Low MPV Mitsubishi Dimensi, Penggerak dan Mesin

Low MPV atau mobil MPV murah 7 seater Mitsubishi sudah diperkenalkan kemarin 24-07-2017, yang menggembirakan adalah mobil ini memiliki dimensi yang lebih besar (panjang lebar dan tingginya) dari pesaing-pesaingnya, baik dibandingkan dengan Toyota Avanza maupun Honda Mobilio.
Update, mobil ini sudah keluar dengan nama resmi Mitsubishi Xpander, yang daftar harga resminya juga sudah keluar, varian termurah dijual 189 juta rupiah sedangkan varian termahalnya 246 juta (bisa dilihat di akhir artikel).
Dimensi/ ukuran mobil yang sangat besar di kelasnya ini membuat MPV ini memiliki ruangan kabin yang lebih lega dibanding Avanza, Mobilio, Ertiga maupun Xenia. Semakin lega ruang kabin maka semakin nyaman/ enak dikendarai (tidak berdesak-desakan), selain itu ruangan kabin yang lega juga bisa memuat lebih banyak barang, sehingga selain lebih nyaman juga lebih bisa banyak memuat banyak barang bawaan.
Harga MPV murah ini juga terbilang tidak mahal, artinya bersaing dengan Low MPV 7 seater lain seperti Avanza dan Mobilio. Harga on the road DKI Jakarta untuk LMPV 7 penumpang dari Mitsubishi ini antara 189 Juta Rupiah sampai 245 Juta Rupiah, Varian termurahnya sama dengan varian termurah Avanza 1.3 dan Mobilio.
Eksterior Low MPV Mitsubishi 7 penumpang
Tampilan secara umum mobil ini terlihat kokoh seperti Pajero Sport, desain bagian depan serta bagian belakangnya mirip dengan Pajero.. Sehingga sekilas orang akan melihat mobil ini adalah SUV, desain yang kokoh ini ternyata juga ditunjang dengan Ground Clearance yang cukup tinggi yakni mencapai 205 mm, menjadikan mobil ini paling tinggi jarak terendahnya dengan tanah dibanding Avanza/ mobilio/ ertiga/ xenia atau Low MPV 7 seater lain di kelasnya. Nah Ground Clearance yang tinggi ini memiliki kelebihan lebih bisa digunakan untuk melewati jalanan rusak (berlubang) atau polisi tidur atau gundukan dibandi rival.
Desian mobil yang futuristik serta tangguh ini tercermin dari grill bagian muka, bagian belakang, bumper dan ketinggian mobil.
Pada bagian depan mobil ini sudah dilengkap dengan lampu DRL yang ada di bagian paling atas, jika orang melihat pertama kali pasti mengira itu adalah headlam? tetapi bagian lampu yang menyipit itu bukanlah headlamp tetapi DRL.
Dibawahnya ada lampu besar bersudut seperti kotak, nah itulah headlampnya. bagian bawah headlamp terdapat lampu sein yang desainnya menyatu dengan headlamp, sedangkan pada bagian bawah sendiri yang berbentuk bundar adalah lampu kabut.
Untuk spion sudah memakai elektrik, sementara pada bagian kaki-kakinya mobil ini dibekali dengan velg alloy berukuran 16 Inch yang memiliki 5 pilar, jadi bagian kaki-kaki sudah cukup tangguh.
Pada bagian belakang mobil ini juga sangat baik dengan desain pintu belakang kokoh dan cembung ke belakang akan memberikan visibilitas ruang bagasi yang baik, sedangkan untuk lampu bagian belakang mirip dengan lampu belakang mobilio dan avanza.
Interior Low MPV Mitsubishi
Dalam kabin mobil ini jelasnya lebih lega, selain dimensi yang lebih luas juga mobil ini tidak memiliki gardan sehingga pada lantai mobil lebih luas daripada mobil yang berpenggerak roda belakang.
Pada bagian dashboard juga mewah dengan kombinasi warna beige dan sedikit hitam pada bagian atas dashboard, sedangkan pada bagian bawah dashboard memakai kombinasi warna hitam dan krem. Pada bagian dashboard terliohat mobil ini hampir sama dengan mobil rival (tidak ada kelebihan dan kekurangan yang mencolok).
Mobil ini memiliki 7 kursi penumpang, pada baris kedua kursi tengah bisa dimanfaatkan sebagai arm rest, kursi baris kedua dan ketiga juga bisa dilipat rata untuk menambah daya muat barang jika diperlukan.
Mesin
Untuk mesin memang mitsubishi sampai saat ini belum mau membocorkan spesifikasinya, akan tetapi banyak yang memperkirakan Low MPV mitsubishi memakai mesin 1500 cc bertanaga 103 Hp  dan torsi 141 Nm, tenaga dan torsinya mirip dengan mobilio akan tetapi pada Low Mitsubishi tenaga dan torsi maksimumnya bisa didapat pada putaran mesin yang lebih rendah sehingga lebih mudah didapat.
Penggerak
Untuk penggerak Low MPV 7 seater dari Mitsubishi ini memakai pengerak roda depan, kelebihannya adalah mobil lebih ringan dan hambatan lebih sedikit sehingga berdampak pada pemakaian BBM yang lebih hemat dibanding mobil penggerak roda belakang.
Kelemahannya mobil penggerak roda depan ini adalah saat melewati tanjakan terutama pada jalanan non aspal misalnya tanah atau sedikit berpasir mobil sering Spin atau ban berputar tetapi tidak mencengkeram ke jalan.
Kelebihan dan Kelemahan Expander
Kelebihan mobil ini ada pada dimensi yang lebih lebih luas, lebih nyaman untuk penumpang karena ruang yang lebih lega dan daya muat barang juga lebih banyak dari MPV lain.
Sedangkan kelemahan mobil ini ada pada sistem penggerak yang memakai penggerak roda depan, yang artinya akan lebih cocok dipakai di jalan perkotaan, kurang cocok melaju di jalanan pedesaan/ perbukitan yang cenderung non aspal dan banyak tanjakan.
Memang untuk saat ini Mitsubishi masih belum membocorkan/ memberitahukan apa nama resmi dari Low MPV 7 seaternya, kami rasa ini hanya trik marketing agar konsumen penasaran dan akan diberitahukan saat pameran otomotif Bulan Agustus 2017.
Update
Nama resmi Low MPV Mitsubishi adalah Mitsubishi Xpander
Berikut adalah daftar harga Mitsubishi Xpander On The Road DKI Jakarta:
Xpander GLX MT: Rp. 189 Juta
Xpander GLS MT: Rp. 210 Juta
Xpander Exceed MT: 220 Juta Rupiah
Xpander Exceed AT: 230 Juta Rupiah
Xpander Sport AT: 240 Juta Rupiah
Xpander Ultimate AT: 246 Juta Rupiah

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini