Penjualan Mobil Honda Naik 25 % selama Tahun 2016

Tahun 2016 adalah salah satu rentetan kesuksesan Honda Prospect Motor (APM Honda di Indonesia), selama lima tahun terakhir mulai tahun 2011 sampai 2016 honda selalu berhasil memecahkan rekor penjualannya dan melebihi estimasi terget penjualan tahunannya. Fandi selaku Direktur Pemasaran dan Purna Jual HPM mengucapkan banyak terimakasih pada masyarakat yang sudah percaya dan menjatuhkan pilihannya pada mobil produksi Honda yang dipasarkan dan dirakit oleh Honda Prospect Motor (HPM)
Tahun 2016 bisa dibilang adalah rekor penjualan mobil honda sepanjang masa di Indonesia dengan mencatatkan penjualan sebanyak hampir 200 ribu mobil atau tepatnya 199.364 unit mobil, jumlah ini sekaligus mengalami kenaikan penjualan dari tahun 2015 yang berhasil menjual 159.253 unit mobil, prosentase kenaikannya mencapai 25,18 %.
Lalu mobil apa yang paling banyak terjual/ paling banyak diminati konsumen? berikut kami urutkan mulai dari yang terlaris selama tahun 2016:
1. Honda Mobilio, mobil Low MPV ini berhasil menjadi penyumbang terbesar penjualan honda selama tahun 2016 dengan total penjualan 39.482 atau hampir 40 ribu unit mobil
2. Honda BR-V, mobil Low SUV penggerak roda depan ini berhasil membukukan penjualan sebanyak 38.666, mobil yang memakai mesin Mobilio ini terbilang jauh melebihi estimasi target penjualannya
3. Di posisi ke tiga dipegang oleh New Brio Satya dengan penjualan sebanyak 36.470 unit mobil, mobil yang masuk dalam kategori mobil City Car LCGC ini berhasil menjadi kekuatan baru Honda melawan Toyota dan Daihatsu yang mengeluarkan mobil kembar Ayla dan Agya.
4. Honda HR-V 1.5, SUV ringan atau Crossover kelas menengah bawah dengan segmen pasar antara BR-V dan CR-V ini berhasil membukukan penjualan cukup fantastis yakni 36.281 unit mobil, dengan harga diatas 250 jutaan mobil ini terbilang laris manis terjual sampai hampir 40 ribu
5. All New Jazz, mobil kelas hatchback medium andalan Honda ini sekarang meskipun penjualannya turun akan tetapi masih menjadi raja di kelasnya. Jika melihat trend yang berkembang di Indonesia, mobil hatchback memang sedang mengalami tekanan termasuk rivalnya Toyota Yaris juga menurun. All New Jazz ini terjual sebanyak 18.110 unit di tahun 2016
6. Lalu berturut-turut adalah Honda Brio (10.026 unit), Honda HR-V 1.8 (8.050 unit), Hoda CR-V (7.853 mobil), All New Civic (1.681 unit), All New City (1.213 mobil), Honda Freed (617 unit), Honda Accord (541 unit), Honda Odyssey (239 mobil), Honda New CR-Z (135 unit mobil).
Analisa permintaan pasar
Jika melihat angka diatas masyarakat masih menyukai mobil berkemampuan angkut besar (MPV) seperti Honda Mobilio, akan tetapi masyarakat juga menginginkan mobil yang handal dan mampu diajak lewat jalan sedikit ekstrim seperti Honda BR-V yang penjualannya sangat tinggi.
Di segmen mobil murah (LCGC) juga masih sangat bersaing dengan terbuktinya New Brio Satya berada di posisi ke 3 menguntit jenis Low MPV (mobilio) dan Low SUV (BR-V).
Kami rasa kehadiran Honda HR-V 1.5 berhasil mendapatkan tempat tersendiri bagi pecinta Crossover diatas 250 jutaan, jika digabung dengan BR-V (sesama mobil Crossover/ SUV ringan) maka mobil jenis Crossover ini bahkan melebihi jenis MPV maupun LCGC, luar biasa memang tingginya permintaan terhadap mobil berkemampuan di jalan sedikit ekstrim ini (Crossover atau Light SUV).
Disisi lain mobil jenis sedan makin tenggelam pasarnya, tercatat sedan paling laris hanya terjual sebanyak 1.681 unit saja (jauh dibanding mobil jenis SUV, MPV dan City Car LCGC).
Jika melihat pola yang berkembang www.mobilku.org menyimpulkan masyarakat Indonesia masih menyukai mobil MPV akan tetapi lebih menginginkan mobil MPV yang bisa diajak ke jalan lebih ekstrim

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini

--------------------------------------------------------------------------------------------------
Silahkan bertanya jika memiliki kesulitan... Pendapat pembaca sangat dibutuhkan bagi pembaca lain untuk menjawab solusi :)
--------------------------------------------------------------------------------------------------
Sebagai tempat diskusi .......(no link / no spam)

-------------------------------------------------------------------------------------------
Kami berusaha memberikan data seakurat mungkin, kami juga sadar bahwa situs ini jauh dari sempurna, kami juga manusia yang bisa salah. Dukungan kritik dan saran untuk membantu sangat kami butuhkan :) terima kasih...
-------------------------------------------------------------------------------------------

kunjungi kembali situs ini jika waktu anda senggang... :-)