Situs Otomotif, mobil, mesin, eksterior, interior, akselerasi, kapasitas, spesifikasi, kecepatan, tenaga, konsumsi BBM, cc, modifikasi, terbaru, bekas, harga, fitur, dimensi, panjang, irit, kekurangan, kelebihan, bensin, solar, ban, suspensi, offroad, city car, hatchback, SUV, MPV, minibus, pick up, jip, sedan, 4x4, crossover, toyota, honda, suzuki, daihatsu, mitsubishi, bmw, chevrolet, mazda, isuzu, kia, nissan, ford, kijang, carry, avanza, jazz, freed, escudo, yariz, brio, panther, pajero

Mobil Baru Datsun Saingi Calya dan Sigra

Datsun Indonesia yang sempat beberapa tahun menikmati pasar mobil MPV LCGC 100 jutaan kini mulai jatuh bebas penjualannya, penyebabnya adalah keluarnya mobil MPV LCGC kembar dari Toyota "Calya" dan Daihatsu "Sigra".
Tak mau berlama-lama dalam tekanan, datsun yang merupakan anak perusahaan Nissan ini mengumumkan akan mengeluarkan mobil baru di tahun 2017, mobil tersebut masuk dalam kategori mobil SUV light atau Crossover. Berplatform LCGC diharapkan harga SUV terbaru Datsun ini akan berada di angka 120 jutaan, sangat murah untuk mobil bergenre Crossover yang selama ini harganya masih berkisar di angka 200 jutaan.
Mobil SUV ringan tersebut sudah dipamerkan beberapa waktu lalu dengan nama Datsun Go Cross atau Datsun Redi Go, sementara untuk pasar Indonesia mobil ini akan menjadi mobil ketiga yang dikeluarkan Datsun setelah Datsun Go dan Datsun Go+ yang sekaligus melengkapi jenis mobil yang dijual Datsun di Indonesia. Dimana sebentar lagi datsun akan memiliki 3 janis mobil yakni Mobil City Car, mobil MPV dan mobil Crossover :-)
Mesin Datsun Go Cross
Mesinnya memakai mesin 1200 cc 3 silinder atau sama dengan mesin yang dibenamkan pada Datsun Go+ dan Datsun Go, sementara tenaga yang mampu dikeluarkan oleh mesin Redi Go ini mencapai 68 Hp. Mesin seperti ini sudah cukup lumayan untuk mobil kecil seperti City Car, mini MPV ataupun Low Crossover.
Kemungkinan besar meskipun mesinnya sama dengan mobil datsun lain akan tetapi tentunya kemampuannya akan dirubah, misalnya untuk mobil SUV rasio final gearnya akan diperbesar agar lebih mampu melewati jalan menanjak, final gear ini kalau pada motor adalah gear belakang yang mana semakin besar maka akan makin kuat menanjak tapi top speednya akan berkurang.
Kalau melihat Datsun adalah brand besar dibawah Nissan maka sepertinya tidak mungkin membuat mobil sembarangan, artinya sudah dipertimbangkan kualitasnya dengan matang, karena taruhannya adalah reputasi.
Ground Clearance yang lebih tinggi
Nah ini syarat mutlak mobil Crossover atau SUV ringan karena mobil ini akan banyak digunakan di jalanan lebih ekstrim daripada mobil jenis lain (MPV atau Sedan atau City Car). Datsun akan membuat Ground Clearance yang lebih tinggi dari mobil-mobil keluaran sebelumnya sehingga bisa melewati jalanan yang ekstrim seperti jalan tanah, berbatu, berair, jalan rusak dan lain sebagainya.
Ground Clearance yang tinggi ini memang baik untuk melibas track-track rusak (offroad), akan tetapi kekurangannya akan limbung jika dipacu pada kecepatan tinggi (maklum karena mobil menjadi lebih tinggi). Jadi memang peruntukannya mobil ini bukan untuk adu cepat di jalan aspal mulus (akan limbung), tetapi akan lebih sering dipakai di daerah pinggiran kota, pedesaan dan perkotaan yang tidak membutuhkan mobilitas yang terlalu cepat.
Perbandingan dengan mobil yang dipakai Admin mobilku.org
Kebetulan admin mobilku.org memakai mobil Suzuki Katana yang juga merupakan mobil light SUV, yang perlu diketahui tenaganya suzuki katana hanya 50 Hp dengan kapasitas mesin 1000 cc, bisa dibilang jauh lebih kecil dari Datsun Go Cross, akan tetapi katana sudah lumayan dipakai berpergian asalkan jeli menghitung bebannya (jangan dikasih beban terlalu berat).
Bahkan katana milik teman-teman admin mampu dipakai tanjakan dengan baik, karena mereka merubah Final Gear (memperbesar gear belakang) yang resikonya top speed jauh berkurang.
Jika melihat sekilas bentuk dari datsun Go Cross yang memiliki dimensi kecil dengan ban juga tidak terlalu besar, perkiraan admin mobilku.org Datsun Go Cross ini bakal menjadi daya tarik tersendiri untuk pecinta mobil yang sering ke alam

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini

--------------------------------------------------------------------------------------------------
Silahkan bertanya jika memiliki kesulitan... Pendapat pembaca sangat dibutuhkan bagi pembaca lain untuk menjawab solusi :)
--------------------------------------------------------------------------------------------------
Sebagai tempat diskusi .......(no link / no spam)

-------------------------------------------------------------------------------------------
Kami berusaha memberikan data seakurat mungkin, kami juga sadar bahwa situs ini jauh dari sempurna, kami juga manusia yang bisa salah. Dukungan kritik dan saran untuk membantu sangat kami butuhkan :) terima kasih...
-------------------------------------------------------------------------------------------

kunjungi kembali situs ini jika waktu anda senggang... :-)