Spesifikasi Honda BRV Kelebihan, Kekurangan dan Harga

Honda BRV adalah mobil jenis Crossover atau biasa disebut mini SUV keluaran Honda tahun 2015 (Indonesia adalah negara dimana mobil ini pertama kali keluar/ dikenalkan ke seluruh dunia), mobil ini memakai mesin bensin 1500 cc atau 1.5 L dengan kemampuan mesin (tenaga) sampai 120 Hp.

Eskterior BRV
Honda BRV memiliki ground clearance yang cukup tinggi yakni lebih dari 200 mm: berikut eksterior ringkasan mobil:
- memakai velg alloy 16 inch: aman dan stabil untuk kecepatan tinggi
- lampu kabut
- Roof Rail yang lebar dan kuat
- desain bagian depan yang solid dan modern (mulai headlamp. grill, bumper, dll)
- aero kit yang menarik
- desain kaca depan lebar: memudahkan visibilitas pengemudi (pandangan)
Fitur yang menjadi unggulan Honda BRV: Ground Clearanace yang tinggi, kaca lebar, roof rail built in, desain sangat menarik.
Nah kelebihan Honda BRV adalah dia satu-satunya SUV dari Honda yang memiliki kapasitas penumpang 7 orang dewasa dengan 3 baris kursi, berbeda dengan crossover lain seperti Honda CRV ataupun HRV yang berpenumpang maksimal hanya 5 orang saja.
Kelebihan Honda BRV lainnya adalah mobil ini merupakan SUV yang dijual murah harga on the road sekitar 200 jutaan (dibawah 250 juta), berbeda dengan Honda HR-V yang dijual diatas 250 juta rupiah dan Honda CR-V yang dijual diatas 350 juta rupiah artinya Honda BRV ini memang sengaja dikeluarkan untuk segmen pasar SUV paling bawah dibawah Honda HR-V.
Eits tapi jangan salah tentang mesin Honda BRV ini, meskipun harganya dibawah Crossover honda lainnya akan tetapi memiliki kemampuan yang tidak kalah dengan yang diatasnya (tenaganya sama dengan Honda HRV 1500 cc), ya mesin yang dipakai BR-V sama dengan mesin Honda HR-V 1500 cc bertenaga 120 Hp. Lumayan bukan, dengan mesin yang sama dapat harga yang lebih murah dan berpenumpang 7 orang juga... :-)
Pesaing Handa BRV
Jika melihat jenis mobil, harga (dibawah 250 jutaan) dan segmen pasarnya (menengah ke bawah) maka pesaing Honda BR-V yang paling dekat adalah Toyota Rush dan Daihatsu Terios yang harganya tidak terpaut jauh atau bahkan lebih mahal dari Honda BRV.
Data Pesaing Honda BR-V:
* Toyota Rush
- Mesin Toyota Rush: hanya mampu mengeluarkan tenaga 109 Hp
- Harga Toyota Rush: Rp 229 juta untuk varian paling rendah, Rp. 252 juta untuk varian tertingginya
* Daihatsu Terios
- Mesin Terios: memiliki tenaga maksimum 109 Hp
- Harga Terios: Rp. 187 juta varian terendah, dan Rp. 243 Juta untuk varian tertingginya)
* Nissan Juke
- Mesin Juke bertenaga 114 Hp
- Harga Nissan Juke untuk varian terendah 270 juta rupiah, sedangkan varian termahal 300 juta rupiah
Nah dari ketiga pesaing Crossover 1500 cc dengan harga 200 sampai 250 jutaan rata-rata memiliki kemampuan mesin sekitar 109 tenaga kuda, bahkan Nissan juke yang sedikit di atasnya (285 jutaan) memiliki tenaga 114 Hp. Nah yang perlu dicatat bahwa kemampuan mesin Honda BRV jauh lebih unggul dari rival-rival terdekatnya karena Honda BRV bertenaga 118 Hp (ini adalah kelebihan mesin mobil Honda berbasis mesin Jazz). Dan satu lagi karakter mesin BRV adalah irit, mesin ini juga dibenamkan pada honda mobilio dengan konsumsi BBM sekitar 1:15 (rute kombinasi, memakai pertamax) bahkan pernah mencapai 1:27 saat event lomba paling irit honda mobilio setahun lalu (lomba tidak bisa dijadikan acuan karena pengemudi berusaha berjalan seirit mungkin). Karena mesin yang dipakai sama kemungkinan konsumsi BBM honda BRV 1:14 sampai 1:15 cukup besar.
