Ini BMW Rakitan Lokal Indonesia

Mobil BMW sekarang tersedia versi rakitan lokal, jika dulu merk BMW selalu diimpor utuh dari pabrik luar negeri sekarang sudah ada sebagian mobilnya yang dirakit di Indonesia tepatnya di Sunter.
Ada 5 mobil BMW yang dirakit di Indonesia antara lain:
- BMW X1
- BMW X3
- BMW X5
- BMW Seri 3
- BMW Seri 5
Perakitan mobil BMW ini memanfaatkan fasilitas produksi milik Gaya Motor yakni anak perusahaan Astra di Sunter, akan tetapi BMW telah melakukan investasi dengan meningkatkan SDM pekerja serta standar tinggi dalam fasilitas produksi layaknya BMW rakitan luar. Pekerja telah melakukan training/ pelatihan khusus di Jerman sebelum dinyatakan lolos bekerja merakit mobil-mobil BMW.
Mesin-mesin diimpor dari Jerman dan Amerika Serikat, BMW rakitan lokal ini murni hanya merakit bahkan Body mobil juga masih diimpor dari luar negeri yakni Jerman dan Amerika Serikat untuk kemudian akan dirakit di Indonesia.
Penggunaan standar tinggi ini agar konsumen tidak kecewa dan tetap memenuhi standar mobil premium yang ditetapkan mobil pabrikan BMW Eropa, Eropa dan Amerika memang wilayah yang selalu mengedepankan kualitas dalam setiap produknya, tak hanya mengejar harga yang murah akan tetapi sisi keselamatan, kemampuan mesin, material logam, fitur dan teknologi terbaik selalu jadi prioritas.
3 Strategi Investasi BMW Indonesia
BMW Indonesia mengedepankan 3 Strategi Investasi yakni:
1. Investasi Sumberdaya Manusia: yakni dengan standar kemampuan pekerja di jerman (pelatihan ke jerman)
2. Investasi Infrastruktur: termasuk mesin dalam proses produksi dan jaringan service
3. Pengembangan secara digital: mobil keluaran BMW ini arahannya ke digital
Harga lebih murah
Banyak faktor mengapa mobil rakitan lokal harganya bisa bersaing antara lain faktor pajak dimana pajak mobil yang dirakit di dalam negeri berbeda jauh dengan pajak mobil yang diimpor utuh dari luar negeri, kemudian faktor tenaga kerja dimana tenaga kerja di Indonesia lebih murah daripada memakai pekerja dari Amerika atau eropa.
Bayangkan di Amerika UMR mereka skitar 5000 USD atau setara 65 juta rupiah sebulan, di jerman juga sama. Nah jika memakai pekerja lokal yang telah dididik langsung dari jerman maka BMW tidak terlalu mahal membayar tenaga kerjanya,otomatis harga mobil bisa lebih turun.
Harga yang lebih murah ini akan membuat mobil BMW lebih terjangkau oleh masyarakat yang akhirnya pasar mobil BMW bisa lebih luas lagi.

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini

--------------------------------------------------------------------------------------------------
Silahkan bertanya jika memiliki kesulitan... Pendapat pembaca sangat dibutuhkan bagi pembaca lain untuk menjawab solusi :)
--------------------------------------------------------------------------------------------------
Sebagai tempat diskusi .......(no link / no spam)

-------------------------------------------------------------------------------------------
Kami berusaha memberikan data seakurat mungkin, kami juga sadar bahwa situs ini jauh dari sempurna, kami juga manusia yang bisa salah. Dukungan kritik dan saran untuk membantu sangat kami butuhkan :) terima kasih...
-------------------------------------------------------------------------------------------

kunjungi kembali situs ini jika waktu anda senggang... :-)