Situs Otomotif, mobil, mesin, eksterior, interior, akselerasi, kapasitas, spesifikasi, kecepatan, tenaga, konsumsi BBM, cc, modifikasi, terbaru, bekas, harga, fitur, dimensi, panjang, irit, kekurangan, kelebihan, bensin, solar, ban, suspensi, offroad, city car, hatchback, SUV, MPV, minibus, pick up, jip, sedan, 4x4, crossover, toyota, honda, suzuki, daihatsu, mitsubishi, bmw, chevrolet, mazda, isuzu, kia, nissan, ford, kijang, carry, avanza, jazz, freed, escudo, yariz, brio, panther, pajero

Suzuki New Jimny keluar, Ini Spesifikasi dan Harganya

Suzuki Jimny Baru atau New Jimny akan dipamerkan di event pameran otomotif nasional GIIAS 2016 yang berlangsung tanggal 2 - 11 Agustus 2016 ini, hal ini merupakan langkah terobosan yang cukup unik dimana sudah beberapa tahun Suzuki tidak berani memasarkan New Jimny tapi tahun ini Suzuki mau tidak mau harus mencoba memasukkan Jimny ditengah kelesuan penjualan mobil Suzuki.
Suzuki Jimny sendiri adalah mobil legenda bagi masyarakat indonesia khususnya pecinta mobil segala medan, sejak tahun 80 an sampai awal tahun 2000 an Jimny menjadi primadona mobil SUV kompak dan tidak ada yang menyainginya.
Tahun 1998 sebenarnya telah keluar New Jimny di pasar Eropa, Amerika dan Asia sementara di Indonesia Suzuki Indomobil Sales tidak berani menjualnya. sampai akhir 2003 adalah tahun terakhir Jimny Katana (varian Jimny terakhir di indonesia) stop produksi meskipun di dealer Jimny masih dijual hingga tahun 2006 (sisa-sisa), setelah tahun 2006 sepertinya sudah tidak ada jimny katana yang tersisa di dealer.
Setelah 10 tahun sang mobil legenda offroad ini mati suri, kini senjata pamungkas suzuki ini coba dipasarkan kembali dengan harapan pasar mobil suzuki dapat terdongkrak. Dalam beberapa tahun terakhir memang pasar mobil Suzuki mengalami penurunan terutama setelah Suzuki Ertiga speknya diturunkan dengan menghilangkan rem ABS dan EBDnya meskipun setahun terakhir fitur ABS dan EBD kembali disematkan pada Ertiga varian tertinggi.
Dilepasnya fitur pengereman ini ternyata membuat banyak konsumen menyayangkan langkah suzuki yang mendowngrade produknya padahal masyaratak sudah mulai menyukai ertiga, saat itu mulai stigma negatif masyarakat pada Suzuki muncul, tak hanya ertiga tapi mobil Suzuki lain juga terkena imbas down grade ertiga ini sehingga penjualannya turun bahkan sampai hari ini.
Tak mau terus turun Suzuki Indomobil Sales mengeluarkan mobil yang memang sudah ditunggu-tunggu konsumen sejak lama yakni Suzuki New Jimny atau pembaruan Jimny terakhir. Meskipun mobil ini di luar negri sudah ada sejak tahun 1998 tapi di indonesia secara resmi baru akan dikeluarkan tahun 2016 ini, sebelumnya memang sudah ada new jimny yang mengaspal di indonesia akan tetapi mobil itu didatangkan oleh importir umum yang harganya lebih mahal.
Spesifikasi New Suzuki Jimny 2016
Kapasitas mesin: 1.300 cc
Bahan bakar: Bensin dengan RON 92 atau Pertamx
Kode mesin: M13A
Teknologi mesin: VVT
Jumlah silinder dan katup: 4 silinder 16 katup
Pasokan bahan bakar: Multipoint Injection
Tenaga maksimum: 85 Hp pada putaran mesin 6000 Rpm
Torsi maksimum: 110 Nm pada putaran mesin 4100 Rpm
Akselerasi 0-100 Kpj: 14 detik
Sistem penggerak: 4WD atau penggerak 4 roda
Sistem transmisi: Manual 5 Speed dan otomatis 4 speed
Power Steering: LDH/ RHD, Recirculating Ball
Konsumsi BBM: 1:14 rute kombinasi
Ground Clearance: 190 mm atau 18 cm
Panjang body: 3545 mm (dari bumper depan ke bumper belakang)
Lebar bodi: 1600 mm
Tinggi: 1670 mm (tanpa roof rail)
Wheelbase: 2250 mm
Berat kosong: 1060 kg
Berat maksimal dengan muatan: 1420; artinya jika dia dibebani 4 orang dewasa dengan rata-rata bobot adalah 65 kg, maka dia masih bisa dimuati barang dengan bobot 120 kg (lumayan, 120 kg barang itu banyak brooo,,,baju 20 kg aja sudah dua karung)
Radius putar minimum: 4,9 meter
Jumlah pintu: 3 (depan 2, belakang 1)
Jumlah baris kursi: 2
Jumlah seat: 4
Kapasitas penumpang: 4 orang (ideal)
kapasitas tangki bbm: 40 liter, nah kira-kira jika diisi full dia bisa digunakan untuk menempuh jarak 560 Km dengan kondisi jalan kombinasi.
Dengan mesin 1300 cc New Jimny menghasilkan tenaga 85 Hp dan Torsi 110 Nm terbilang jauh lebih mumpuni dibanding jimny katana terakhir (2003) yang hanya bertenaga 50 Hp dan torsi 73,5 Nm. Perbedaan ini karena kapasitas mesin dari New Jimny lebih besar dan juga teknologi pembuatan mesin juga semakin maju sehingga menghasilkan kemampuan mesin yang lebih mumpuni.
Penggerak 4 roda atau semua roda mendapatkan saluran tenaga dari mesin membuatnya cukup handal digunakan pada jalanan lumpur, licin atau tanah. Jalan-jalan ekstrim juga bisa ditaklukkan dengan mobil mungil ini seperti jalan berbatu terjal, jalan berpasir, berair setinggi 50 cm, jalan menanjak licin dan lain sebagainya.
New Jimny sebagai JIP kompak
Sejarah suzuki Jimny di Indonesia dari tahun 70 an sebagai satu-satunya JIP atau SUV kompak, bisa dikatakan dia tidak memiliki lawan sehingga menjadi satu-satunya legenda di kelas ini bahkan mungkin satu-satunya di dunia. Dan yang terbaru yang akan keluar tahun 2016 ini juga tetap mempertahankan sebagai mobil segala medan dengan ukuran yang mini atau mini SUV.
Kelebihan Suzuki Jimny Baru
1. Mobil ini sangat tangguh di medan offroad, bahkan meskipun mesinnya kecil seperti Jimny generasi 80 an mobil ini tidak bisa diremehkan. satu hal yang menjadi kelebihan Jimny adalah gear rationya, sehingga meskipun mesinnya kecil tapi seperti motor yang gear belakangnya besar maka dia akan mudah menaklukkan jalan-jalan terjal/ medan ekstreme
2. Dimensi (ukuran body) yang kecil membuat New Jimny bisa melewati jalanan tikus perkotaan yang sempit (misalnya perkampungan yang padat), dimensi kecil ini juga membuat garasi yang kecilpun cukup untuk memuat mobil andalan satu ini.
3. Ground Clearance dan ukuran mobil
Ground clearance New Jimny adalah 190 mm, cukup ideal untuk mobil SUV yang banyak dipakai untuk perkotaan, jika dibuat lebih tinggi lagi (misalnya 210 atau 215) maka dia akan kehilanagn keseimbangannya dan kurang leluasa dipakai di jalan aspal terutama saat kecepatan tinggi dan tikungan. jika dibuat lebih rendah dia juga kehilangan kemampuannya melewati jalanan ekstrim. Oleh karena itu 190 dirasa adalah ketinggian yang cukup nyaman di segala medan (offroad dan aspal), tinggal bagaimana nantinya pemilik mobil menyesuaikan dengan kebutuhan sehari-hari, kalau mau meninggikan mobil ini sangat mudah tinggal di ganti anting yang lebih tinggi dan pasang ban lebih besar maka mobil ini sudah jadi lebih tinggi
Ukuran mobil yang kompak tidak perlu dibuat terlalu rendah agar bisa menaklukkan jalanan berbatu atau gundukan-gundukan, karena semakin pendek jarak sumbu roda maka dia makin mumpuni dalam melibas jalan ekstrim (berbatu, berpasir, licin, tanjakan dll), namun kelemahannya untuk mobil dengan wheelbase pendek adalah kurang stabil unutk kecepatan tinggi. tercatat mobil ini masih mampu dipacu sampai 140 km/jam
4. Jika dia sudah dipasarkan resmi oleh SIS (Suzuki Indomobil Sales) maka ketersediaan sparepart sudah dijamin oleh Suzuki setidaknya sampai 15 tahun setelah mobil berhenti di produksi ketersediaan Sparepart masih dijamin oleh Suzuki. Bahkan pengalaman admin mobilku.org memakai Jimny yang keluar tahun 80 an sparepartnya masih tersedia luas di pasaran dengan harga yang murah dan mudah di dapat.
Harga New Suzuki Jimny
Intinya New Jimny atau Jimny Baru 2016 sudah bisa dipesan, sekarangpun sudah bisa dipesan, akan tetapi pihak Suzuki sampai saat ini masih menimbang harga untuk mobil ini dan akan diumumkan secara resmi tanggal 2 Agustus saat pelaksanaan GIIAS di Jakarta. Sebagai acuan saja bahwa harga mobil ini di Eropa dan Amerika sekitar 250 jutaan, kita berharap agar harga mobil ini tidak melebihi harga di Eropa atau Amerika, terlebih jika bisa dibawah 200 juta...wah bakal kepincut semua :-)
akan tetapi jikalau mahalpun penggemar mobil ini sudah siap-siap beli, wong harga dari importir umum saja masih 500 jutaan dengan sparepart yang belum pasti juga laku, apa lagi hanya 250 juta,,, ini mobil hoby beda dengan mobil-mobil niaga ya.
www.mobilku.org akan mengupdate harga jika pricelist dari Suzuki sudah keluar 2 Agustus mendatang, ikuti terus update kami tentang New Suzuki Jimny Baru 2016

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini

--------------------------------------------------------------------------------------------------
Silahkan bertanya jika memiliki kesulitan... Pendapat pembaca sangat dibutuhkan bagi pembaca lain untuk menjawab solusi :)
--------------------------------------------------------------------------------------------------
Sebagai tempat diskusi .......(no link / no spam)

-------------------------------------------------------------------------------------------
Kami berusaha memberikan data seakurat mungkin, kami juga sadar bahwa situs ini jauh dari sempurna, kami juga manusia yang bisa salah. Dukungan kritik dan saran untuk membantu sangat kami butuhkan :) terima kasih...
-------------------------------------------------------------------------------------------

kunjungi kembali situs ini jika waktu anda senggang... :-)