Honda BRV sebenarnya dikembangkan dari Honda Jazz seperti halnya Honda Brio dan Honda Mobilio yang sebenarnya juga merupakan pengembangan Honda Jazz, Spek mesin yang dibenamkan pada Honda BRV juga seperti mesin Honda Jazz/ Mobilio dengan tenaga 118 sampai 120 Hp (tenaga kuda).
Spesifikasi Honda BRV:
- Jenis Mesin: mesin Bensin 1.5L teknologi I-Vitec, 4 silinder 16 katup
- Bahan bakar: gasoline RON 91 atau lebih (Pertamax)
- Tenaga : 120 Hp pada 6600 Rpm
- Torsi: 145 Nm pada 4600 Rpm
- Akselerasi: 12 detik untuk mencapai kecepatan 100 KPJ dari kecepatan 0 PJ
- Transmisi (2 pilihan): matic (CVT), manual (6 percepatan)
- Sistem penggerak (roda depan)
- Konsumsi BBM: 1:14 (rute kombinasi)
Kelemahan Honda BRV
Untuk mobil sekelasnya Honda BRV memang memiliki banyak keunggulan mulai mesin, eksterior yang sangat menarik, interior, material (bahan) dan lian-lain. Akan tetapi BRV bukannya tanpa kekurangan mobilku.org sedikit menyayangkan pada sistem penggerak yang dipakai yang menggunakan sistem penggerak roda depan, mobil berjenis SUV akan sangat sering dibawa pemiliknya melintasi jalanan yang lebih ekstrim dari jenis mobil lain seperti MPV/ Sedan/ Mobil niaga. Nah penggerak roda depan memang lebih baik dalam hal akselerasi pada jalan aspal akan tetapi tidak cukup baik pada jalanan ekstrim seperti tanjakan ataupun jalan tanah yang membutuhkan daya dorong dari belakang.
Memang idealnya mobil SUV dibekali dengan penggerak 4 roda (4x4) akan tetapi jika melihat harga mobil dan segmen pasarnya kelas ini hanya mungkin berpenggerak 2 roda saja (RWD atau FWD), mengingat mobil berpenggerak 4 roda masih terlampau mahal dan biasanya dijual dengan harga diatas 350 juta rupiah (kelas menengah)
Harga Honda BRV
Menurut Honda Indonesia (HPM), Honda BRV akan dipasarkan dengan harga 250 juta ke bawah untuk mengisi pasar SUV dibawah honda HRV sementara harga resminya akan dirilis besok tanggal 20 Agustus 2015, kami akan segera mangupdate harga honda BRV begitu pihak HPM merilis harga jualnya, sekalian kita akan mengupdate fitur-fitur dan jeroan Honda BRV: interior, eksterior, sistem keselamatan, sistem pengereman, akselerasi, spesifikasi mesin, dll. sampai ketemu kembali besok disini ya
Harga Honda BRV on theroad
Varian termurah adalah 230 juta rupiah
varian termahal 265 juta rupiah
Selisih 1 juta saja dengan Toyota Rush sedangkan tenaga mesin selisih 11 Hp
Pecinta otomotif bisa memesan Honda BRV dengan membayar tanda jadi Rp. 10 juta (bukan DP) kemudian untuk pengiriman mobil paling cepat awal tahun 2016
Sistem keselamatan Honda BRV
- Dual SRS air bags
- Isofix: kursi anak
- Rem ABS dan EBD: mencegah rem terkunci dan pendistribusian daya rem yang berbeda ke setiap ban tergantung kondisi jalan
- sabuk pengaman 3 point ELR
- Hill Start Assist: mencegah mobil mundur saat jalan menanjak meskipun tidak di rem dan tidak di gas

1 komentar:

--------------------------------------------------------------------------------------------------
Silahkan bertanya jika memiliki kesulitan... Pendapat pembaca sangat dibutuhkan bagi pembaca lain untuk menjawab solusi :)
--------------------------------------------------------------------------------------------------
Sebagai tempat diskusi .......(no link / no spam)

-------------------------------------------------------------------------------------------
Kami berusaha memberikan data seakurat mungkin, kami juga sadar bahwa situs ini jauh dari sempurna, kami juga manusia yang bisa salah. Dukungan kritik dan saran untuk membantu sangat kami butuhkan :) terima kasih...
-------------------------------------------------------------------------------------------

kunjungi kembali situs ini jika waktu anda senggang... :-)