Suzuki Ignis Laris Manis sentuh Honda Brio

Penjualan Suzuki Ignis ternyata melebihi ekspektasi dari pihak Suzuki sendiri, karena dalam sebulan penjualan retailnya mencapai angka ribuan, sedangkan angka wholesale selama 2 bulan semenjak diluncurkan mencapai 4262 unit mobil. Wholesale ini adalah pengiriman dari Suzuki ke dealer-dealer.
Selama dua bulan semenjak dilaunching bahkan SPK untuk Suzuki Ignis mencapai 7.500 lebih unit mobil. Bahkan keluarnya Suzuki Ignis turut mendongkrak penjualan mobil di segmen City Car dimana total City Car terjual selama 1 bulan kini mencapai 4000 lebih, sementara sebelum suzuki Ignis keluar penjualan City Car hanya berkisar dibawah 1800 unit mobil. Jika dilihat secara angka penjualan Ignis ini hampir menyamai Honda Brio dan mungkin tak lama lagi bisa menyalip jadi pemimpin pasar kelas Low City Car.
Dengan larisnya Suzuki Ignis ini menjadi ancaman tersendiri bagi pemimpin pasar yakni Honda Brio, segmen Suzuki Ignis ini adalah diatas mobil LCGC. Dimana didalamnya ada Honda Brio, Etios Valco, Mitsubishi Mirage, dll di kelas Low City Car.
Suzuki Ignis paling laris adalah tipe GX AT yang mencapai 48 %, kemudia disusul GX MT sebanyak 34 % dan sisanya adalah tipe GL sebanyak 12 %. Suzuki Ignis ini dijuluki urban SUV atau SUV ringan, selain enak dipakai perkotaan dia juga cukup mampu dipakai di jalan tanah/ offroad ringan asal jangan berlumpur aja.
Memiliki ground clearance 180 cm dengan jarak sumbu roda 2435 mm membuat mobil ini cukup nyaman dipakai melewati gundukan, polisi tidur, jalan bergelombang dan jalan berlubang yang tidak dalam. Mesin yang disematkan juga lumayan yakni berkapasitas 1200 cc yang menghasilkan tenaga sebesar 82 Hp, baca Spesifikasi Suzuki Ignis
Teknologi yang dibenamkan pada mesin ini juga tidak bisa dianggap remeh karena sudah memakai teknologi mesin DOHC, VVT dan MPI. kemudian untuk pengereman juga sangat mumpuni karena dibekali dengan fitur rem ABS, EBD dan BA.
Suzuki Ignis juga mumpuni dalam konsumsi BBM, selain bobotnya yang ringan membuat kerja mesin tidak begitu berat Suzuki Ignis juga dibekali indikator ECO. Nah biasanya mobil-mobil yang dibekali indikator ECO seperti ini berorientasi pada konsumsi bahan bakar yang rendah.
Bisa dikatakan mobil ini memang Low City Car yang komplit, dengan fitur safety mumpuni, mesin yang juga lumayan kuat, hemat bahan bakar, enak diperkotaan dan bisa dipakai di jalan-jalan desa.
Suzuki Ignis bukan mobil offroad
Pecinta otomotif banyak juga yang masih bingung apakah mobil ini bisa dipakai untuk offroad? jawabnya tentu saja tidak bisa, kalau offroad pasti akan mengarah pada medan berlumpur atau berbatu atau berpasir atau tanjakan ekstrim.
Suzuki ignis ini memakai penggerak roda depan saja yang tentunya berbeda dengan spesifikasi mobil offroad yang memakai penggerak roda depan belakang, Suzuki Ignis juga tidak dibekali transfercase (transmisi khusus) yang biasanya disematkan pada mobil-mobil offroad sehingga Ignis jika dipakai untuk tanjakan ekstrim tidak mampu.
Intinya jika untuk offroad ringan seperti jalan desa non aspal misalnya jalan berbatu seukuran bola tenes Isnis masih mampu, dipakai untuk jalan tanah yang kering juga bisa. inilah mengapa dia dikatakan Light SUV. Berbeda dengan New Suzuki Jimny yang baru saja dijual, spesifikasinya memang untuk menaklukkan medan-medan berat seperti berbatu seukuran bola sepak ataupun track offroad berlumpur
Harga Suzuki Ignis
Ignis tipe GL MT: 137,5 juta
Ignis tipe GX MT: 159,5 juta
Ignis GX AGS: 169,5 juta
Nah murah bukan bro? harga ini bahkan mungkin bisa bersaing dengan Brio Satya sebagai mobil LCGC

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini

--------------------------------------------------------------------------------------------------
Silahkan bertanya jika memiliki kesulitan... Pendapat pembaca sangat dibutuhkan bagi pembaca lain untuk menjawab solusi :)
--------------------------------------------------------------------------------------------------
Sebagai tempat diskusi .......(no link / no spam)

-------------------------------------------------------------------------------------------
Kami berusaha memberikan data seakurat mungkin, kami juga sadar bahwa situs ini jauh dari sempurna, kami juga manusia yang bisa salah. Dukungan kritik dan saran untuk membantu sangat kami butuhkan :) terima kasih...
-------------------------------------------------------------------------------------------

kunjungi kembali situs ini jika waktu anda senggang... :-)