Harga Suzuki Baleno Hatchback 116 Juta, Off The Road

Suzuki Indomobil Sales telah mendaftarkan beberapa tipe Suzuki Baleno Hatchback ke Samsat DKI Jakarta, pada berkas pendaftaran tertera besaran NJKB kendaraan atau Nilai Jual Kendaraan Bermotor (Off The Road) atau sebelum dikenakan pajak.
Ada dua tipe yang didaftarkan yakni tipe Baleno Hatchback Manual (TM2FX 4X2 MT) dengan harga dasar 116 juta rupiah dan Baleno Hatchback Matic (TM2FX 4X2 AT) yang tertulis 124 juta rupiah off the road.
Dari harga dasar kendaraan bisa diperkiraan berapa harga mobil saat berstatus On The Road (OTR) dengan menambahkan berbagai macam pajak misalnya PKB, BBNKB, biaya APM.
Berikut adalah rumus untuk mendapatkan harga on the road atau setelah pajak:
Harga OTR = NJKB + (21,5 % x NJKB)
21,5 % ini adalah berbagai macam pajak yang dibebankan pada mobil termasuk biaya pembuatan surat kelengkapan dan plat nomor kendaraan, setelah ditotal adalah 21% dari NJKB.
Jika kita mengikuti rumus diatas akan didapatkan harga On The Road sebesar Rp. 140,9 juta rupiah untuk Baleno Hatchback tipe manual dan Rp. 150,6 Juta untuk yang bertipe otomatis.
Yang perlu diperhatikan ternyata harga on the road tersebut tidak selalu sama dengan harga jual yang nantinya akan ditetapkan oleh pihak Suzuki, karena nantinya harga jual final juga tergantung dari berapa keuntungan yang akan diinginkan dan biaya-biaya lain misalnya biaya promosi dan lain sebagainya.
Misalnya: biaya promosi adalah 10 juta dan keuntungan yang diinginkan pihak Suzuki adalah 40 juta untuk satu unit Baleno Hatchback, maka tinggal menambahkan saja 140,9 + 10 + 40 =190,9 juta rupiah. Nah besaran laba dan biaya promosi yang menentukan adalah Suzuki Indomobil Sales sendiri, hitungan diatas hanya ilustrasi.
Baca: Spesifikasi Suzuki Baleno Hatchback
Perkiraan harga Baleno Hatchback
Suzuki Baleno Hatchback sudah banyak diprediksi akan dijual pada kisaran 220 jutaan, hal ini mengacu pada penyatan resmi Suzuki yang akan mematok harga di kisaran Suzuki Swift (sama dengan harga Swift).
Suzuki Swift sendiri dijual antara 211 juta sampai 235 juta, dengan rata-rata pada 220 juta rupiah.

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini