Spesifikasi Mitsubishi XM, Eksterior, Interior, Mesin dan Harga

Mitsubishi XM adalah mobil jenis Low MPV dengan rasa SUV, atau bisa dikatakan mobil ini adalah perpaduan antara SUV dan MPV. Mobil yang memiliki fungsi membawa cukup banyak penumpang sampai 7 orang dengan barang yang cukup, dan juga mobil ini bakal didesain untuk memiliki kemampuan jelajah seperti SUV. Nah penasaran bukan seperti apa mobil ini?
Nama Mitsubishi XM diambil dari huruf X dan M dimana "X" adalah simbol mobil SUV sedangkan "M" adalah simbol untuk mobil MPV, penggabungan keduanya menjadi XM juga mencerminkan konsep mobil ini yang menggabungkan antara kemampuan membawa penumpang+barang MPV plus kemampuan jelajah mobil SUV.
Pabrikan otomotif Jepang sendiri sudah mengidentifikasi celah pasar di Indonesia bahwa masyarakat Indonesia masih mengidamkan mobil MPV dengan Ground Clearance yang lebih tinggi serta memiliki kemampuan untuk diajak berplesiran ke wilayah-wilayah yang lebih ekstrim daripada MPV biasa.
Berbekal konsep tersebut maka Mitsubishi melahirkan mobil berdaya muat penumpang cukup, dan juga berkemampuan melibas jalanan cukup rusak misalnya pedesaan yang memiliki jalan cenderung offroad (berbatu kecil atau tanah). Biasanya mobil dengan konsep ini akan merubah beberapa desain dari MPV, yakni:
1. Ground Clearance yang diterapkan; ground clearance akan dibuat lebih tinggi, paling tidak harus diatas 200 mm atau 20 cm
2. Mesin yang dipakai; mesin harus kuat, paling tidak menggunakan mesin 1500 cc dengan tenaga diatas 100 Hp seperti mesin avanza, mobilio, rush, terios, dll
3. Merubah final gear; salah satu yang sangat efektif membedakan mobil MPV dengan SUV adalah final gear, mesin pada mobil MPV bisa dimasukkan ke mobil bergenre SUV dengan hanya merubah final gearnya (meskipun mesinnya sama). Ibaratnya kalau motor gear belakang dibuat lebih besar supaya kemampuan menanjaknya lebih baik.
Mesin Mitsubishi XM
Menurut pihak Mitsubishi, mobil ini akan memakai mesin 1500 cc bertenaga 104 Hp, mesin ini sudah ada di luar negeri tinggal dibawa ke Indonesia saja. Jika mesin yang dipakai adalah 1500 cc maka dia akan setara dengan Terios/ Rush/ Avanza 1500 cc dengan tenaga sekitar 104 Hp.
menurut www.mobilku.org mesin seperti ini sangat cukup untuk membawa penumpang 7 orang, apa lagi dengan final gear yang diperbesar.
Penggerak Mitsubishi XM
Isu yang berkembang Mitsubishi XM ini memakai penggerak roda depan, seperti mobilio atau ertiga. Penggerak roda depan ini sangat nyaman dipakai di jalan aspal untuk bermanuver dan berakselerasi, untuk kecepatan tinggi juga lebih stabil daripada penggerak roda belakang.
Sementara penggerak roda belakang memiliki keunggulan lebih kuat dalam jalanan ekstrim misal tanjakan/ jalan sedikit offroad.
Dulu banyak mobil memakai penggerak roda belakang akan tetapi sekarang banyak memakai roda depan dengan alasan beraneka ragam mulai menghemat BBM, mengurangi bobot mobil, lebih nyaman di perkotaan, dll
Memang untuk mobil SUV sebaiknya memakai penggerak 4x4 akan tetapi untuk mobil SUV kelas bawah bisa memakai 4x2, dan untuk mobil gabungan MPV+SUV kami kira memakai penggerak roda depan adalah pilihan yang bijak karena lebih stabil jika dipakai di untuk kecepatan tinggi misalnya melintasi tol atau perjalanan antara kota besar.
Harga Mitsubishi XM
Menurut kabar yang beredar harga mobil MPV+SUV ini sekitar 200 jutaan (180 juta sampai 220 juta) setara dengan Avanza dan Mobilio, cukup murah bukan bro? dari brand terkenal dengan konsep yang baru.
Kami merasa mobil ini mungkin akan bersaing dengan Avanza dan Mobilio, dengan mesin 1500 cc dengan sejatinya mobil ini adalah Low MPV di harga 200 jutaan. Jika dinaikkan jadi 250 juta maka dia akan bersaing dengan Honda BR-V dan Honda HR-V 1500 cc serta Toyota Rush. Kami rasa mitsubishi akan kesulitan bersaing di level 250 jutaan karena sudah diisi Terios, Rush, BR-V, HR-V 1,5 dan Suzuki S Cross.
Jadi perkiraan harga mobil ini adalah 180 sampai 220 juta rupiah
Eksterior dan Interior Mitsubishi XM
Mobil ini memiliki dimensi yang bisa dibilang tidak ramping karena digunakan utnuk membawa banyak penumpang + barang (sejatinya mobil MPV). Dibutuhkan panjang dan lebar yang cukup untuk diisi 7 orang penumpang sekaligus barang di dalamnya, jadi penumpang akan tetap merasa nyaman meskipun diisi banyak penumpang+barang.
Meskipun berbody bongsor akan tetapi Mitsubishi berupaya sebaik mungkin mendesain agar mobil ini terlihat modis dan modern misalnya dengan headlamp sangat sipit, rumah foglamp lebar, velg dual tone, dan lain sebagainya
Pasar Mitsubishi XM
Mobil Mitsubishi XM ini sengaja diciptakan di Indonesia oleh mitsubishi di jepang, artinya semua desainnya mulai mesin/ eksterior/ interior dll semuanya didesain oleh pabrikan mitsubishi pusat di Jepang, akan tetapi untuk basic produksinya akan ada di Indonesia karena masyarakat Indonesia adalah konsumen terbesar untuk mobil Low MPV. Sangat besar kemungkinan Indonesia akan jadi produsen mobil ini dan dipasarkan ke negara-negara luar.
Rencanaya Mitsubishi XM akan mulai dijual di Indonesia tahun 2017. Sedangkan tahun 2018 akan di ekspor ke negara asia tenggara, timur tengah, afrika, dan amerika latin.
Sampai artikel ini ditulis Mitsubishi XM sudah diproduksi terbatas dan sudah di uji di jalan-jalan daerah Bandung...
Nabung dulu....
Update Agustus 2017
Nama resmi Low MPV mitsubishi ini adalah Mitsubishi Xpander.
Berikut ini adalah harga OTR DKI Jakarta:
Varian terendah yakni XPander GLX MT: 189 Juta rupiah
Varian tertinggi Xpander Ultimate AT: 246 Juta rupiah

1 komentar:

  1. Biar kalau blender sudah sistim gerak roda belakang baru mau keinginan beli

    BalasHapus