Perkiraan Puncak Mudik dan Arus Balik

Saat hari raya lebaran masyarakat Indonesia memiliki kebiasaan pulang ke kampung halaman untuk bersilaturahmi ke sanak saudara dan sahabat, fenomena ini disebut mudik yang terjadi rutin setiap tahun (menjelang hari raya).
Idul Fitri Tahun 2017 akan terjadi sekitar tanggal 25 atau 26 Juni 2017, sedangkan puncak arus mudik diperkirakan mulai tanggal 23 sampai 24 Juni 2017. Pemerintah dengan Kepolisian dan Pertamina sudah memperkirakan bahwa Puncak arus mudik akan terjadi di H-2 sampai H-1 (Jumat dan Sabtu) sedangkan arus mudik sendiri sudah bisa dirasakan pada H-4.
Sedangkan untuk arus balik diperkirakan tidak terjadi serentak seperti arus mudik karena libur sekolah terbilang panjang, sehingga banyak keluarga yang akan menikmati waktu libur di kampung halaman atau tempat wisata sekitar kampung halaman.
Vice President PT Pertamina, Adiatma mengatakan bahwa arus balik kemungkinan besar akan terjadi puncaknya di H+5 dan H+6 (hari sabtu dan minggu), nah bagi yang mudik sebaiknya bersiap-siap dengan segala yang terjadi misalnya membawa minuman/ makanan yang cukup meskipun sedang berpuasa.
Apa lagi jika terjebak di kemacetan yang bahkan bisa diatas 10 jam jika kita berkaca pada lebaran tahun lalu, siapkan juga AC untuk mengatasi teriknya matahari saat terjebak macet di siang hari. Isi BBM seminggu sebelum berangat untuk menghindari antrean BBM atau kehabisan Stock di SPBU, BBM ini cukup penting mengingat perjalanan yang akan ditempuh sangat panjang, jika mengaca lebaran di tahun lalu bahkan banyak mobil yang kehabisan BBM akhirnya pemilik mobil meminggirkan mobilnya...ironisnya penjual BBMpun tidak ada
Aktifkan sistem komunikasi (HP dan Internet), kita bisa memantau perkembangan arus mudi lewat internet...bisa melalui media sosial, GPS, Waze, pengumuman jalur mudik di internet dan lain sebagainya.
Berikut baca: tips mudik menggunakan mobil pribadi

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini