi banyak yang menyarankan jika digunakan sehari-hari (harian) lebih baik memakai velg 16 inch saja agar sistem suspensi pada ban masih baik (nyaman) tetapi terlihat lebih keren dibanding dengan velg standarnya.

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini

--------------------------------------------------------------------------------------------------
Silahkan bertanya jika memiliki kesulitan... Pendapat pembaca sangat dibutuhkan bagi pembaca lain untuk menjawab solusi :)
--------------------------------------------------------------------------------------------------
Sebagai tempat diskusi .......(no link / no spam)

-------------------------------------------------------------------------------------------
Kami berusaha memberikan data seakurat mungkin, kami juga sadar bahwa situs ini jauh dari sempurna, kami juga manusia yang bisa salah. Dukungan kritik dan saran untuk membantu sangat kami butuhkan :) terima kasih...
-------------------------------------------------------------------------------------------

kunjungi kembali situs ini jika waktu anda senggang... :-)