Situs Otomotif, mobil, mesin, eksterior, interior, akselerasi, kapasitas, spesifikasi, kecepatan, tenaga, konsumsi BBM, cc, modifikasi, terbaru, bekas, harga, fitur, dimensi, panjang, irit, kekurangan, kelebihan, bensin, solar, ban, suspensi, offroad, city car, hatchback, SUV, MPV, minibus, pick up, jip, sedan, 4x4, crossover, toyota, honda, suzuki, daihatsu, mitsubishi, bmw, chevrolet, mazda, isuzu, kia, nissan, ford, kijang, carry, avanza, jazz, freed, escudo, yariz, brio, panther, pajero

Mengatasi Cat Mobil Kusam agar Cerah / Kinclong

Cat mobil yang kinclong atau cerah seperti baru adalah keinginan semua pemilik mobil, akan tetapi seiring usia dan pemakaian mobil maka cat akan berubah menjadi lebih pucat atau kusam atau buram... hal ini wajar karena proses oksidasi (proses kimia dengan udara).
Cat mobil sebenarnya bisa bertahan cukup lama hingga 10 tahun jika dirawat dengan benar (dijaga) akan tetapi jika tidak dijaga (misalnya sering dijemur) maka dalam waktu 3 tahun cat bisa pucat/ kusam atau tidak cerah lagi.
Sebelum memperbaiki cat mobil yang kusam ada baiknya pecinta otomotif mengetahui penyebab cat kusam agar sesudah diperbaiki tidak lekas pucat/ kusam/ rusak lagi, ini penyebabnya:
1. Akibat paparan sinar matahari langsung
Mobil akan cepat menguning atau memutih catnya/ kusam/ pucat apabila sering terkena sinar matahari sevara langsung, sinar ultraviolet dapat merusak struktur cat sedangkan panas sinar matahari membuat cat makin cepat berreaksi secara kimiawi dengan udara.
Jika ingin awet usahakan kalau parkir jangan di tempat terbuka yang terpapar matahari (yang memiliki atap/ tempat tedul lain misalnya dibawah pohon), jika dirumah belum ada atap untuk garasi maka pasanglah atap pada garasi anda (canopy), jangan biarkan garasi tanpa atap.
2. Akibat mencuci mobil di tempat sembarangan
Mencuci mobil idealnya dilakukan dirumah dengan shampo mobil khusus (Shampo PH balance atau with wax), tujuan penggunaan shampo ini adalah cat mobil sedikit bereaksi dengan zat kimia shampo sehingga tak mudah kusam.
Selain shampo mobil, waktu mencuci mobil sebaiknya juga diperhitungkan...sebisa mungkin hindari mencuci mobil diwaktu siang/ terik matahari, mencuci pada waktu pagi hari atau sore hari (baiknya sore hari) akan membuat cat tidak mudah kusam.
Mencuci mobil dengan alat yang tepat (lap microfiber), Shampo PH balance, 2 ember, waktu pencucian yang tepat hanya bisa kita dapatkan jika kita mencuci mobil kesayangan sendiri. Jika kita mencucikan mobil di tempat pencucian sembarangan kebanyakan tidak bertanggung jawab: mencuci asal-asalalan, menggunakan shampo sabun colek, tidak memakai lap microfiber (kain sembarangan), cara mencucinya juga kasar menggores cat mobil, dll.
3. Akibat air detergen yang kuran bersih
Ini harus jadi catatan karena air detergen (sehabis mencuci mobil) harus dibersihkan/ dibilas dengan baik lalu di lap dengan lap chamois/ microfiber untuk menghilangkan sisa-sisa air. Jika tidak dibilas maka air yang mengandung detergen tersebut akan membuat cat mobil anda tidak cerah alias pucat dan lama-kelamaan bisa menjadi kusam jika hal ini berlangsung terus menerus
4. Air hujan dan lembab
Jika mobil sehabis melewati jalanan dengan hujan lebat maka sebaiknya pecinta otomotif membilasnya/ menyemprotnya dengan air kran agar kotoran ikut luruh bersama air hujan, selain itu air hujan memiliki sifat yang memucatkan dan memburamkan cat mobil karena kandungan air hujan banyak mengandung Oksigen atau O2 yang menjadi penyebab utama oksidasi.
Sebisa mungkin juga jangan tempatkan mobil anda di garasi yang lembab, jika di garasi lembab segera perbaiki garasi anda.
Mengatasi cat mobil kusam
Jika mobil sudah terlanjur kusam/ menguning/ pucat atau bahkan buram pembaca mobilku.org tidak perlu terlalu risau karena sebenarnya banyak cara yang bisa dilakukan untuk memperbaiki atau mengatasinya, mulai dari yang ringan sampai agak berat.
Cara pertama
Untuk kusam yang tidak terlalu berat/ sedikit kusam (ringan), pecinta otomotif bisa memakai tar remover, tar remover ini biasa dipakai untuk menghilangkan kotoran yang menempel dan menjadi kerak, juga biasa dipakai untuk menghilangkan noda bekas aspal yang menempel pada cat mobil.
Tar remover ini juga bisa dipakai untuk mengkilapkan cat mobil/ mencerahkan cat mobil/ mengikis kusam pada lapisan terluar cat mobil.
Cara pakainya: cuci terlebih dahulu mobil hingga bersih dan kering, lalu tuangkan tar remover ini pada lap microviber dan oleskan pada cat mobil... tunggu 1 menit lalu gosok dengan cara memutar searah jarum jam.
Cara kedua
Cara ini dilakukan jika tingkat kerusakan parah (sangat kusam)/ sudah bertahun-tahun kusam/ pucat.
Cara kedua ini adalah dengan cara memoles cat mobil, ini harus hati-hati terutama dalam pemilihan obat poles mobil, pilihlah yang berkualitas dengan merk/ produsen yang memiliki reputasi bagus dan berstandar SNI....
Untuk cara kedua ini lebih baik pecinta otomotif berkonsultasi dengan ahlinya/ tukang poles mobil... saran saya tidak dipoles sendiri melainkan dibawa ke salon mobil agar dipoleskan, biayanya tidak terlalu mahal jika dibandingkan dengan mengecat mobil... untuk mobil kecil seperti Brio Ayla Agya Karimun dan lain sebagainya biaya poles sekitar 200 sampai 300 ribu, sedangkan untuk mobil besar seperti pajero dll bisa  400-500 ribuan
Nah pecinta otomotif juga harus jeli memilih tempat memoles mobil, pilihlah tempat yang banyak direkomendasikan di kota masing-masing, memiliki reputasi bagus
Cara ke tiga
Cara ini adalah dengan mengganti cat mobil, atau mengecat mobil... tapi jika cat mobil hanya kusam dan masih belum ada 10 kali di poles rasanya sayang djika mengecat mobil karena biayanya sekarang lumayan mahal... untuk mobil kecil seperti Katana milik saya biaya cat paling murah 6 juta dan paling mahal 12 juta tergantung kualitas cat dan kerapian garapan.