Harga Mitsubishi Xpander mulai 189 Jutaan, Spesifikasi, Kelebihan dan Kelemahan

Mitsubishi Xpander adalah mobil Low MPV 7 seater dari Mitsubishi yang baru saja diluncurkan Bulan Agustus 2017, MPV sejuta umat Mitsubishi ini diposisikan bersaing dengan Low MPV 7 penumpang yang sudah beredar di tanah air yakni : Avanza, Ertiga, Xenia, Mobilio, Livina.
Harga Mitsubishi Xpander
Harga Xpander juga bisa dibilang bersaing, varian termurahnya dijual dengan harga 189 Juta rupiah sedangkan Xpander varian termahal dijual dengan harga 246 Juta rupiah. Bahkan mobil dengan mesin 1500 cc ini varian termurahnya bisa bersaing dengan Avanza bermesin 1300 cc varian paling murah. Tentu saja harganya juga bersaing dengan Mobilio dan Ertiga yang dijual mulai 189,5 juta.
Berikut Daftar Harga Mitsubishi Xpander On The Road DKI Jakarta:
Xpander GLX MT: Rp. 189 Juta
Xpander GLS MT: Rp. 210 Juta
Xpander Exceed MT: 220 Juta Rupiah
Xpander Exceed AT: 230 Juta Rupiah
Xpander Sport AT: 240 Juta Rupiah
Xpander Ultimate AT: 246 Juta Rupiah
Kemampuan Mesin Mitsubishi Xpander
Jika dari segi harga mobil ini sangat bisa bersaing lalu bagaimana dengan mesinnya? ternyata mesinnya juga sangat bersaing yakni memakai mesin berkapasitas 1500 cc dan memiliki tenaga 103 Hp, kemampuan mesin ini sama dengan mesin Avanza 1500 cc akan tetapi percepatan dan torsi Xpander lebih mudah dicapai.
Kemampuan mesin Mitsubishi Xpander ini jauh lebih baik dari Avanza 1.3 dimana tenaga avanza 1.3 hanya 92 Hp, akan terasa seimbang jika dibandingkan dengan Avanza 1500 cc yang tenaganya 104 Hp.
Kemampuan mesin atau tenaga Mitsubishi Xpander 1500 cc adalah 103 Hp, dengan torsi 141 Nm
Desain Eksterior Mitsubishi Xpander
Eksterior/ tampilan luar Mitsubishi Xpander ini juga terbilang modern dan macho, mengadopsi desain Mitsubishi Pajero Sport mobil ini terlihat mewah dan tangguh.
Mitsubishi Xpander memiliki ukuran yang paling besar diantara mobil 7 seater lain (pesaingnya semisal avanza, ertiga, mobilio, dll).
Panjang Mitsubishi Xpander adalah 4475 mm, sedangkan panjang Avanza 4190 mm
Lebar Xpander adalah 1750 mm, sedangkan lebar Avanza: 1660 mm
Tinggi Mitsubishi Xpander: 1700 mm, sedangkan tinggi Toyota Avanza: 1695 mm
Artinya secara keseluruhan deminsi Xpander memiliki panjang x lebar c tinggi yang lebih besar daripada avanza (sebagai pembanding), artinya ukuran Mobil ini lebih besar dari MPV yang sudah beredar di tanah air.
Makin besar ukuran mobil: lebih panjang, lebih lebar, lebih tinggi maka kemampuan membawa barang bawaan juga makin besar sehingga daya muatnya lebih besar. Makin besar ukuran mobil juga akan memberikan nuansa yang lega pada penumpang sehingga penumpang lebih nyaman (tidak berdesakan) saat berkendara, ruangan yang lega ini secara signifikan akan meningkatkan kenyamanan penumpang.
Bahkan Mitsubishi Indonesia sendiri mengatakan mobil ini adalah Mini Pajero, wah saking banyaknya kemiripan antara Pajero dengan Xpander...hanya Xpander dimensinya lebih kecil dari Pajero dan tentu mesinnya berbeda.
menurut www.mobilku.org pecinta otomotif tidak akan kecewa dengan desain mobil ini terutama jika dibandingkan dengan desain mobil pesaing sekelasnya.
Sistem Penggerak Mitsubishi Xpander
Sistem penggerak Mitsubishi Xpander adalah roda depan atau FWD, penggerak roda depan memiliki kelebihan lebih mantap dipakai bermanuver dan berakselerasi di jalan aspal. Akan tetapi memiliki kelemahan saat melewati jalan tanjakan non aspal misalnya di daerah perbukitan, selama jalannya aspal saya rasa pecinta otomotif tidak perlu khawatir selip, akan tetapi jika jalannya tanjakan curam tapi bukan aspal memang penggerak depan memiliki masalah terhadap keadaan ini.
Banyak mobil berpenggerak roda depan mengalami sedikit selip saat menanjak di perbukitan non aspal misalnya bukit kapur/ jalan berpasir/ jalan tanah karena mobil mengalami selip/ spin, selip atau spin ini adalah dimana roda berputar akan tetapi mobil tidak berjalan (sedikit berjalan) karena kurang kuat mencengkeram tanah.
Akan tetapi hal ini tidak perlu dikhawatirkan karena banyakkendaraan juga memakai penggerak model ini antara lain: Honda CR-V, Honda BR-V, Honda HR-V, Suzuki Ertiga, Honda Mobilio, Nissan Xtrail, dll dan mereka juga aman-aman saja tidak ada keluhan. Hanya sekedar pengetahuan saja jika jalan terlalu curam menanjak dan offroad memang resikonya spin/ jalan ditempat.
Kelebihan dan Kelemahan Mitsubishi Xpander
Kelebihan mobil ini adalah pada:
* Akomodasi atau daya muat yang lebih besar
* Kenyamanan penumpang karena ruangannya tidak sempit
Sementara kelemahannya:
- memakai penggerak roda depan, menurut admin ini adalah sedikit saja kelemahan mobil ini, meskipun banyak orang yang menaganggap bukan kelemahan dan bahkan banyak orang yang lebih suka penggerak depan.
Kabin Mitsubishi Xpander
Interiornya juga cukup mewah dan bisa bersaing dengan rival-rivalnya, interiornya memakai kombinasi 3 warna yakni Beige, Hitam dan Krem untuk menunjang kemewahan tampilan interiornya.
Memiliki 7 kursi dengan konfigurasi 2 kursi baris pertama, 3 kursi di baris kedua dan 2 kursi dibaris ke 3, semntara kursi pada baris ke dua dan ketiga bisa dilipat rata-rata air jika diperlukan mengangkut barang yang besar misalnya sepeda atau kasur busa atau barang lain.
Kesimpulan
Praktis dengan keluarnya Mitsubishi Xpander ini pasar segmen ini makin ketat dan memberikan keuntungan pada konsumen untuk memilih mobil, karena bagaimanapun pastinya ada perbedaan antara Mitsubishi Xpander dengan MPV 7 seater lain.
Paling tidak mobil ini jika dibandingkan dengan MPV 7 penumpang lain: menawarkan kenyamanan, daya muat yang besar dan kemampuan mesin yang istimewa

1 komentar:

  1. Calon konsumen pernah saya hub katanya salah satu kelemahannya Xpander dari segi harga, tapi dia bandingkannya dengan Wuling. Wuling kan pemain baru, jadi menurut Saya mereka masih tahap pembuktian. nanti kalau sudah teruji Saya rasa harganya akan naik juga, beda2 tipis dengan sesama MPV lain.

    BalasHapus