Awas Kabel Aki kurang rapat Penyebab Mobil Terbakar

Penyebab mobil terbakar yang sering terjadi adalah korsleting kelistrikan mobil (meskipun masih ada penyebab lain tapi jarang terjadi), korsleting menyebabkan kabel-kabel mobil panas dan terbakar. Nah seharusnya pecinta otomotif mengetahui apa penyebab korsleting pada mobil sehingga bisa meminimalisirnya, berikut penyebab korsleting pada mobil:
1. Kabel terkelupas, pada kondisi goncangan sesuatu bisa terjadi pada kabel/ sistem kelistrikan akibat gesekan atau guncangan. Nah jika mendapati ada sobekan/ kabel yang mengelupas ada baiknya langsung ditutup dengan lakban atau karet, karena jika tidak ditutup gesekan antar kabel yang terkelupas ini menyebabkan korsleting dan kebakaran.
2. Kabel yang tak sesuai, dalam hal ini mengganti kabel dengan yang lebih kecil/ berkualitas rendah menyebabkan kabel mudah terbakar... kabel kecil tidak cukup kuat untuk menghantarkan listrik sehingga jadi panas bahkan bisa terbakar
3. Pemasangan komponen tidak standar, misalnya memasang lampu halogen dengan nyala yang sangat terang, memasang audio dengan listrik besar, dll. Jika memodifikasi komponen yang berhubungan dengan kelistrikan maka pecinta otomotif harus berkonsultasi dengan ahlinya untuk menyesuaikan suplai listrik yang aman
Kabel kutup positif aki penyebab kebakaran
Kasus kebakaran yang paling sering terjadi sebenarnya adalah kendornya kabel positif aki, ini yang jarang diungkapkan oleh artikel-artikel di internet.
Kabel positif aki ini ikatannya harus kuat dan dibungkus rapat dengan karet penutup khusus, jika tidak dibungkus karet dan kabel pada kutup positif aki kendor sampai menyentuh kap/ body mobil maka seketikaseluruh kabel-kabel akan terbakar.
Jika terjadi hal seperti ini (kutup + menyentuh body) jarang mobil yang selamat dari kebakaran karena kejadiannya begitu cepat dan jumlah kabel yang terbakar hampir total.
Mencegah kabel positif menyentuh body
Nah pecinta otomotif harus lebih berhati-hati pada kasus terbakar karena kabel positif aki menyentuh kap/ body mobil. Cara mencegahnya yakni dengan mengikat kuat kabel positif dan membungkus dengan karet.
Beberapa orang juga menutup aki bagian atas dengan lembaran plastik atau lembaran karet seukuran aki, yang diikat ke aki.
Nah bagi pecinta otomotif yang mobilnya masih tidak memiliki karet penutup kutup + dan penutup aki lebih baik segera melengkapinya

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini

--------------------------------------------------------------------------------------------------
Silahkan bertanya jika memiliki kesulitan... Pendapat pembaca sangat dibutuhkan bagi pembaca lain untuk menjawab solusi :)
--------------------------------------------------------------------------------------------------
Sebagai tempat diskusi .......(no link / no spam)

-------------------------------------------------------------------------------------------
Kami berusaha memberikan data seakurat mungkin, kami juga sadar bahwa situs ini jauh dari sempurna, kami juga manusia yang bisa salah. Dukungan kritik dan saran untuk membantu sangat kami butuhkan :) terima kasih...
-------------------------------------------------------------------------------------------

kunjungi kembali situs ini jika waktu anda senggang... :-)