Memilih Velg Mobil berdasarkan 3 Prinsip Ini

Velg mobil adalah salah satu komponen penting baik untuk menjaga tampilan mobil, meingkatkan performa mobil, menjaga kenyamanan berkendara sampai keselamatan berkendara. Sebagai penopang Ban yang langsung bersentuhan dengan jalan peran velg tidak bisa diremehkan, salah memilih velg misalnya velg yang berbahan tidak terlalu bagus sangat berresiko retak ketika menghantam lubang jalan dan berpotensi celaka.

Tepat memilih velg bisa membuat performa mobil meningkat, misalnya velg yang lebih ringan dan lebih presisi dapat mengurangi getaran ban saat melaju di kecepatan tinggi.
 Velg yang ringan juga membuat tarikan mobil menjadi lebih ringan, sedangkan untuk modifikasi perubahan velg memiliki pengaruh yang besar si sektor tampilan mobil, mobil yang biasa saja lalu dimodif velgnya bisa terlihat jauh lebih bagus.
Sayangnya mengganti velg tidak bisa sembarangan alias harus memperhitungkan beberapa aspek (akibatnya pada mobil), bisa jadi merubah velg justru membuat mobil lebih berbahaya dikendarai, kurang nyaman dikendarai.
Memilih velg Mobil yang tepat
Secara teknis memilih velg mobil bisa dilihat pada: tips memilih velg mobil after market
Secara umum memilih velg mobil yang tepat didasarkan pada:
Spesifikasi velg
Diameter velg
Mobil memiliki ukuran maksimal diameter ban, karena jika velg terlalu besar akan menggores spakbor bahkan shochbreaker mobil. Biasanya pecinta modifikasi menerapkan aturan maksimum upsize 3 lebih amannya upsize 2 saja. yang dimaksud dengan upsize adalah penambahan ukuran velg. Sedangkan 2 atau 3 ini adalah 2 atau 3 inch, misalnya mobil besar seperti pajero memakai velg ori 16 inch maka maksimum dia bisa diperbesar ukuran velgnya hingga 19 Inch.
Berbeda dengan mobil yang lebih kecil seperti Terios memakai velg ori 15 inch maka dia hanya bisa diperbesar sampai 17 inch saja. Selain memperhitungkan diameter velg maka perhitungkan pula lebar velg jangan melebihi batas.
PCD Velg
Pecinta otomotif harus mengetahui dan melihat spesifikasi velg sebelumnya. Spesifikasi velg ini meliputi ukuran PCD (Pich Centre Diameter) Velg, jumlah lubang (untuk baut).
Sebisa mungkin sesuaikan ukuran PCD velg sebelumnya (ori) dengan velg yang akan dipakai, misalnya velg ori memiliki PCD 4 x 100 ini artinya ada 4 lubang untuk baut dan jarak tiap lubang adalah 100 mm. Jika PCD tidak sama maka pecinta otomotif harus menambahkan adaptor velg dan ini juga cukup berbahaya jika diaplikasikan (resiko patah adaptor dan juga oleng saat berjalan).
Offset velg
offset velg ini adalah seberapa dalam dia masuk ke ruangan roda (spakbor), makin kecil angka offset maka velg akan terlihat makin keluar dari rumah roda dan makin besar ukuran offset maka dia akan makin masuk ke dalam spakbor.
Material Velg
Material velg menjadi salah satu pertimbangan penting memilih velg, usahakan memilih velg dengan merk asli jangan terkena merk palsu karena merk palsu sering pecah akibat material yang digunakan tidak sesuai dengan yang tertulis.
Secara umum material velg ada dua yakni besi dan alloy (alumunium), velg besi memiliki keunggulan di ketahanan (tidak gampang rusak) dan jika rusak mudah diperbaiki akan tetapi performa dan handling mobil lebih buruk. Berbeda dengan velg alloy yang memiliki keunggulan di performa (pengendaraan) yang lebih ringan dan minim getaran di kecepatan tinggi, velg alloy ini relatif tidak sekuat velg besi apa lagi untuk medan berbatu dan berlubang.
Bahan atau material velg ini jika diurai ada berbagai macam antara lain: billet steel, forged alloy, magnesium, besi baja (paling berat).
Intinya pilihlah velg yang ringan tapi kuat (dari merk terkenal yang asli), ringan bisa mengurangi bobot roda sehingga cukup ringan dalam memutar roda, kuat yakni tidak mudah rusak saat benturan dengan lubang, presisi agar tidak goyang di jalan TOL.
Beberapa merk velg yang cukup dikenal antara lain: Enkei, Speedline, TRD, Mugen, Weld Racing, K Speed, Pegassus, BBS, Lorinser, 5 Zigen. Beberapa velg kelas atas antara lain: AMG, Carlsson, Project Kahn, DPE, Vellano dan HRE. Pastikan membeli di toko yang memiliki reputasi baik (agar tidak terkena merk palsu).
Model Velg
Model velg ini seperti masalah selera dan pilihlah velg yang bagus menurut anda dan sesuai untuk kebutuhan anda. Banyak orang mengatakan ada 4 aliran velg yakni offroad, touring, sporty look dan elegance.
Velg juga ada yang one piece dan juga three piece dimana harga one pice lebih murah sekitar 4-7 juta satu set, sedangkan harga three pice mencapai 70 juta ke atas (1 set). One piece adalah velg utuh yang komponennya jika rusak maka velg tersebut tidak bisa dicopot yang rusak lalu diganti dengan komponen velg rusak tadi.
Berbeda dengan three piece yang terdiri dari rangkaian part sehingga misalnya ada lubang baut yang rusak maka yang dilakukan adalah mengganti lubang bautnya saja tidak perlu keseluruhan velg.
Selain harganya murah tipe one piece juga memiliki banyak pilihan model karena banyak permintaan pasar, velg tipe ini yang banyak dipakai di Indonesia.
Artikel terkait tentang Velg
Pembaca www.mobilku.org bisa membaca artikel lain yang terkait dengan velg, karena admin sudah menulisnya di ulasan-ulasan terdahulu rasanya tidak perlu menulis lagi.
berikut bisa dilihat dibawah:
* Mengganti Velg Mobil yang lebih besar ini Resikonya
Keuntungan dan Kerugian memakai Velg yang lebih Besar
Pertimbangan Mengganti Velg Mobil
Memilih Velg Mobil yang Berkualitas
Kelebihan Velg Alloy dibanding Velg Kaleng
Melakukan Modifikasi pada Ban Mobil

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini

--------------------------------------------------------------------------------------------------
Silahkan bertanya jika memiliki kesulitan... Pendapat pembaca sangat dibutuhkan bagi pembaca lain untuk menjawab solusi :)
--------------------------------------------------------------------------------------------------
Sebagai tempat diskusi .......(no link / no spam)

-------------------------------------------------------------------------------------------
Kami berusaha memberikan data seakurat mungkin, kami juga sadar bahwa situs ini jauh dari sempurna, kami juga manusia yang bisa salah. Dukungan kritik dan saran untuk membantu sangat kami butuhkan :) terima kasih...
-------------------------------------------------------------------------------------------

kunjungi kembali situs ini jika waktu anda senggang... :-)