Situs Otomotif, mobil, mesin, eksterior, interior, akselerasi, kapasitas, spesifikasi, kecepatan, tenaga, konsumsi BBM, cc, modifikasi, terbaru, bekas, harga, fitur, dimensi, panjang, irit, kekurangan, kelebihan, bensin, solar, ban, suspensi, offroad, city car, hatchback, SUV, MPV, minibus, pick up, jip, sedan, 4x4, crossover, toyota, honda, suzuki, daihatsu, mitsubishi, bmw, chevrolet, mazda, isuzu, kia, nissan, ford, kijang, carry, avanza, jazz, freed, escudo, yariz, brio, panther, pajero

Honda CR-V 2017 muat 7 Penumpang, mesin lebih kecil, Dimensi lebih panjang

Honda CR-V yang keluar tahun 2017 rencananya banyak mengalami perubahan, Honda akan mengubah volume mesin CR-V menjadi lebih kecil (kapasitas dan ruang bakarnya) yakni 1,5 liter with turbo, 2.0 L turbo dan mesin diesel 1.6 L I-dtec. Upaya memperkecil volume mesin adalah untuk mendapatkan konsumsi BBM yang lebih hemat, akan tetapi resikonya tentunya tenaga bakal turun akan tetapi hal ini sudah disiasati dengan menambahkan turbo untuk mendongkrak tenaga mobil.
Honda CR-V 2017 selain mengubah mesin ternyata juga mengubah dimensi mobilnya atau ukuran mobilnya, dimana nantinya Honda CR-V 2017 bakal memiliki panjang wheelbase 2700 mm dengan target bisa membawa 7 orang penumpang. Honda telah memutuskan bahwa CR-V terbaru bakal bisa memuat 7 penumpang (ini yang disukai masyarakat indonesia ya, selain lebih irit penumpang juga lebih banyak...kalau mau kebut-kebutan juga bisa dengan mengaktifkan turbonya :-D ).
Sebelumnya panjang wheelbase Honda CR-V tahun 2016 adalah 2620 mm sehingga cukup sulit jika ditambahkan kursi pada baris ketiga, andaikata bisa maka jaraknya terlalu sempit dengan kursi depannya sehingga mengurangi kenyamanan penumpang, nah dengan penambahan panjang wheelbase sebanyak 8 cm ini memungkinkan penambahan kursi pada baris ketiga dengan nyaman.
Semakin panjang sumbu roda mobil maka mobil akan semakin nyaman/ stabil dan juga lebih memungkinkan untuk menambah ukuran sasisnya dan bodynya.
Nah sekarang jelas bukan bahwa Honda dalam menambah panjang bodinya untuk menaruh kursi baris ketiga, tidak hanya asal menambah ukuran kabin saja akan tetapi juga mempertimbangkan kenyamanan berkendara dan keselamatan penumpang dengan mengubah sasisnya dan memperpanjang wheelbasenya.
Saat ini Honda CR-V terbaru ini masih di uji di Eropa yang rencananya bakal dikeluarkan di benua eropa akhir tahun 2016, serta bakal dikeluarkan di negara-negara lain di dinia tahun 2017 mendatang. Jika melihat trand mobil honda memang rata-rata mobil-mobil barunya mesinnya dirubah lebih kecil ya akan tetapi dengan ditambahkan turbo, lihat saja honda freed terbaru yang mesinnya juga diperkecil menjadi 1000 cc padahal sebelumnya 1500 cc, honda civic generasi 10 juga diperkecil. Nah ini mungkin trand kedepan mobil bakal memiliki mesin yang lebih kecil akan tetapi dibenami turbo, tujuannya (mesin kecil) adalah untuk efisiensi bahan bakar sedangkan penambahan turbo tujuannya adalah agar tenaga masih tetap besar saat diperlukan (turbo akan aktif dan terjadi lonjakan tenaga saat dibutuhkan)
Tenaga maksimum honda CRV 1500 cc ini adalah 174 Hp dan torsi maksimumnya adalah 220 nm, wah besar banget ya untuk ukuran mesin 1500 cc :-), honda jazz saja tenaganya hanya 120 Hp... maklum mesin baru ditambah turbo lagi, nah kelebihan lainnya mesin kecil ini irit bro, gak boros seperti CRV lama :-)