Cara Memindahkan Gigi Mobil yang Benar bagi Pemula

Pemula di otomotif masih banyak yang bingung mengenai bagaimana tepatnya memindah atau oper gigi mobil yang benar: dari kecepatan berapa, memakai gigi berapa dan juga dipindah saat RPM mesin berapa?
Nah antara ketiganya "Speed Vs Transmisi Vs RPM Mesin" memang saling terkait untuk memperhitungkan kapan persneleng atau gigi mobil harus dipindahkan.
Patokan Gigi 1, 2, 3, 4 dan 5
Secara umum mobil manual memiliki 5 percepatan yakni gigi 1, 2, 3, 4 dan 5. Nah bagaimana prinsip penerapan kelima posisi tuas transmisi (gigi) ini, berikut pedomannya:
Gigi 1 = digunakan pada kecepatan 0-20 km/jam, artinya gigi  satu digunakan untuk menggerakkan mobil dari keadaan diam sampai maksimum kecepatan 20 km/ jam.
Gigi 2 = mulai dipakai pada kecepatan 15 km/ jam sampai kecepatan 35 km/jam
Gigi 3 = dipakai pada kecepatan 30 km/jam sampai kecepatan 60 km/jam
Gigi 4 = untuk kecepatan 50 KPJ sampai 80 km/jam
Gigi 5 = untuk kecepatan 70 km/jam atau lebih
Secara sederhana bisa dilihat pada gambar di atas yang terdapat angka 1-5 yang menyatakan transmisi yang dipakai sedangkan garis di sebelah kiri angka menunjukkan speed untuk memakai gigi tersebut.
Mungkin pembaca sedikit bingung kenapa pada gigi 1 bisa untuk kecepatan 0-20 KPJ sedangkan gigi 2 pada kecepatan 15-35 KPJ, lantas di kecepatan 15-20 memakai gigi berapa?
nah pada garis yang dobel/ angka speed yang bertumpuk tersebut adalah saatnya pecinta otomotif memindahkan gigi, misalnya setelah memasukkan ke gigi 1 dan berjalan sampai kecepatan 15 km/jam sebenarnya pecinta mobilku.org bisa memindah ke gigi 2, namun pemakaian gigi 1 juga masih diperbolehkan hingga kecepatan 20 KPJ akan tetapi di atas 20 KPJ jika memakai gigi 1 menjadi pemborosan bahan bakar.
Nah idealnya pecinta otomotif mengganti gigi 1 ke gigi 2 di kecepatan antara 15-20 Km/jam, nah sudah paham bukan? begitu seterusnya sampai gigi 5.
Pada Putaran Mesin/ RPM Berapa memindah gigi?
Kebanyakan orang atau idealnya memindahkan gigi ke atas misalnya dari gigi 2 ke 3 atai 1 ke 2 dilakukan jika putaran mesin menunjukkan angka 3000 RPM sampai 4000 RPM atau diambil titik tengah adalah 3500 Rpm.
Pada lingkaran merah tersebut (3000-4000 Rpm) selain digunakan untuk mengoper ke gigi yang lebih tinggi, pada Rpm tersebut juga bisa dimanfaatkan untuk berjalan menanjak...sebenarnya sangat ideal menanjak dengan RPM 3000 - 4000, posisi torsi maksimum sudah diperoleh tinggal menyesuaikan gigi dan kecepatannya saja, kalau kecepatan 20 Km/ jam ya oper ke gigi 1 untuk menanjak, kecepatan 25-35 KPJ bisa pakai gigi 2 dengan mempertahankan Rpm di angka 3500 sampai 4000 Rpm.
Idealnya menaikkan gigi adalah di putaran mesin 3500 RPM, tetapi tidak menutup kemungkinan gigi dipindahkan mulai 3000 Rpm sampai 4000 Rpm, admin mobilku.org sendiri menyukai mengoper gigi di putaran mesin 3500 Rpm.
Nah masalah kapan waktunya memindah gigi berdasarkan RPM mesin sudah jelas kan? yakni di angka 3500 Rpm meskipun juga bisa dilakukan di 3000 Rpm atau 4000 Rpm. masalah perpindahan gigi berdasarkan Rpm mesin bisa dilihat pada gambar yang saya beri warna merah dengan simbol huruf "P" kependekan dari pindah (P ini istilah yang saya buat sendiri sih untuk memudahkan pemahaman pembaca)
RPM mesin yang ideal saat tidak memindah gigi/ kecepatan stabil
Ada 1 linkaran lagi yang berwarna hijau yang saya beri simbol huruf "S" pada gambar 1, simbol "S" ini sebenarnya adalah mengemudi optimal (stabil), yakni mengemudi yang efisien atau hemat bahan bakar akan tetapi kita tidak kehilangan tenaga dari mesin. Sebisa mungkin pertahankan putaran mesin di angka 2000 sampai 3000 Rpm dengan gigi dan speed yang sesuai misalnya: Gigi 3 di kecepatan 40 KPJ dengan putaran mesin 2500 Rpm, nah ini bisa dibilang ideal karena RPMnya stabil ideal di angka 2500 sedangkan kecepatan dan posisi persnelengnya tepat yakni di gigi 3 pada kecepatan 40 KPJ.
Nah gimana bro ada yang mengganjal bisa dishare di kolom komentar pendapatnya !

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini

--------------------------------------------------------------------------------------------------
Silahkan bertanya jika memiliki kesulitan... Pendapat pembaca sangat dibutuhkan bagi pembaca lain untuk menjawab solusi :)
--------------------------------------------------------------------------------------------------
Sebagai tempat diskusi .......(no link / no spam)

-------------------------------------------------------------------------------------------
Kami berusaha memberikan data seakurat mungkin, kami juga sadar bahwa situs ini jauh dari sempurna, kami juga manusia yang bisa salah. Dukungan kritik dan saran untuk membantu sangat kami butuhkan :) terima kasih...
-------------------------------------------------------------------------------------------

kunjungi kembali situs ini jika waktu anda senggang... :-)