Mobil Berasap Putih di Pagi Hari, Pertanda Apa

Mobil keluar asap putih di pagi hari bisa dibagi menjadi 2 menurut tebal tipisnya, yakni:
1. asap putih tips: tidak berbahaya
2. asap putih yang cukup tebal: menandakan mesin tidak normal.
Artinya jika asap yang keluar adalah asap putih tipis kemudian hilang dalam waktu kurang dari 5 menit saat dipanaskan, maka kemungkinan itu adalah asap dari hasil kondensasi udara dingin yang ada pada knalpot.
Saat pagi hari terutama di tempat yang dingin (daerah pegunungan atau sehabis hujan saat malam hari) maka mobil akan sangat dingin termasuk knalpot mobil, dan saat mobil dihidupkan pagi hari knalpot akan mengalami kenaikan suhu (panas) yang semula dingin. Perubahan suhu yang ekstrim bisa mengeluarkan asap putih tipis, jika ini yang terjadi maka pecinta otomotif tidak perlu khawatir.
Asap putih tebal dipagi hari
Berbeda dengan asap tipis, asap putih tebal yang keluar melalui knalpot rupanya adalah gejala atau tanda mesin sedang bermasalah.
Hal ini pernah dialami admin www.mobilku.org dimana asap yang keluar putih tebal, mobil saya panasi 2 menit asapnya masih ada sampai mobil saya jalankan asapnya juga masih keluar.
Nah jika ini yang terjadi maka sebenarnya asap putih tersebut adalah oli yang terbakar di ruang bakar, artinya jika sampai ada oli yang masuk ke ruang bakar dan ikut terbakar bersama bensin maka ada ketidakberesan.
Seharusnya oli tidak boleh masuk ke ruang bakar, oli hanya sebatas ring piston saja...sedangkan yang ada di ruang bakar seharusnya hanya bensin dan udara saja.
Penyebab paling sering oli merembes masuk ke ruang bakar adalah ring piston (pir seher) yang sudah aus/ lembek, salah satu lapisan ring piston ada yang berfungsi menahan oli jangan sampai masuk ke ruang bakar dan jika ring piston sudah aus maka dia tidak mampu lagi menahan oli masuk ke ruang bakar.
Oli yang masuk ruang bakar maka dia akan dibakar bersama dengan BBM dan udara yang dipicu oleh percikan api dari busi.
Dampak buruk oli masuk ruang bakar
Beberapa akibat buruk jika oli sampai masuk ke ruang bakar antara lain:
1. Busi cepat berjelaga (menghitam) dan basah karena terkena oli, untuk kasus yang parah dalam 3 hari busi sudah minta dibersihkan. Jika ini yang terjadi maka pecinta otomotif harus lebih sering mengecek dan membersihkan busi
2. Ruang bakar menjadi cepat kotor
akibat buruk lainnya adalah ruang bakar cepat kotor, kotornya ruang bakar ini menyebabkan pembakaran BBM tidak sempurna sehingga performa mobil (tenaga dan torsi) jauh berkurang yang akibatnya mobil tidak kuat menanjak dan bunyi ngelitik saat di gas
3. Mobil menjadi boros BBM, hal ini karena BBM tidak bisa terbakar sempurna karena busi yang kotor dan ruang akar juga kotor...akibatnya BBM banyak yang tidak terkonversi menjadi energi alias tidak terbakar dan dibuang melalui knalpot.
Solusi mobil yang keluar asap putih tebal dipagi hari
Jika hal ini terjadi maka langkah pertama adalah konsultasikan hal ini ke bengkel, akan lebih baik jika ke bengkel resmi karena alatnya lebih lengkap dan canggih. Jika tidak bisa pecinta otomotif juga bisa ke bengkel biasa (dekat rumah masing-masing).
Ceritakan pada pihak bengkel dan mintalah untuk mengecek apakah asap tersebut berbahaya atau tidak, biasanya bengkel lebih peka karena mereka sudah sehari-harinya menangani mesin mobil yang rusak.
Nanti pihak bengkel akan memberikan saran bervariasi tergantung analisanya, antara lain:
- turun mesin
- disetel kembali pengapiannya dan klepnya
- dibiarkan saja karena dinggap masih belum parah
- lain-lain
Skenario terburuk adalah turun mesin untuk mengganti ring piston dan seal klep, jika piston sudah aus biasanya juga mengganti piston sekalian.
Jika dirasa asap putih masih tidak terlalu tebal dan busi tidak gampang mati, biasanya bengkel umum akan menyarankan dibiarkan saja gak apa-apa sepanjang tenaga mobil masih cukup lumayan.
Pengalaman admin mobilku.org asap putih bisa hilang
Beberapa waktu lalu mobil admin juga mengeluarkan asap putih, saya sudah tahu pasti bahwa asap tersebut berasal dari oli yang merembes ke ruang bakar.
Saya sudah konsultasi ke bengkel dekat rumah, katanya tidak apa-apa sepanjang busi masih tidak cepat kotor dan tidak ada keluahan lain selain asap putih dipagi hari
Saya juga sudah berkonsultasi dengan bengkel resmi Suzuki, pihak bengkel resmi juga mengatakan tidak apa-apa meskipun ring piston sudah aus akan tetapi tenaga mesin masih cukup baik dan mobil masih bisa bertahan.
Singkat cerita saya meminta seting ulang klep, pengaturan pengapian, bersihkan ruang bakar sekaligus tune up. Nah setelah diservice: pengapian distandarkan, klep distel, mesin distel eh ternyata asapya hilang.
Dari perkiraan admin mobilku.org bahwa jika klep dan pengapian sudah standar maka hal ini bisa menolong atau paling tidak meminimalkan rembesan oli yang masuk pada ruang bakar. Buktinya sekarang mobil sudah tidak berasap lagi meskipun dihidupkan di pagi buta dan di gas-gas, knalpot tetap bersih
Knalpot keluar air
Kadang-kadang knalpot juga mengeluarkan air dipagi hari, air ini berasal dari embun yang terjebak dalam knalpot saat malam hari dan hal ini bukanlah masalah. Sebagian besar orang juga beranggapan keluarnya air menunjukkan mesin masih bagus.
Penyebab lain asap putih keluar di pagi hari
Sebenarnya penyebab asap putih saat pagi hari bisa bermacam-macam, akan tetapi umumnya sangat jarang terjadi...yang sering terjadi yang yang diatas (ring piston aus). beberapa penyebab lain sap putih antara lain:
1. Kerusakan silinder
Silinder yang rusak menyebabkan posisi ring piston juga berubah dan menyebabkan masuknya oli ke ruang bakar
2. Block mesin retak
jika ada keretakan pada block mesin maka air akan masuk ke ruang bakar melalui retakan tersebut, air yang masuk ke ruang bakar juga bisa menyebabkan asap putih
3. Pompa bahan bakar aus
terutama untuk mobil yang memakai pompa bahan bakar manual (bukan elektrik), jika membrannya sobek maka oli akan masuk bercampur dengan bensin dalam pompa bensin ini.
4. dan lain-lain
Ada juga alasan lain mengapa mobil keluar asap putih tebal, tapi yang paling sering adalah 3 poin diatas, dan yang lebih sering terjadi umunya adalah ausnya ring piston dan juga ausnya seal klep.

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini