Ini Spesifikasi Toyota Calya, kelebihan dan kekurangan

Seperti diketahui pecinta otomotif bahwa sebentar lagi Toyota bakal mengeluarkan mobil murah ke dua setelah Agya, mobil murah ini bernama Toyota Calya atau Astra Toyota Calya. Toyota Calya ini keseluruhannya dibuat di Indonesia dengan komponen lokal diatas 80 % dan dirancang serta dibuat oleh anak bangsa sendiri sehingga Calya bisa masuk mobil LCGC yang harganya disubsidi (potongan pajak) oleh pemerintah.
Spesifikasi Toyota Calya
Nah lantas bagaimana kemampuan mesin LCGC 7 penumpang dari Toyota dan Daihatsu ini? apakah nantinya lantas mesinnya sama dengan Agya atau Ayla yang memakai mesin 1000 cc dengan 3 silinder? usut punya usut ternyata tidak sob.
Calya ini bakal memakai mesin seperti Etios Valco yakni mesin dengan kode 3NR-FE yang berkapasitas 1197 atau biasa disebut 1200 cc dan memakai 4 silinder 16 valve, sementara teknologinya adalah dual VVT-i. Mesin ini mampu mengeluarkan tenaga maksimum sampai 80 Hp dan torsi maksimalnya 104 nm pada putaran mesin 3100 Rpm. Cukup asyik ya torsi maksimum bisa keluar di putaran tidak terlalu tinggi yakni 3100 Rpm.
Konsumsi BBM Toyota Calya seharusnya bisa mencapai 1:20 karena syarat untuk menjadi mobil LCGC yang mendapatkan potongan pajak adalah konsumsi BBM adalah 1:20 artinya 1 liter BBM bisa untuk perjalanan 20 Km. jadi pecinta otomotif jangan khawatir boros, akalu mobil LCGC berarti dijamin irit seperti Agya, Ayla, Karimun Wagon R, Brio Satya, Datsun Go+ dan lain-lain yang kesemuanya sudah di tes mampu menempuh lebih dari 20 km untuk 1 liter BBMnya meskipun rute bebas hambatan.
Bahan bakar yang dipakai Toyota Calya ini adalah pertamax sob, jadi jangan berharap diisi premium ya karena secara aturan mobil ini berbahan bakar pertamax. Diisi premium bisa akan tetapi tenaganya akan berkurang dan katanya sih kalau mobil LCGC di isi premium garansinya bisa hilang? kurang tahu deh masalah garansi masih simpang siur. Akan tetapi pastinya mobil yang di set dengan BBM Pertamax maka frekwensi dentumen silinder juga memakai standar pertamax, jika diisi premium maka mesin sering loss energy atau kekurangan tenaga atau bahkan bisa batuk-batunk karena timing pembakaran mesin berbeda dengan timing pembakaran bahan bakar :-)
Spesifikasi Teknis Calya
Panjang: 4070 mm
Lebar: 1655 mm
Tinggi: 1600 mm
Jarak sumbu roda/ wheelbase: 2525 mm
Ground Clearance: 180 mm
Berat kosong mobil: 975 Kg (E MT), 1000 kg (G AT)
Transmisi: 5 speed manual, 4 speed otomatis
Gear ratio final: 5.077 (manual), 4.839 (matic)
Suspensi: MacPherson Strur with Coil Spring Stabilizer (depan), Semi Independent Torsion Axle Beam with Coil Spring (belakang)
Rem: Cakram (depan), Tromol (belakang) dengan fitur ABS
Steering gear: Rack and Pinion
Ukuran ban: 175/65R14
Velg: Alumunium
Kode Mesin: 3NR
Kapasitas Mesin: 1200 cc
Tipe dan Teknologi Mesin: Bensin 4 Silinder 16 valve, DOHC dan Dual VVT-i
Bahan Bakar: bensin tanpa timbal/ pertamax
Pasokan Bahan Bakar: injeksi
Konsumsi Bahan Bakar: 1:20 (1 liter untuk 20 km) rute jalan datar bebas hambatan
Tenaga Maksimum: 88 Hp pada 6000 Rpm
Torsi Maksimum: 11 Kgm pada 4200 Rpm
Power Steering: Electronic atau EPS
Kapasitas Tangki BBM: 36 liter
Harga Calya
Rincian harga Toyota Calya bisa dilihat pada artikel tentang Harga Toyota Calya Terbaru
Mobil ini akan dijual antara 129,5 (varian termurah) sampai 150 juta (varian termahal) on road DKI Jakarta, atau tengah-tengah Agya dan Avanza. cukup lumayan lah kalau 129-149 juta bisa naik mobil 7 penumpang, akan tetapi jika melihat kemampuan mesin mobil ini sebenarnya masih kalah dengan LCGC Honda Brio Satya yang bertenaga sampai 88 Hp, tapi no problem lah
Untuk sistem transmisi Toyota Calya memakai transmisi manual 5 percepatan, mungkin kedepannya bakal dibuatkan versi maticnya... sama persis dengan awal keluarnya Agya dulu yang tersedia hanya versi manual kemudian keluar lagi versi matic.
Kapan Calya dijual?
Kapankah Toyota Calya akan dijual? Toyota Calya adalah mobil kembar dengan Daihatsu, Daihatsu sendiri juga mengeluarkan mobil serupa yang diberi nama Astra Daihatsu Sigra. Daihatsu Sigra sendiri harganya malah lebih murah yakni 100 jutaan karena tersedia varian dengan mesin yang lebih kecil. baca; harga dan varian daihatsu sigra
Saat ini Toyota Calya sudah beredar gambarnya, sudah di uji coba yang berarti sudah ada yang selesai dibuat meskipun belum produksi massal. Toyota Calya ini secara resmi akan diperkenalkan ke publik Bulan Agustus 2016 (pada acara GIIAS 2016). Kemungkinan saat diperkenalkan Toyota Calya sudah bisa langsung dipesan
mobil LCGC yang irit dan harga murah (datsun Go, wagon R, Agya, Ayla, Brio Stya)
Menurut beberapa sales Toyota Auto 2000 mereka membenarkan bahwa tahun 2017 mobil ini bakal dijual atau bahkan bisa lebih cepat, yakni sekitar akhir 2016.
Kelebihan dan Kekurangan
Kelebihan mobil ini antara lain:
1. Harga murah
2. Mesin irit BBM
3. Sparepart dan service tersedia luas
4. Harga stabil
Sementara kekurangannya:
1. Harus memakai pertamax
2. Kemampuan mesin yang kami rasa kurang joss untuk 7 orang penumpang
3. biasanya untuk mobil LCGC memang material yang dipakai tidak sebaik mobil non LCGC mesalnya material dashboard, AC, sistem suspensi, dll
Mobil ini diperuntukkan bagi masyarakat menengah ke bawah yang sangat sensitif terhadap harga dan digunakan untuk mengangkut keluarga besar

Tidak ada komentar:

Isi komentar disini