Situs Otomotif, mobil, mesin, eksterior, interior, akselerasi, kapasitas, spesifikasi, kecepatan, tenaga, konsumsi BBM, cc, modifikasi, terbaru, bekas, harga, fitur, dimensi, panjang, irit, kekurangan, kelebihan, bensin, solar, ban, suspensi, offroad, city car, hatchback, SUV, MPV, minibus, pick up, jip, sedan, 4x4, crossover, toyota, honda, suzuki, daihatsu, mitsubishi, bmw, chevrolet, mazda, isuzu, kia, nissan, ford, kijang, carry, avanza, jazz, freed, escudo, yariz, brio, panther, pajero

Mengusir Semut dalam Mobil, ini cara paling mudah

Pernahkah pecinta otomotif mendapati semut masuk dalam kabin mobil, di dashboard mobil atau di jok yang cukup mengganggu kita... Kehadiran semut-semut ini selain mengganggu kenyamanan berkendara kadang membuat malu kita jika bersama teman, kok mobilnya ada semutnya! Risih juga saat enak-enak mengemudi tangan atau kaki kita dikerubung semut,,, wah mengganggu konsentrasi mengemudi malah.
Penyebab semut membuat sarang
Semut masuk ke mobil paling sering disebabkan oleh adanya sisa-sisa makanan yang tercecer di mobil misalnya; roti, permen, minuman manis, rempeyek, kerupuk, keripik dan lain sebagainya. Makanan yang mengandung karbohidrat dan gula ini menjadi kesukaan semut, maka dari itu hindarilah makan dan minum di dalam mobil, atau kalau terpaksa makan jangan sampai tercecer...minuman manis seperti teh botol dan coca-cola juga hendaknya dibawa keluar saat mobil diparkir di garasi karena minuman manis ini juga kesukaan semut.
Penyebab yang kedua semut masuk mobil karena semut ingin bersarang di mobil, mobil memiliki suhu yang relatif stabil (siang dan malamnya) hal ini yang membuat semut betah dan ingin bersarang dalam mobil.
Terlebih lagi jika garasi kotor tempatnya semut (banyak makanan tercecer), ruangan garasi yang berdekatan dengan tanaman (taman bunga/ buah) juga menjadi penyebab semut dari bunga yang manis dan buah-buahan bersarang di mobil. Biasanya parkir dibawah pohon rindang sering kejatuhan ranting-ranting yang mana ranting tersebut biasanya banyak semut.
Nah intinya kebersihan menjadi penentu mobil kita dihuni semut atau tidak, tidak hanya kebersihan dalam mobil akan tetapi kebersihan garasi dan tempat parkir juga menjadi faktor utama semut membuat sarang di mobil kita.
Cara mengusir semut dalam mobil
Jika mobil sudah dibuat sarang semut maka mau tidak mau kita harus mengusirnya, langkah pertama adalah dengan membunuh semut-semut tersebut agar mobil bersih dari keberadaan semut.
1. Cara paling mudah adalah dengan meracuninya, pecinta otomotif bisa beli obat semut di toko pertanian... obat semut ini ada yang bentuk cair dan ada yang bentuk bubuk, cara penggunaannya obat pembasmi semut tersebut dicampur dengan air dan disemprotkan ke sarang semut, nah usahakan memilih obat pembasmi semut dengan sistem "kontak lambung". Artinya semut akan mati jika terkena semprotan obat campur air tadi, nah kebiasaan semut jika ada temannya yang mati mana akan digigit dan dibawa... saat semut yang hidup menggigit semut yang mati (terkena racun) maka tidak lama kemudian semut hidup tersebut juga akan ikut mati,,,begitu seterusnya sampai habis.
Harga racun semut ini tidak mahal, kemarin admin mobilku.org beli sekitar 25 ribu, itu bisa dicampurkan untuk segalon air....murah kan, untuk di mobil paling-paling hanya satu gelas aqua cukup.
2. Dengan menaruh benda-benda yang dibenci semut, secara umum bau yang menyengat dibenci oleh semut (parfum mobil)...akan tetapi parfum mobil ini kurang baik untuk kesehatan kita. Beberapa benda yang bisa diletakkan di dalam mobil untuk mengusir semut antara lain:
- Kapur barus
- Parfum mobil
- kayu manis
- cengkeh
- bawang putih
- kulit jeruk
- dll
3. Memakai penyedot debu, membersihkan mobil dari semut dan ceceran remah snack sangat mudah memakai penyedot debu... sasarannya yang pertama adalah kotoran sisa makanan sedangkan penyedot debu ini juga akan mengurangi jumlah semut dalam mobil.... Jika mobil bersih dari sisa makanan maka kemungkinan semut berpindah makin besar
4. Menjebak semut, cara ini cukup unik yakni dengan menjebaknya menggunakan remah roti/ biskuit atau permen... Letakkan remah/ permen di selembar kertas lalu letakkan di bagian lantai mobil atau bagian lain, tunggu 15 menit jika mobil ada semutnya pasti umpan mulai didatangi semut, nah saat didatangi ini pecinta otomotif bisa mencari darimana asal datangnya (menelusuri sampai ketemu sarangnya), biasanya di sarangnya ini juga ada ratunya. Setelah menemukan sarangnya pembaca mobilku.org bisa meracuninya dengan racun semut (kontak + lambung) agar semuanya mati.
Untuk catatan penggunaan racun semut ini juga berbahaya bagi manusia, sehingga selama pembersihan (1 minggu) jika ada makanan yang jatuh ke area yang disemprot racun maka jangan diambil lagi (biarkan saja/ buang keluar). Jika sudah seminggu (semut sudah mati semua) pecinta otomotif bisa membersihkan semut yang mati dengan lap+air sekaligus membersihkan racin semutnya
Menjaga agar semut tidak masuk lagi ke mobil
Setelah mobil bersih tugas kita selanjutnya hanya menjaga mobil saja agar tetap bersih, caranya:
1. Jangan makan di dalam mobil/ jika makan jangan ada yang tercecer
2. Hindari menempatkan mobil di garasi yang kotor, baik kotor karena makanan, tanaman, ranting, daun-daunan, barang-barang tidak terpakai (gudang jangan di garasi)
3. Hindari parkir dibawah pohon, seringkali semut ada di ranting-rantingnya dimana jika rantingnya patah menjatuhi mobil kita maka akan ada semut masuk, apalagi mencium bau manis-manis.
4. Membersihkan mobil secara rutin seminggu sekali atau dua minggu sekali akan membuat hewan-hewan seperti semut dan kecoa tidak membuat sarang.
5. Jika tidak sempat membersihkan secara rutin, gunakan kapur semut di area-area tertentu yang kemungkinan besar dipakai sarang semut.